Jumlah kunjungan wisatawan ke Bantul hanya sedikit meningkat - WisataHits
Yogyakarta

Jumlah kunjungan wisatawan ke Bantul hanya sedikit meningkat

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata Bantul mengatakan ada peningkatan kunjungan wisatawan ke Bantul pada libur Natal kali ini dibandingkan hari biasa. Namun, peningkatan jumlah wisatawan tersebut dinilai tidak terlalu signifikan. Kondisi cuaca menjadi salah satu penyebabnya.

Markus Purnomo Adi, Kepala Bidang Promosi dan Informasi Pariwisata, Dinas Pariwisata Bantul, mendata kunjungan wisatawan hingga 38.258 orang selama akhir pekan lalu atau saat liburan Natal 23-25 ​​Desember. Dari jumlah tersebut, sebagian besar mengunjungi pantai Parangtritis, hingga mencapai 33.398 orang.

Sedangkan jumlah wisatawan akhir pekan sebelumnya atau 16-18 Desember sebanyak 33.107 orang. “Pada libur Natal pekan lalu, kunjungan wisatawan meningkat 15,5 persen dibanding akhir pekan sebelumnya,” ujarnya, Senin (26/12/2022).

Sedangkan kunjungan wisatawan sebanyak 67.255 orang pada pekan 19-25 Desember. Jumlah itu naik hanya 4% dari kunjungan minggu sebelumnya sebanyak 47.655 orang.

Menurut pria yang akrab disapa Ipung ini, peningkatan kunjungan masih sejalan dengan jumlah kunjungan akhir pekan sebelum pandemi Covid-19. “Mungkin karena kondisi cuaca,” katanya. Namun, dia optimis kunjungan akan meningkat signifikan menjelang pergantian tahun 2023 karena bertepatan dengan liburan sekolah.

Ia mengatakan, kesempatan kunjungan wisatawan terbagi rata tidak hanya pada akhir pekan tetapi juga pada hari-hari lain karena bertepatan dengan liburan sekolah. Jadi wisatawan tidak hanya berlibur di undakan merah saja, melainkan pada hari-hari biasa menjelang tahun baru 2023.

Ipung mengatakan, selama ini tidak ada antrean kendaraan wisata di setiap objek wisata di Bantul, khususnya yang dikelola Pemkab Bantul. “Antrean kendaraan di TPR Induk Parangtritis seperti biasa akhir pekan. Tidak ada antrean hingga jembatan Kretek I,” ujarnya. Selain itu, arus lalu lintas lancar karena jembatan Kretek 2 juga dibuka.

Tidak hanya di objek wisata yang dikelola Pemkab Bantul, namun juga di objek wisata yang dikelola Pemkot, peningkatannya tidak signifikan. Ketua Koperasi Notowono atau Pemkot yang membawahi sejumlah properti wisata di Dlingo, Purwo Harsono mengatakan, kunjungan wisatawan saat Natal hampir sama dengan akhir pekan Di depan.

BACA JUGA: Kejaksaan KPK di Jogja Didatangi Maling, Hanya Laptop yang Hilang

“Mungkin karena hujan, apalagi hari Minggu hujan dari pagi sampai malam. Yang lumayan kunjungan hari Sabtu,” ujarnya. Menurut dia, ada peningkatan, namun peningkatannya masih di bawah 50% dibanding akhir pekan sebelumnya.

Ia mencatat jumlah wisatawan yang berkunjung ke Dlingo selama dua hari pada Sabtu (24/12/2022) dan Minggu (25/12/2022) sebanyak 37.840 orang. Terjadi peningkatan sebesar 10.942 atau 41% dibandingkan akhir pekan sebelumnya sebanyak 26.898 orang. Jumlah wisatawan tersebar di sejumlah tempat wisata seperti Gunung Pengger, Puncak Becici, Puncak Seribu, Pinus Asri, Pinussari, Seribu Batu dan Bukit Panguk. (Ujang Hasanudin)

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button