Rekomendasi Destinasi Wisata Banda Neira tersedia dalam pecahan Rp 1.000 - WisataHits
Jawa Tengah

Rekomendasi Destinasi Wisata Banda Neira tersedia dalam pecahan Rp 1.000

TEMPO.CO, jakarta – Gambar Kepulauan Banda Neira ada di balik uang kertas baru Rp1.000. Pada Kamis, 18 Agustus 2022, pemerintah dan Bank Indonesia meluncurkan tujuh uang kertas baru untuk tahun penerbitan 2022. Peluncuran tujuh uang kertas baru ini bertepatan dengan hari jadi Republik Indonesia yang ke-77. Ketujuh pecahan TE 2022 tersebut terdiri dari uang kertas Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000.

Banda Neira adalah sumber pala dan fuli dunia. Banda Neira terkenal di dunia karena kaya akan sejarah, tujuan wisata, dan kearifan lokal yang indah.

Uang kertas 2022 yang baru memiliki pecahan Rp1.000. Foto: Bank Indonesia

Destinasi wisata Banda Neira Wisata

Dikutip dari unair.ac.id Kekayaan hutan pala dan pariwisata serta kekayaan laut yang dimiliki Banda Neira sangat melimpah. Kekayaan bawah lautnya yang menakjubkan juga sangat cocok bagi pecinta snorkeling. Berikut beberapa wisata yang bisa Anda kunjungi di Banda Neira:

1. Pulau Hatta

Pulau ini terletak di ujung timur Kepulauan Banda. Dulunya pulau ini bernama Pulau Rosengain, namun namanya berubah saat Bung Hatta diasingkan ke pulau ini. Pulau Hatta juga memiliki pasir putih yang indah dan ombak yang tenang. Tidak hanya itu, keindahan bawah lautnya juga sangat indah, memungkinkan Anda untuk menikmati biota laut dan terumbu karang.

2. Pulau Pisang

Nama lain pulau pisang adalah Pulau Sjahrir. Nama ini diberikan karena pulau pisang sering dikunjungi oleh para politisi dan perdana menteri pertama Indonesia yaitu Sultan Sjahrir. Di pulau ini terdapat tanjung pisang yang menjadi spot foto para pecinta diving.

3. Gunung Api Banda

Nama asli Gunung Api Banda adalah Gunung Ganapus. Memiliki ketinggian sekitar 656 meter di atas permukaan laut. Gunung ini dapat didaki dengan speedboat dalam waktu 6 jam dari Ambon. Menurut Badan Geologi Kementerian ESDM, gunung ini merupakan generasi keempat dari Gunung Lonthot yang pembentukannya telah mengalami beberapa kali letusan kecil.

4. Benteng Belgia

Benteng ini terletak di Bukit Tabaleku di tenggara Naira. Benteng Belgica dibangun oleh Portugis pada abad ke-16. Belanda membangun kembali Benteng II dengan nama Benteng Bergica atau Benteng Belgica. Benteng ini memiliki keistimewaan yaitu benteng Belgica dalam pecahan uang Rp 1.000 Cut Meutia sebagai tokoh utama.

5. Aliran lava

Tempat ini terbentuk setelah letusan gunung berapi yang menyebabkan lava menutupi air. Namun akibat letusan tersebut, vegetasi bawah laut menjadi subur. Untuk mengunjungi Lava Flow Anda perlu naik perahu tempel atau ketinting. Untuk sampai ke sini dibutuhkan waktu 30 menit dari Pulau Banda Neira.

YOLANDA AGNE

Baca: Benteng Kisah Kemuliaan Banda Neira

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button