Rekomendasi 8 Makanan Nganjuk yang Unik dan Lezat - WisataHits
Jawa Tengah

Rekomendasi 8 Makanan Nganjuk yang Unik dan Lezat

Intrik.id Jawa Timur – Makanan Khas Nganjuk yang sangat unik dan enak, wajib anda coba saat berada di Kabupaten Nganjuk. Nganjuk memang tidak sebesar Surabaya dan Malang, tapi bukan berarti tidak menarik untuk dikunjungi.

Kabupaten Nganjuk berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di sebelah utara. Sedangkan wilayah selatan berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo.

Daerah perbatasan di sebelah barat adalah Kabupaten Madiun dan Kabupaten Jombang di sebelah timur. Nganjuk memiliki sebutan atau julukan yang cukup unik, yaitu Kota Angin. Pada masa Kerajaan Medang, wilayah Nganjuk dikenal sebagai Tanah Kemenangan atau Anjuk Ladang.

Daerah Kabupaten Nganjuk sangat subur sebagai lahan pertanian dan perkebunan, yang kemungkinan besar akan mempengaruhi jenis pangan di sana juga. Meski namanya tidak setenar Surabaya dan Malang, Kabupaten Nganjuk di Provinsi Jawa Timur juga memiliki kuliner khas yang lezat.

Baca juga: Rekomendasi 10 wisata alam indah di Jawa Timur yang layak dikunjungi

Makanan khas Nganjuk tidak hanya membuat orang luar terpesona, tetapi juga membuat penduduk setempat merindukan desa mereka. Untuk membantu Anda lebih mengenal masakan Nganjuk, baca ulasannya di bawah ini.

Rekomendasi makanan Khas Nganjuk yang paling hits dan wajib dicoba!

1. Dumbleg
Makanan Khas NganjukMakanan Khas Nganjuk Dumbleg

Namanya terdengar asing dan tidak asing lagi di telinga, namun makanan ini rasanya sangat enak. Oleh-oleh khas Nganjuk ini mirip dengan dodol yang biasa Anda temukan di daerah Garut Jawa Barat. Hanya saja dumbleg Nganjuk memiliki tekstur yang lebih padat.

Dumbleg menyerupai makanan Gresik, yaitu Pudak. Bahannya sama yaitu tepung beras, gula aren dan santan. Kemudian dibalut dengan iga tengah pisang yang memberikan rasa khas. Bentuknya lonjong seperti lontong. Bahan yang digunakan untuk pembuatan dan pengemasan membuat Dumblegs sedikit berbeda dengan Dodol dari Garut.

Dodol Garut menggunakan tepung ketan sedangkan Dumbleg menggunakan tepung beras. Bungkus Dodol Garut umumnya kertas, sedangkan Dumbley dibungkus pelepah pisang.

Di toko suvenir Anda bisa membeli makanan Dumbleg khas Nganjuk dengan harga yang sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar Dumblegs dengan uang mulai dari 9000 hingga 10.000 rupiah. Sedikit, tapi masih menggoyangkan lidah Anda.

2. Kerupuk Upil
Makanan Khas NganjukMakanan Khas Nganjuk Kerupuk Upil

Tentu dari namanya saja sudah mengisyaratkan bahwa kerupuk yang juga merupakan makanan khas Nganjuk ini memiliki bentuk yang kecil.

Kalaupun namanya jorok dan terdengar sedikit jorok, jangan ditanya soal rasanya. Sekali mencoba kerupuk ini, akan sulit untuk berhenti.

Keunikan kerupuk Upil terletak pada cara penggorengannya yang tidak biasa. Saat menggoreng kerupuk upil, pasir digunakan sebagai pengganti minyak, seperti biasa.

Jangan khawatir, kerupuknya tidak akan matang, karena menggoreng dengan pasir justru memberikan pengalaman rasa yang tidak diragukan lagi.

Jika ingin membeli dan mencoba kerupuk Unyil tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena harganya yang sangat terjangkau.

Anda dapat dengan mudah menemukan kerupuk ini di toko suvenir pinggir jalan. Dikemas dalam plastik yang memudahkan Anda untuk membawanya.

3. Sambal Pecel Nganjuk
Makanan Khas NganjukMakanan Khas Pecel Nganjuk Sambal

Makanan khas Nganjuk yaitu pecel yang terkenal berasal dari Madiun, namun Anda juga bisa menemukannya di Nganjuk. Mungkin hal ini juga dipengaruhi oleh faktor geografis dimana Nganjuk dan Madiun berbatasan langsung.

Anda bisa membeli sambal kacang atau sambal pecel sebagai makanan khas Nganjuk. Harga yang murah menjadi pilihan yang tepat jika ingin menghadiahkannya untuk dibagikan.

Sebungkus kecil sambal pecel harganya hanya seribu rupiah. Membeli banyak untuk dibagikan dengan keluarga dan tetangga tidak akan menguras kantong Anda.

Sambal kacang atau sambal pecel Nganjuk tak hanya enak sebagai lauk. Kuahnya yang khas juga sangat enak sebagai saus untuk kerupuk.

Cocok untuk kamu yang suka ngemil baik yang pedas maupun yang manis-manis. Cabe besar juga murah hanya Rp 7000 saja.

4. Tepo Mbah Umbruk
Makanan Khas NganjukMakanan Khas Nganjuk Tepo Tahu

Makanan khas Nganjuk ini juga memiliki nama yang unik dan terdengar aneh. Sebenarnya makanan ini mirip dengan lontong dan sama-sama berbahan dasar nasi.

Daun pisang yang digunakan untuk membungkus tepos menimbulkan aroma khas yang menambah cita rasa gurih berpadu dengan bumbu yang dikandungnya.

Cara penyajian tepo tidak jauh berbeda jika lontong dipotong kecil-kecil, sekali suap.

Hanya saja lontong biasanya disantap dengan sate atau opor dan sambal goreng, makanan khas Nganjuk ini sedikit berbeda.

Tepo mbah umbruk dimakan dengan kacang tolo atau biji kacang panjang.

Tepo mbah umbruk sangat mudah ditemukan di warung-warung yang ada di kawasan Kabupaten Nganjuk dengan harga yang murah.

Padahal, Tepo Mbah Umbruk merupakan makanan khas daerah yang juga sangat populer di kalangan pendatang. Rasanya enak, gurih dan harganya murah.

5. Nasi Lumpur Khas Nganjuk
Makanan Khas NganjukMakanan khas nasi lumpur Nganjuk

Makanan khas dari Nganjuk, selanjutnya disebut nasi lumpur. Tapi jangan salah, rasanya akan menggoyang lidah dan bikin ketagihan, apalagi bagi yang suka masakan daging kambing.

Nasi keruh adalah nasi yang dimakan dengan gulai kambing tetapi diisi dengan babat kambing.

Jangan bingung, nasi keruh ini bisa dibilang sebagai olahan kari kambing dan babat, keduanya sama-sama enak. Dikombinasikan menjadi hidangan baru yang disebut Nasi Lumpur.

Selain babat, ada potongan daging kambing atau sate kambing yang sudah dikeluarkan dari ludahnya.

Dari segi rasa, nasi lumpur lebih mirip dengan masakan dari Solo dan sekitarnya. Namun sebenarnya Anda bisa memilih varian rasa nasi lumpur yang berbeda.

Makanan khas Nganjuk ini memiliki rasa asin, pedas dan manis. Tapi kalau Nganjuk sendiri lebih suka rasa asin dari yang lain.

Semakin banyak orang datang ke toko untuk makan makanan khas Nganjuk ini saat makan siang. Tidak hanya membuat Anda kenyang, rasanya juga enak dan segar.

6. Nasi Spesial Nganjuk
Makanan Khas NganjukMakanan Khas Nganjuk Nasi Tumpang

Jika Anda berlibur ke daerah Nganjuk, Anda akan menemukan banyak kuliner khas yang bernama Nasi Tumpang.

Secara kuliner, ini adalah makanan khas Nganjuk yang sangat enak. Nasi Tumpang hadir dalam bentuk nasi yang disiram bumbu atau sambal tumpang, yang kemudian ditambah dengan daun kulup.

Bagi Anda yang belum tahu, sambal tumpang ini merupakan racikan kuliner yang terbuat dari tempe yang difermentasi, yang kemudian dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah khusus.

Saus ini dituangkan di atas nasi hangat, menjadikannya nasi lapis khas Nganjuk.

7. Asam kambing
Makanan Khas NganjukMakanan Khas Kambing Nganjuk Asem-Asem

Salah satu makanan khas Nganjuk yang unik dan enak adalah kambing Asem Asem. Makanan ini terbuat dari daging kambing yang dicampur dengan daun kedondong dan bumbu spesial.

Perpaduan daun kedondong pada daging olahan ini memberikan cita rasa yang unik dan segar saat disantap.

8. Kerupuk Pecel Nganjuk
Makanan Khas NganjukMakanan khas kerupuk pecel nganjuk

Jika umumnya pecel dicampur dengan nasi, maka masakan ini merupakan campuran pecel dengan kerupuk. Kerupuk yang digunakan adalah kerupuk bakar yang kemudian dilumuri dengan sayuran dan bumbu pecel. Sayuran yang digunakan biasanya mirip dengan sayuran di pecel yaitu tauge, kacang panjang, irisan mentimun, bayam, kenikir, rebung, mbayung dan rebung.

Perpaduan kerupuk, sayur dan bumbu pecel ini membuat rasanya sangat unik, enak dan begitu menggoda. Masih banyak lagi makanan khas Nganjuk yang bisa Anda temui langsung saat berkunjung ke kota ini. Semuanya memiliki rasa yang enak dan akan mengguncang lidah Anda.

Source: intrik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button