Rawon adalah salah satu dari 10 sup terlezat di dunia - WisataHits
Jawa Timur

Rawon adalah salah satu dari 10 sup terlezat di dunia

WAKTU INDONESIA, JAKARTA – Salah satu sup dari Indonesia berhasil masuk dalam jajaran 10 sup terbaik di dunia yaitu Rawon.

Beberapa waktu lalu, atlas rasa menerbitkan 10 sup lezat dari seluruh dunia. Situs web yang berfokus pada apresiasi makanan dan cita rasa makanan dari seluruh dunia ini menempatkan Rawon dalam kategori sup terbaik.

Rawon berada di urutan ke-8 di belakang Sinigang dari Filipina dan Mercimek orbas dari Turki. Peringkat untuk hidangan asli Indonesia ini adalah 4,7 dari 5.0, yang cukup tinggi.

Khao Soi, sup dari Thailand, mendapat peringkat tertinggi 4,9 dari 5,0. Sup ini menempati urutan pertama sebagai sup terlezat di dunia. Khao Soi adalah kuah yang memadukan mi telur pipih dengan daging yang direndam dalam kuah kaldu yang sedikit pedas khas santan.

Rawon-2.jpgRawon disajikan dengan makanan pendamping lainnya (Foto: Cookpad)

di situsnya, atlas rasa juga menggambarkan makanan Jawa Timur dengan baik. Mulai dari penjelasan tentang bahan-bahan yang biasa digunakan, cara membuatnya, hingga mengungkap salah satu kunci terpenting dalam membuat Rawon ini, Kluwek.

Masyarakat Indonesia khususnya warga Jawa Timur pasti sudah tidak asing lagi dengan kluwek yang satu ini. Buah mentah yang sangat beracun ini membutuhkan waktu fermentasi yang lama sebelum dapat diproses dan dibuat menjadi makanan.

Kini penyajian Rawon sudah berkembang dan tidak hanya disajikan dengan kuah dan daging saja. Dilaporkan oleh kompasMakanan pelengkap seperti telur asin, tempe mendol, perkedel kentang, tempe goreng, empal, jeroan goreng, dan kerupuk rajungan juga sering disajikan di beberapa toko.

Memang, daya tarik Indonesia di kancah dunia juga diwujudkan melalui promosi makanannya. Untuk itu mari kita pertahankan dan tingkatkan potensi wisata dan kuliner asli Indonesia agar lebih mendunia dan dikenal masyarakat luas, seperti Rawon yang menempati urutan kedelapan sebagai sup terlezat di dunia.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button