Raja Lima Nusa Penida, Destinasi Wisata Bahari Raja Ampat di Klungkung Bali - WisataHits
wisatahits

Raja Lima Nusa Penida, Destinasi Wisata Bahari Raja Ampat di Klungkung Bali

Raja Lima Nusa Penida, Destinasi Wisata Bahari Raja Ampat di Klungkung Bali

Raja Lima Nusa Penida bisa masuk dalam daftar kunjungan wajib ke Nusa Penida. Atraksinya sangat beragam, cocok untuk yang suka lintas alam dan fotografi.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 07.00-19.00 WITA, Alamat: Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Jika Papua punya Raja Ampat yang terkenal dunia dengan keindahan gugusan pulaunya, Nusa Penida juga punya Raja Lima Nusa Penida dengan melihat tak kalah menarik. Meski belum terlalu populer, namun sudah sering dijadikan sebagai tujuan wisata alternatif oleh para wisatawan.

Pulau Nusa Penida sendiri merupakan bagian dari provinsi Bali, namun letaknya terpisah dari pulau Bali. Saat ini menjadi salah satu pulau tujuan wisata karena memiliki sejumlah tempat liburan dan objek wisata seperti Raja Lima.

Bagi yang ingin bersantai saat bosan dengan tempat liburan yang itu-itu saja, tempat wisata ini bisa Anda jadikan sebagai tempat liburan sendiri atau membawa orang tersayang. Betapa cantiknya Bagaimanapun pesona Raja Lima?

Atraksi yang dimiliki oleh Raja Lima Nusa Penida

Objek Wisata Raja Lima Nusa PenidaKredit gambar: Google Maps Sama Sama

Jika anda ingin wisata pantai dan pegunungan Nusa Penida yang berbeda, ada baiknya anda mencoba mengunjungi kawasan Raja Lima Nusa Penida. Daya tariknya telah menarik banyak wisatawan mancanegara hingga saat ini.

1. Temukan perbukitan hijau kecil

Kawasan wisata ini disebut juga sudut pandang pulau seribu yang sangat dekat dengan Kepulauan Seribu di Nusantara. Bukit-bukit yang tampak mengembang dengan permukaannya yang hijau menjadi daya tarik tersendiri.

Banyak wisatawan yang menjadikan pemandangan ini sebagai latar belakang foto, alasannya adalah bahwa mereka tidak berada di daerah lain yang sebagian besar adalah pantai melihat gunung.

Jika memiliki stamina yang kuat, wisatawan bisa mendaki salah satu puncaknya dan berfoto di sana. Bisa dilakukan saat matahari terbit atau sore menjelang matahari terbenam sehingga menambah kesan tersendiri.

2. Pemandangan alam yang menenangkan

Bentang alam yang dihadirkan di kawasan Raja Lima dihadirkan sebagai salah satunya melihat relaksasi terbaik di Nusa Penida. Anda tidak hanya dapat melihat puncak bukit, tetapi pegunungan lain dan pemandangan Nusa Penida yang indah dengan menjadi a tempat incaran para pecinta fotografi.

3. Melihat Teluk Parangempu dan Teluk Titi Bahu

Dari puncak utama tamasya yang indah ini, Anda bisa melihat dengan jelas Teluk Parangempu dan Teluk Point Bahu yang terkenal dengan eksotismenya. Permukaan air laut yang biru berkilauan merupakan salah satu pengharum ruangan yang terlihat dari dekat.

Apalagi jika udaranya sejuk dan matahari tidak bersinar, Anda akan betah berlama-lama menyaksikan tontonan luar biasa ini.

4. Melihat Puncak terindah Nusa Penida

Ingin mengakuisisi melihat lain yang lebih baik? Berada di salah satu puncak tertinggi Raja Lima Nusa Penida, dari atas bukit ini Anda bisa melihat perpaduan hamparan laut dengan berbagai warna. Kemudian Anda bisa melihat tebing-tebing tinggi tempat ombak menerjang pantai dengan suaranya yang merdu.

Ada juga beberapa patung yang bertengger di atas bukit, sebagai bagian dari keindahannya yang tak terbantahkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Raja Lima Nusa PenidaKredit gambar: Google Maps Andrei

Wisata indah ini juga dikenal sebagai lokasi lintas alam yang cukup sulit, berada di wilayah Dusun Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

Untuk mencapai lokasi dari pusat pulau dewata di Kota Denpasar ini, Anda terlebih dahulu harus menyebrang dengan cara menyeberang kapal cepat Atau kapal cepat terletak di kawasan pelabuhan Klungkung dan sekitarnya.

Waktu perjalanan menggunakan kapal cepat itu adalah sekitar 40 menit dari dermaga di daerah Sanur Denpasar. Jika melalui dermaga Kusamba di Klungkung, hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk sampai ke pelabuhan Nusa Penida.

Kemudian perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan jalur darat, menggunakan sepeda motor sewaan yang tersedia di sekitar area pelabuhan dengan harga sewa yang relatif murah. Bisa juga menggunakan full rental car with Driver agar lebih aman.

Jarak tempuh dari pusat nusa penida ke tempat ini sekitar 37 menit, anda bisa melalui Jalan Batu Kandik menuju Tanglad.

Harga tiket masuk wisata pantai

Untuk bisa masuk ke Raja Lima Nusa Penida, pengunjung harus membayar tiket masuk dengan biaya kurang lebih Rp 5.000/orang untuk wisatawan lokal. Sedangkan pengunjung asing harus membayar tiket masuk sekitar Rp 10.000/orang.

Harga tersebut dapat berubah sesuai dengan kebijakan pengelola, namun sejauh ini biaya tiket selalu sama dan dapat disiapkan sebelum tiba untuk berkunjung.

Sedangkan biaya lain yang harus dikeluarkan adalah parkir kendaraan, untuk sepeda motor dikenakan biaya parkir Rp 5.000/unit dan untuk mobil Rp 10.000/unit.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Raja Lima Nusa Penida

Aktivitas menarik di Raja Lima Nusa PenidaKredit Gambar: Google Maps V Rakovski

Anda akan pergi ke suatu tempat wisata, pasti ingin melakukan aktivitas liburan yang menyenangkan bukan? Begitu juga saat Anda berwisata ke Raja Lima, ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu di sana.

1. Mendaki

santai lintas alam atau menjelajahi jalanan dengan tantangan tingkat tinggi, Anda bisa melakukan aktivitas tersebut di Raja Lima. Perjalanan bisa dimulai begitu memasuki tempat parkir kendaraan yang memakan waktu lintas alam sekitar 10 sampai 20 menit.

Satu hal yang perlu diperiksa sebelum Anda mulai lintas alam adalah kondisi fisik yang sehat dan bugar untuk melakukan perjalanan yang sulit ini. Selain itu, pastikan membawa perbekalan dan minuman yang cukup, terutama jika Anda bepergian saat matahari sedang terik.

Memang, pengunjung pingsan karena kelelahan sebelum mencapai puncak terbaik tujuan wisata ini.

2. Fotografi

Batch tempat fotografi yang bisa dipilih pada wisata eksotik ini, mulai dari puncak bukit hingga melihat pantai yang indah. Penggemar fotografi pemula bisa memilih tempat terbaik untuk menghasilkan foto dengan nilai seni alam yang tinggi.

3. Pondok Molenteng

Ada rumah pohon dengan melihat langsung melihat deretan perbukitan yang mengelilingi kawasan wisata tersebut. Rumah ini berada di salah satu puncak, dibuat sealami mungkin dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Jika pengunjung tidak ramai, jangan lewatkan kesempatan untuk berada di sana untuk berfoto atau istirahat sejenak sebelum berangkat tempat lainnya.

4. Selfie di pinggir tebing

Di beberapa bukit ada melihat Menariknya dihiasi dengan patung-patung yang sangat artistik sehingga banyak orang yang rela mencapai kawasan tersebut meski harus menempuh jalan yang cukup terjal.

5. Berhenti di Crystal Bay

Di sekitarnya juga terdapat lokasi wisata lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satu diantara mereka beri kristal dengan pemandangan yang super bagus, tapi jika lelah sebaiknya berkunjung di lain hari karena lintas alam di tempat ini juga cukup sulit dan membutuhkan tenaga yang maksimal.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Raja Lima Nusa PenidaKredit gambar: Google Maps Andrey Sychev

Sama seperti objek wisata lainnya, keberadaan fasilitas pendamping tentunya diperlukan agar eksplorasi dapat dilakukan dengan lebih maksimal. Di tempat wisata ini tersedia beberapa fasilitas yaitu :

1. Toilet

Terdapat toilet di area strategis, yang bisa digunakan oleh pengunjung yang datang. Kebersihan cukup terjaga dan terbagi untuk pengunjung wanita dan pria.

2. Warung makan

Ada warung makan, meski tidak menawarkan menu lengkap, setidaknya bisa dijadikan tempat istirahat dan makan kecil sebelum melanjutkan perjalanan ke atas bukit.

3. Pondok istirahat

Ada juga beberapa saung yang cukup nyaman untuk beristirahat jika lelah, jika beruntung bisa menginap sebentar.

4. Panduan

Bagi pengunjung yang baru pertama kali datang ke kawasan wisata ini, mereka bisa memilih untuk menyewa pemandu untuk menemani mereka agar tidak tersesat dan lelah.

Sekarang yang harus anda lakukan adalah menjadwalkan waktu liburan di Raja Lima Nusa Penida. Usahakan datang saat pengunjung tidak ramai, agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan dan tidak ada pengunjung lain.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button