Pulau Liukang Loe Bulukumba – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya - WisataHits
wisatahits

Pulau Liukang Loe Bulukumba – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 450.000, Jam operasional: 07.00-18.00, Alamat: Bira, Kecamatan. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Pulau Sulawesi terkenal dengan keindahan laut yang ditawarkan dengan pantai dan pulau-pulau eksotis yang lengkap. Banyak orang yang merencanakan liburan ke pulau di timur Indonesia ini. Anda bisa menjelajahi berbagai hal, seperti keindahan bawah laut, pantai, air laut, suasana yang ditawarkan dan masih banyak lagi. Pulau Liukang Loe Bulukumba merupakan salah satu destinasi pulau terbaik yang wajib Anda kunjungi. Lihat ulasannya di bawah ini.

Atraksi Pulau Liukang Loe

Atraksi Pulau Liukang LoeKredit gambar: Joglowisata.com

Nama tersebut sesuai karena dalam bahasa Konjo, Liukang Loe berarti kayu hitam. Tentu nama ini diambil bukan tanpa alasan karena penamaan suatu daerah didasarkan pada asal usul tempat tersebut. Pasalnya, pulau ini memiliki banyak kayu hitam, sehingga diberi nama seperti itu. Nama unik ini menarik semakin banyak wisatawan. Anda dapat melihat banyak kayu hitam tetapi menambah keindahan pulau yang cukup tenang ini.

Keindahan laut menjadi salah satu atraksi yang wajib dikunjungi, sehingga diving atau snorkeling menjadi aktivitas yang menarik. Anda bisa melihat ikan-ikan lucu dan berwarna-warni dari dekat. Selain itu, terdapat juga banyak terumbu karang yang sangat indah dan menarik. Pemandangan ini tentu sayang jika dilewatkan begitu saja. Anda dapat mengabadikan momen spesial tersebut menggunakan kamera tahan air atau gopro.

Atraksi Pulau Liukang Loe BulukumbaKredit gambar: Depography.blogspot.com

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki wilayah laut yang cukup luas. Sebab, hasil kekayaan lautnya juga cukup melimpah, termasuk penyu. Indonesia sudah memiliki tempat penangkaran penyu, seperti di beberapa pulau atau kota lain. Sulawesi tidak kalah menarik karena juga memiliki penangkaran yang berbeda dari tempat lain. Atraksi ini juga yang membuat banyak orang datang untuk melihat langsung penangkaran penyu.

Berada di pantai atau pulau yang tenang tidak lengkap tanpa membahas pantai yang indah. Pantai pulau kayu hitam ini memiliki air laut yang jernih, sehingga sangat cocok untuk berenang atau snorkeling. Tak hanya itu, keindahan laut juga dikaitkan dengan gugusan batu karang yang megah dan seolah mengapit pulau. Batuan ini terletak di sebelah barat dan timur pulau, sehingga sangat menakjubkan ketika pemandangan ini tertangkap kamera.

Alamat dan rute menuju area Pulau Liukang Loe

Alamat dan rute menuju area Pulau Liukang LoeKredit gambar: Mytrip.co.id

Alamat yang bisa Anda tuju cukup mudah untuk sampai ke Pulau Kayu Hitam yang berada di kabupaten Bulukumba. Lokasinya persis di ujung Sulawesi Selatan menghadap Nusa Tenggara Barat. Lokasinya yang cukup menjorok membuat pulau ini sepi pengunjung, sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin menyendiri. Hiruk pikuk keramaian kota membuat banyak orang bosan, sehingga liburan di tempat yang sepi ini cukup menentramkan.

Rute yang harus Anda tempuh cukup mudah karena landmarknya adalah menuju pantai Tanjung Bira terlebih dahulu. Anda bisa menuju pantai ini dengan berbagai macam kendaraan, seperti mobil, bus, Pete Pete, atau trip. Mobil ini bisa menggunakan mobil pribadi atau sewaan dengan harga yang cukup terjangkau. Setelah sampai di Tanjung Bira, Anda bisa melanjutkan dengan menyewa speedboat atau perahu nelayan selama 15 hingga 20 menit.

Biaya Perjalanan ke Pulau Liukang Loe, Bulukumba

Biaya perjalanan ke Pulau Liukang LoeKredit gambar: Palontaraq.id

Perjalanan yang Anda tempuh menuju Tanjung Bira membutuhkan kendaraan darat, kemudian parkir di sekitar tujuan agar aman. Setelah itu, penyeberangan ke Pulau Kayu Hitam membutuhkan perahu atau speedboat yang cukup terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 450-500.000 dengan kapasitas 5-6 orang. Harga ini cukup murah karena mengingat jaraknya yang sangat dekat.

Saat mengunjungi destinasi wisata ini, perhatikan waktu tempuh karena memakan waktu yang lama. Usahakan berangkat pagi-pagi sekali dan tiba di lokasi paling lambat tengah hari. Hal ini untuk menghindari perubahan cuaca besar seperti biasanya hujan di sore hari. Selain itu, perubahan gelombang juga mempengaruhi penyeberangan speedboat. Akan lebih berbahaya lagi jika ombaknya sangat tinggi.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Pulau Liukang Loe

Aktivitas di Pulau Liukang LoeKredit gambar: Instagram.com @andiazwarr

Sebagian besar wisatawan, tentu saja, pergi snorkeling atau menyelam. Traveler yang menyukai kegiatan ini tentu tidak mau ketinggalan untuk menangkap ikan-ikan cantik dan terumbu karang warna-warni di bawah laut Pulau Kayu Hitam. Menyelam pada ketinggian yang cukup dalam harus dilengkapi dengan peralatan yang memadai, seperti tabung oksigen, kaki katak dan perlengkapan renang lengkap. Snorkeling hanya membutuhkan pelampung dan snorkel.

Lihat dari dekat penangkaran penyu di salah satu tempat penangkaran terbaik di negara maritim ini. Anda dapat belajar tentang penangkaran, seperti musim bertelur dan menetas, cara melepaskan tukik yang benar, memegang penyu besar, dan berfoto bersama penyu. Hal tersebut tentunya memberikan pengalaman yang tak terlupakan saat berlibur. Pulau ebony ini adalah tempat yang tepat untuk melihat penyu dan mendapatkan pendidikan yang lengkap.

Tak hanya edukasi, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas berenang bersama dua penyu besar. Tiket yang harus Anda bayar adalah 10.000 rupee untuk berenang di kolam besar dengan dua induk penyu. Kedalaman kolam ini kurang lebih 2m dengan tangga kayu sebagai jalur masuk ke kolam. Anda juga akan didampingi oleh ahlinya sehingga sangat aman, namun perlu diperhatikan jangan memaksa penyu saat tidak ingin digendong.

Akomodasi di sekitar Pulau Liukang Loe

Akomodasi di sekitar Pulau Liukang LoeKredit gambar: Tripadvisor.co.il

Jika Anda ingin bermalam di pulau ini, ada banyak pilihan dengan keindahan yang tersedia untuk Anda. Beberapa hostel telah melengkapi kamarnya dengan fasilitas yang nyaman. Wisma Ramli menjadi pilihan beberapa wisatawan karena dekat dan cukup nyaman. Dari segi harga juga sangat terjangkau dan sudah melayani pemesanan sejak lama. Hal yang paling menarik dari wisma ini adalah pemandangan pantai dan laut lepas.

Jika Anda tidak mendapatkan kamar di guest house, pilihan akomodasi lain masih tersedia. Ocean Holiday Guest House and Resto tidak jauh dari rekomendasi guest house teratas. Hostel ini memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung, sehingga banyak yang suka di sini. Di guest house ini, Anda juga bisa menikmati pemandangan laut dari teras, kamar mandi air tawar, tarif sewa murah dan melakukan reservasi.

Keduanya menjadi salah satu hostel yang selalu ramai pengunjung, sehingga tidak jarang kamar yang tersedia selalu sold out. Masih ada beberapa penginapan yang bisa Anda pilih dengan range harga yang berbeda-beda seperti Asidik Penginapan 700 ribu rupiah, Panda Beach I mulai 235 ribu hingga 400 ribu, Wisma Melba 600 ribu untuk kamar AC, Riswan Guest House sekitar 150.000 hingga 185.000 dengan pilihan kipas angin atau AC.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Liukang Loe

Fasilitas di Pulau Liukang LoeKredit gambar: Depography.blogspot.com

Pulau kayu hitam ini menawarkan fasilitas yang sangat umum dan penting untuk tempat wisata, yaitu toilet umum. Toilet ini dilengkapi dengan air bersih dan selalu bersih. Apalagi destinasi wisata pulau ini terkenal dengan produk seafoodnya, sehingga di sini banyak terdapat warung atau rumah makan yang menawarkan menu seafood.Anda bisa menikmati cita rasa masakan khas Sulawesi Selatan dari tangan warga denga harga yang terjangkau.

Ia merasa tidak lengkap berlibur tanpa membeli oleh-oleh untuk keluarga atau orang tersayang. Oleh karena itu, pengelola pulau kayu hitam ini menyediakan tempat untuk membeli oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau. Ciri khas tempat ini adalah sarung tenun khas Bangkuru Bira, Bulukumba. Pareo tenun ini adalah hadiah yang sempurna untuk orang terkasih, tetapi tidak akan menguras kantong Anda dan anggaran liburan Anda tidak akan sia-sia.

Salah satu objek wisata Sulawesi Selatan, pulau kayu hitam ini patut masuk dalam bucket list liburan Anda. Pasalnya, wisata ini menawarkan berbagai hal menarik seperti diving, snorkeling, berenang bersama penyu, edukasi penyu dan masih banyak lagi. Yang unik dari wisata ini adalah dermaganya yang eksotis sehingga cocok untuk spot foto instan. Anda juga dapat mengambil foto saat menyelam menggunakan kamera tahan air, gopro atau peralatan fotografi lainnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button