Pura Agung Girinatha Semarang Kedatangan Rombongan dari UHN IGSU Sugriwa Denpasar – Kementerian Agama Kota Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Pura Agung Girinatha Semarang Kedatangan Rombongan dari UHN IGSU Sugriwa Denpasar – Kementerian Agama Kota Semarang

Semarang – Rektor Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus (UHN IGB) Sugriwa Denpasar, I Gusti Ngurah Sudiana beserta Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, M. Rikza Chamami, berkunjung pada Rabu (3/8/2022) Pura Agung Girinatha yang beralamat di Jalan Sumbing No 12 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang.

Turut mendampingi Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Tengah, Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Semarang, Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kota Semarang, PHDI Provinsi Jawa Tengah beserta jajaran manajemen Pura Kota Agung Girinatha Semarang.

Kedatangan rombongan disambut baik oleh Ketua PHDI Kota Semarang, I Nengah Wirta, dilanjutkan dengan perkenalan para anggota Pengurus Pura. “Selamat datang di Pura Agung Girinatha, Kota Semarang,” ujarnya.

Selain itu, I Nengah Wirta menjelaskan bahwa Pura Agung Girinatha merupakan pura terbesar di kota Semarang. “Pada tanggal 10 Oktober 1969, Pura Agung Girinatha resmi menjadi pusat peribadatan umat Hindu, dan pada tahun 2017 Pura Agung Girinatha diangkat oleh Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo, dan Walikota Semarang, Bapak Hendrar Prihadi. ,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Pura Agung Girinatha digunakan tidak hanya untuk etnis Bali yang beragama Hindu tetapi juga untuk etnis Jawa, Cina, India, Jerman dan Jepang.

“Kuil ini juga memiliki fasilitas untuk meditasi baik bagi penganut dan pemuja Thao,” katanya. Ada spot selfie jadi bisa melihat keindahan wisata di Kota Semarang dari ujung ke ujung dari pura,” ujarnya.

Selain itu, kata I Nengah Wirta, di pura juga terdapat pasar yang besar, mampu menampung kegiatan ekonomi masyarakat sekitar, pentas seni non-keagamaan Hindu bagi generasi muda, yang merupakan bentuk moderasi beragama.

Tanpa ragu, I Negah Wirta memimpin rombongan mengitari candi, mulai dari Nistha Mandala, Madya Mandala, Bale Pesandekan, Balai Kertha Saba, Perpustakaan, Utama Mandala, Padmasana, hingga Bale Pawedan.

Kunjungan ini merupakan bagian dari monitoring bersama KKN Moderasi Keagamaan di UIN Walisongo dengan UHN IGB Sugriwa Denpasar tahun 2022.

Pada kesempatan ini, I Gusti Ngurah Sudiana mengajak pengelola pura untuk bersinergi meningkatkan kualitas pendidikan agama Hindu dari tingkat terendah hingga perguruan tinggi agar mampu bersaing di era modern.” (Eko/Yogo/NBA)

Source: kotasemarang.kemenag.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button