Dipugar, kini Punden Mbah Masayu Sinta Mataram menjadi salah satu ikon wisata religi di kota Batu - WisataHits
Jawa Timur

Dipugar, kini Punden Mbah Masayu Sinta Mataram menjadi salah satu ikon wisata religi di kota Batu

Punden Mbah Masayu Sinta Mataram di Desa Ngaglik.Punden Mbah Masayu Sinta Mataram di desa Ngaglik.

JATITIMES – Sebagai salah satu situs Punden di Kota Batu, Punden Mbah Masayu menjadi salah satu icon desa Ngaglik. Untuk menjaga kelestariannya, Pemkot Batu melalui Pemerintah Desa Ngaglik menghidupkan kembali Punden Mbah Masayu Sinta Mataram.

Usai dilakukan revitalisasi, Wakil Walikota Batu Punjul Santoso langsung meresmikan Punden Mbah Masayu Sinta Mataram pada Senin (14/11/2022). Punden terletak di jantung kota Batu. Punjul juga mendapat kehormatan dengan peresmian punden tersebut.

“Saya menyampaikan apresiasi dengan meresmikan punden ini karena kita sebagai generasi muda memiliki kewajiban untuk menjaga (melestarikan) budaya nenek moyang kita,” kata Punjul.

Punjul menambahkan punden milik Mbah Masayu bisa menjadi salah satu ikon wisata religi di Kota Batu. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat untuk merawat punds.

“Pungutan ini milik bersama untuk kebaikan masyarakat. Saya meminta kita semua untuk menjaga punden ini bersama-sama. Karena ini menjadi salah satu tempat wisata religi di Kota Batu,” tambah Punjul.

Sementara itu, Lurah Ngaglik Rendra Adinata mengatakan, revitalisasi punden Mbah Masayu dilakukan dengan bantuan APBD Kota Batu yang telah dianggarkan di Desa Ngaglik. Dengan adanya kebangkitan ini, diharapkan dapat membawa kenyamanan bagi masyarakat.

Selain itu, punden Kliwon dipadati warga sekitar setiap hari Selasa. “Oleh karena itu, pemugaran ini harus dilakukan agar pundas dapat dilestarikan dan mengabdi kepada masyarakat dengan baik,” jelas Rendra.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari JatimTIMES.com. Ayo join grup Telegram, klik link Telegram JatimTIMES lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button