Kota Surabaya sudah dikerahkan di 150 lokasi dan ditambah WiFi di area publik - WisataHits
Jawa Timur

Kota Surabaya sudah dikerahkan di 150 lokasi dan ditambah WiFi di area publik

JawaPos.com- Jangkauan internet publik di kota Surabaya terus meluas. Tujuannya agar semua tempat umum terhubung ke Internet. Penambahan fasilitas tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung.

Hingga 150 lembaga publik di Surabaya saat ini terhubung ke layanan Internet. Misalnya di taman kota, Broadband Learning Center (BLC) di kelurahan, hingga Pusat Wisata Kuliner (SWK).

Kepala Biro Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Surabaya M. Fikser mengatakan, pemasangan jaringan internet merupakan salah satu program prioritasnya. Kemudahan akses internet menjadi faktor penting mengingat Surabaya akan menjadi kota digital di masa depan. “Faktanya, kami sebenarnya membuat kemampuan itu tersedia di pasar,” jelasnya.

Fasilitas internet di area publik akan terus ditingkatkan seiring dengan penambahan area publik. Misalnya di Surabaya Square dan di rumah-rumah padat karya. Fikser mengatakan, perkembangan teknologi di Surabaya berkembang pesat. Hampir semua layanan publik sudah online. “Nah, itu juga perlu lembaga pendukung untuk mewujudkan kota yang sepenuhnya digital,” kata Fikser.

Mantan Kabaghumas Pemkot menambahkan, Surabaya bisa menjadi hub teknologi untuk Indonesia Tengah dan Timur. Oleh karena itu, keberlanjutan Internet sangat penting. “Surabaya adalah Citihub bagi daerah lain. Perkembangan perdagangan dan jasa begitu tinggi. Apalagi perkembangan e-commerce di Surabaya luar biasa,” ujarnya.

Selain menambah titik WiFi di area publik, Diskominfo Surabaya juga mengembangkan infrastruktur pendukung lainnya. Untuk alasan keamanan, misalnya, Pemprov DKI akan memasang video surveillance di semua desa.

“Kemudian infrastruktur jaringan serat optik juga akan terus meratakan jangkauannya. Hingga saat ini jaringan optik di Surabaya sudah lebih dari 220 kilometer,” ujarnya.

Source: www.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button