Puncak Dipowono Kulonprogo, Rute, Harga Tiket, Fasilitas, Atraksi, dll. - WisataHits
wisatahits

Puncak Dipowono Kulonprogo, Rute, Harga Tiket, Fasilitas, Atraksi, dll.

Puncak Dipowono Kulonprogo, Rute, Harga Tiket, Fasilitas, Atraksi, dll.

Puncak Dipowono – Perjalanan liburan ke kota jogja jangan hanya menginap di pusat kota saja tapi coba kunjungi beberapa kabupaten disekitarnya.

Padahal destinasi wisata di pusat kota ini terkenal sangat menawan dan selalu ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Karena kota jogja merupakan salah satu tujuan wisata di dunia.

Namun untuk menghadirkan sensasi berbeda saat liburan tiba, kami sarankan untuk menjelajahi lebih jauh lagi, salah satunya Kabupaten Kulonprogo yang tidak boleh Anda lewatkan.

Meski cukup jauh dari pusat kota Jogja dan berada di ujung barat kota, namun mampu memberikan pengalaman berbeda saat berlibur. Deretan destinasi wisata alam yang menawan siap dijelajahi bersama keluarga. Salah satu tempat wisata yang terdampak saat ini adalah Puncak Dipowono.

Pemandangan menawan di puncak selalu menjadi magnet tersendiri bagi pecinta alam. Bagi Anda yang menginginkan suasana damai dan tenang, sangat cocok mengunjungi Puncak Dipowono.

Belum lagi lokasi Puncak Dipowono yang berada di ketinggian bukit torehan jadi idola banyak orang, karena torehan bukit torehan kota jogja dan jawa tengah menjadi primadona para pecinta travelling.

Pemandangan di sekitar bukit sangat indah dan pastinya membuat betah berlama-lama di tempat ini. Apa yang kamu tunggu? Segera kunjungi objek wisata Canting Mas Puncak Dipowono bersama keluarga dan orang tersayang.

Lokasi Puncak Dipowono

Obyek wisata ini terletak di kawasan perbukitan menorehkan yang sangat terkenal di kota jogja. Letaknya cukup jauh dari pusat kota jogja yaitu di kabupaten kulonprogo yang merupakan bagian paling barat kota jogja.

Meski lokasinya cukup terpencil dan berada di ujung, namun cukup mudah untuk mencapainya dengan sepeda motor atau mobil. Jika kesulitan menemukan lokasinya, Anda bisa mencoba menggunakan Google Maps untuk memandu perjalanan Anda.

Bagi yang penasaran dengan lokasi Puncak Dipowono bisa datang langsung ke kawasan Jalan Clereng Tamanan KM. 6, Dusun Clapar 2, Desa Hargowilis, Kec. Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Canting Mas Puncak Dipowono via IG @suryojdbCanting Mas Puncak Dipowono via IG @suryojdb

Jalan menuju lokasi Puncak Dipowono

Setelah melihat tempat wisata terbaik di Dipowono, sekarang kita akan melihat rute atau medan yang akan kita lewati. Letaknya yang berada di puncak gunung membuat jalur ke depan didominasi tanjakan dan tikungan tajam, jadi siapkan kendaraan Anda untuk bisa sampai ke puncak.

Selain itu, Anda juga harus ekstra hati-hati. Jarak antara puncak Dipowono dengan pusat kota sekitar 33 kilometer dengan jarak tempuh berkendara sekitar 1 jam.

Perjalanan akan kita mulai dari pusat kota Jogja kemudian dilanjutkan ke arah barat menuju Jalan KH. Setelah itu, Ahmad Dahlan langsung menyusuri jalan Yogyakarta – Wates.

Setelah itu lanjutkan hingga menemukan perempatan, lalu belok ke selatan menuju jalan Jembatan Gamping, lalu ke barat menuju Ringroad Barat, lalu lurus terus hingga ke jalan Wates-Purworejo.

Setelah itu, ke barat menuju Jalan Sentolo – Brosot, lalu ke utara melewati Jembatan Ngelo. Setelah itu lurus terus sampai belok ke barat di pertigaan via Jalan Pengasih. Setelah itu lurus terus hingga menemukan Jalan Jembatan Clereng.

Silahkan menuju ke arah Jalan Dipowono, sesampainya di kawasan tersebut silahkan lanjutkan hingga menemukan papan bertuliskan Wisata Puncak Dipowono.

Harga tiket masuk Puncak Dipowono

Jika kita menyebut lokasi Incised Hills, Anda tentu tidak akan memungkiri keindahan alam yang terdapat di sana, terutama di puncaknya. Salah satu puncak yang sering dibicarakan adalah Puncak Dipowono.

Keindahan perbukitan hijau yang ada sangat memukau dan membuat pengunjung yang datang betah. Meski panoramanya sangat menawan, jika dilihat dari segi harga tiket masuk yang ditawarkan tidak terlalu mahal. Anda hanya perlu membayar 12.000 rupee per orang.

Kita telah melihat harga tiket masuk tempat wisata terbaik di dipowono yang sangat murah tidak menguras kantong terlalu dalam, nah kita akan coba tengok dari segi harga tiket parkir yang di tetapkan oleh pihak agen.

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar 2.000 rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5.000 rupiah. Jika melihat detail dari kedua harga yang ditawarkan, mulai dari harga tiket masuk hingga harga tiket parkir, Anda pasti setuju bahwa objek wisata satu ini tergolong murah.

Kunjungi juga:

Fasilitas Tambahan di Puncak Dipowono

Meski tergolong tinggi dan letaknya cukup jauh dari pusat kota Jogja, dilihat dari segi fasilitas tambahan yang tersedia cukup lengkap membuat setiap pengunjung merasa nyaman. Berikut adalah beberapa:

  • Tempat parkir yang cukup luas untuk menampung lebih banyak sepeda motor atau mobil milik pengunjung
  • Toilet umum Yang tersedia terpelihara dengan baik karena staf kebersihan disediakan di lokasi ini
  • ruang sholat yang dibangun khusus untuk pengunjung muslim yang akan mendirikan sholat
  • warung makan disekitar lokasi menawarkan berbagai menu makanan, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan yang tentunya rasanya cukup nikmat. Menu minumannya juga cukup banyak, terutama penghangat badan, mulai dari kopi panas, teh panas, hingga berbagai jenis minuman.
  • Tempat istirahat
  • Belvedere atau belvedere

Yuk naik perahu lewat IG @trisnoarybudiYuk naik perahu lewat IG @trisnoarybudi

Pesona Puncak Dipowono

Beberapa tahun lalu, Bupati Kulonprogo meresmikan Puncak Dipowono sebagai salah satu tempat wisata di Kulonprogo. Sejak kemunculannya beberapa tahun lalu, wisata ini langsung dibanjiri pengunjung dan tidak hanya datang dari Jogja dan sekitarnya, tapi banyak juga yang datang dari luar daerah.

Udara dingin yang ada membuat pepohonan menjadi sangat subur. Sehingga ketika melihat lembah secara langsung, Anda akan sangat terkagum-kagum. Puncak Dipowono juga ideal bagi para pecinta fotografi.

Spot Foto Kece via IGSpot Foto Kece via IG

Anda bisa mengambil foto alam sebanyak-banyaknya dari sudut manapun, hasil fotonya pasti sangat memukau dan fotogenik.

Udara di puncak sangat sejuk dan nyaman, seperti dataran tinggi pada umumnya yang suhunya di bawah 20 derajat.

Kunjungi juga: Obyek wisata Waduk Mini Kleco Kulonprogo

Dari atas puncaknya, Anda bisa melihat dengan jelas keindahan deretan bukit menoreh yang ditumbuhi pepohonan hijau yang sangat memanjakan mata. Menengok ke selatan, mata kita akan dimanjakan dengan keindahan Waduk Sermo yang dikelilingi hutan.

Jika Anda datang pada hari yang cerah, Anda bisa melihat pantai dan laut selatan dari jauh. Sebuah pos pengamatan yang berada di puncak Dipowono menjadi salah satu tempat favorit pengunjung.

Pos pengamatan yang ada memiliki berbagai bentuk yang unik, salah satunya berbentuk perahu. Banyak yang mengatakan bahwa Puncak Dipowono hampir sama dengan Menara Kalibiru yang terletak di kawasan yang sama, selain itu pemandangan yang disuguhkan juga sama yaitu pemandangan Waduk Sermo yang sangat mempesona.

Foto Dipowono melalui IG @trisnoarybudiFoto Dipowono melalui IG @trisnoarybudi

Untuk membedakan kedua lokasi wisata tersebut, beberapa agen dan warga setempat telah menyediakan berbagai fasilitas menarik di sektor ini, mulai dari kelelawar buah, dari arena start hingga arena berkemah.

Kawasan ini juga menjadi salah satu tempat favorit anak muda dan mahasiswa pecinta alam untuk mengadakan acara camping di camping ground yang tersedia.

Camping biar makin seru lewat IG @rizal.fathurahmanCamping biar makin seru lewat IG @rizal.fathurahman

Saksikan sunset dari Puncak Dipowono

Aktivitas lain yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di sini adalah menyaksikan betapa indahnya langit sore saat matahari perlahan terbenam di ujung barat. Momen sunset akan semakin tak terlupakan jika diamati dari ketinggian.

Bahkan ada sekelompok orang yang sengaja datang untuk melihat betapa indahnya langit jingga dan memancarkan siluet menawan yang sulit kita lupakan.

Jangan lupa untuk berfoto saat matahari mulai terbenam, yang pasti akan menghasilkan beberapa foto yang Instagrammable.

Jadi, sesampainya di puncak Dipowono, jangan buru-buru pulang karena sesampainya di puncak, langit berubah menjadi jingga keemasan yang memukau.

Saksikan sunset di atas Bukit Canting Mas, Puncak Dipowono via IG @emil_dausSaksikan sunset di atas Bukit Canting Mas, Puncak Dipowono via IG @emil_daus

Kiat liburan

Berkunjung ke Puncak Dipowono saat liburan tiba memang menjadi momen yang tak terlupakan, namun untuk menambah keseruan dan memaksimalkan liburan Anda, mohon perhatikan tips berikut ini:

  • Puncak Dipowono merupakan wisata gunung yang pastinya tinggi dengan udara dingin dan angin yang kencang, maka untuk mencegah agar tubuh tidak kedinginan sebaiknya menggunakan pakaian hangat seperti jaket atau sweater.
  • Untuk bisa mencapai puncak tentunya dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah karena jalan yang akan kita tempuh tentunya cukup sulit, jadi pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan prima untuk dapat melewati segala rintangan. .
  • Satu hal yang perlu diperhatikan saat berlibur ke puncak Dipowono adalah jangan lupa untuk membawa kamera yang berkualitas karena di spot ini banyak terdapat spot-spot prima dengan pemandangan yang indah.

Ini adalah perjalanan kami ke puncak Dipowono yang memiliki pemandangan menakjubkan. dari atas bukit adalah pemandangan hijau dan keindahan Waduk Sermo yang terkenal di Kabupaten Kulonprogo.

Bagi para pecinta selfie, pastinya tidak mau ketinggalan untuk berfoto dengan latar alam yang menakjubkan. Perjalanan liburan juga akan lebih terasa saat Anda berlibur bersama keluarga tercinta. Selamat berkunjung dan menikmati hari di puncak Dipowono. Demikian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Nikmati pemandangan dari puncak Gunung Lanang Kulonprogo

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button