Pesona Pulau Poncan, pulau eksotik yang sarat sejarah di Sibolga - WisataHits
wisatahits

Pesona Pulau Poncan, pulau eksotik yang sarat sejarah di Sibolga

Pesona Pulau Poncan, pulau eksotik yang sarat sejarah di Sibolga

Pulau Poncan memiliki pesona tersendiri. Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk kota ditambah dengan birunya air laut yang tenang membuatnya populer.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pasar Belakang, Kec. Kota Sibolga, Kota Sibolga, Sumatera Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Sumatera Utara memang terkenal dengan pesona pantainya yang tak boleh dilewatkan. Pulau Poncan masih terkesan asing, namun akhir-akhir ini banyak dikunjungi wisatawan karena keindahannya. Mereka siap berwisata ke Sumatera Utara hanya untuk menikmati keindahannya.

Pulau ini memang terletak di dekat kawasan pelabuhan perikanan. Namun nama massa benua kecil ini terkait dengan dua pulau dengan iklim tropis dan berbeda satu sama lain. pulau tersebut adalah Poncan Ketek dan Poncan Gadang.

Keduanya memiliki pesona yang tidak bisa diremehkan satu sama lain. Selain itu, ada juga keunggulan yang melekat pada masing-masing pulau. Namun secara keseluruhan menawarkan pesona pelayaran Sumatera Utara yang luar biasa.

Daya Tarik Pulau Poncan

Atraksi Pulau PoncanKredit gambar: Google Maps Wahyu Setiawan

Jika Anda ingin pergi ke tempat wisata, Anda perlu mengetahui atraksinya. Ini sangat penting karena jika tidak memiliki daya tarik, perjalanan jauh tidak akan menghasilkan apa-apa. Pemandangan indah yang seharusnya menyegarkan pikiran tidak akan didapatkan. Langsung saja ya, berikut beberapa daya tarik Pulau Poncan :

1. Jauh dari Teluk

Ketahuilah bahwa memang benar tempat wisata ini mengusung konsep bahari. Namun posisinya memang jauh dari teluk dan secara geografis sangat terlindung dari pengaruh angin laut yang kencang. Dengan demikian, wisatawan tidak akan merasakan gelombang besar atau tsunami.

Tentunya hal ini juga menjadi pertimbangan sebelum wisatawan meninggalkan dermaga untuk berwisata ke lokasi utama yaitu Pulau Poncan.

2. Banyak hewan dan tumbuhan laut

Jika ditelaah lebih jauh, pulau ini awalnya terbentuk akibat endapan hewan dan tumbuhan laut berumur jutaan tahun. Lebih tepatnya pada Miosen. Apalagi wilayah Sumatera Utara memang terletak di zona Eurasia dan Indo-Australia, sehingga banyak biota laut yang indah bisa ditemukan.

Warisan indah ini patut diapresiasi oleh masyarakat Indonesia. Hampir sepanjang tahun, pesona tempat ini menarik perhatian para pelancong. Baik domestik maupun wisata, meski masih jarang.

3. Kaya akan sejarah

Setiap tempat di Indonesia pasti punya ceritanya sendiri. Tak terkecuali Pulau Poncan. Misteri yang sering diceritakan masyarakat lisan adalah bahwa tempat ini dulunya merupakan benteng dan tempat tinggal tentara Jepang.

Terbukti dengan temuan mengejutkan dari tim khusus yang menjelajahi tempat ini. Atraksi di atas sudah cukup untuk dikunjungi wisatawan bukan?

Atraksi di atas akan didukung oleh beberapa kegiatan yang bisa dilakukan. Jadi tinggal di diskusi kali ini!

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pulau PoncanKredit gambar: Google Maps Wahyu Setiawan

Sekarang memang jamannya sudah sangat canggih dimana Google Maps sudah ada dan siap mengantarkan wisatawan ke lokasi yang diinginkan. Namun, alamat manual tetap diperlukan sebagai informasi tambahan.

Pulau Poncan terletak di Desa Pasar Belakang di Kota Sibolga, Sumatera Utara. Untuk itinerary, jika wisatawan berdomisili di luar kota Sibolga sebaiknya memilih penerbangan yang mendarat di Bandara Pinang Sori.

Setelah mendarat, perjalanan dilanjutkan ke kota Sibolga. Jika wisatawan tinggal di kota Medan, sudah banyak bus yang bisa ditumpangi. Jadi tarifnya antara Rp 60.000 dan Rp 120.000 per penumpang.

Ambil arah pelabuhan Sibolga. Di sana Anda dapat memilih perahu nelayan atau perahu pesiar. Biasanya sistem pembayaran yang diterapkan adalah sewa atau piagam. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 15 menit.

Sangat disarankan untuk melakukan perjalanan ke pulau eksotis ini di pagi atau sore hari karena ongkos perahu tidak terlalu mahal. Selain itu, ombaknya juga cukup tenang saat laut surut. Pulau cantik ini tidak memiliki jam buka tetap. Semua turis dipersilakan 24 jam sehari.

Kabar baiknya, tidak ada biaya masuk untuk menikmati keindahan alam di wisata ini. Kecuali tamu yang ingin menjelajahi seluruh Pulau Sibolga dan resor, biaya akan dikenakan ke masing-masing lokasi tersebut.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Poncan

Aktivitas menarik di Pulau PoncanKredit gambar: Google Maps Wahyu Setiawan

Berlibur di tempat yang masih sepi pengunjung dan menyuguhkan pemandangan indah adalah dambaan setiap orang. Apalagi jika ada kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sana. Saat berkunjung ke Pulau Poncan, wisatawan dapat melakukan kegiatan sebagai berikut:

1. Berenang dan snorkeling

Yang pertama adalah berenang dan snorkeling. Pasti sangat menyenangkan jika sudah lama membayangkan pantai berpasir putih dengan gradasi air biru tua diujungnya bisa berenang dan snorkeling disana.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di dalam laut terdapat banyak hewan dan tumbuhan sehingga tidak diragukan lagi keindahannya. Jika bisa dibandingkan, maka air Poncan adalah air bersih setelah membersihkan bak mandi.

Tenang, kita tidak akan menemukan hewan atau tumbuhan beracun. Bahkan dari pengalaman traveler yang pernah berkunjung ke tempat ini, tidak ada nyamuk sama sekali.

Memang terumbu karangnya tidak sebanyak di Kalimantan atau lainnya. Anda akan menemukan lebih banyak ikan kerapu, bintang laut, dan kuda laut.

2. Berjalan di sekitar pulau

Pulau Poncan memang menyuguhkan panorama yang sangat indah, tentunya sayang jika dilewatkan begitu saja. Wisatawan bisa berjalan-jalan di sekitar pantai. Anda juga bisa memanjat tebing untuk berfoto dengan latar belakang pulau dan bebatuan.

Konon, di pulau tersebut terdapat sebuah gua. Namun, tidak ada yang pernah berhasil. Jadi jika Anda ingin menjelajahi tempat tersebut, Anda harus bertanya kepada pemandu lokal agar tidak tersesat.

Menariknya, iklim di pulau ini benar-benar stabil. Suhunya hanya sekitar 22-23 derajat Celcius. Pada malam hari akan terasa sejuk karena dibantu angin laut. Sejauh ini bisa dipahami kan?

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau Sibolga PoncanKredit gambar: Proyek Google Maps KM

Bicara soal fasilitas, tentunya wisatawan tidak berharap lebih saat berkunjung ke lokasi bertema alam seperti Pulau Poncan. Satu-satunya yang dimilikinya adalah akses ke dermaga kapal untuk pergi ke pulau lain.

Namun, jika pengunjung ingin bermalam di tempat yang layak, bisa menyewa kamar di kompleks Sibolga. Namanya Sibolga Marine Resort. Harga yang dikutip per kamar untuk satu malam sekitar Rp 400.000.

Mengingat pulau ini cukup besar, sayang sekali jika singgah ke sana hanya untuk waktu yang singkat. Alternatif jika ingin bermalam adalah dengan membawa tenda dari rumah dengan segala perlengkapan memasak, makanan dan minuman.

Selain itu, tidak ada toilet. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin belajar bagaimana bertahan hidup di alam. Namun jika bersama kerabat, suasananya akan lebih seru.

Pulau Poncan memang tidak ada habisnya jika dibicarakan. Pilihan yang paling tepat adalah langsung ke situsnya. Bisa menggunakan pemandu wisata atau tidak seperti rute yang sudah dijelaskan di atas. Jika wisatawan ingin lebih aman, mereka bisa membayar warga setempat untuk menjadi pemandu wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button