Pantai Sadranan, Gunung Kidul, Wisata Rakyat di Jogja - WisataHits
wisatahits

Pantai Sadranan, Gunung Kidul, Wisata Rakyat di Jogja

Snorkeling dan kano tidak perlu jauh-jauh, kini Anda bisa menikmati olahraga tersebut di Pantai Sadranan.

Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp 10.000.00
Nomor telepon:
Aktivitas: Main air, main pasir, snorkling, canoeing, foto-foto, camping, menikmati sunset dan sunrise
Waktu terbaik: Pagi atau sore 06.00-08.00 dan 16.00-18.00 WIB
Perlu membawa: Baju ganti, topi, kamera, perlengkapan camping, perlengkapan snorkeling
Larangan: Dilarang bermain air di tengah laut
Alamat: Dusun Pulegundes II, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta
Fasilitas umum: Tempat parkir mobil, Toilet, Ruang ganti, Gazebo, Parasol, Kios makanan, Penyewaan peralatan snorkeling, Layanan foto
Akses jalan: Bagus
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Dimana tempat wisata pantai terbaik di jogja? Salah satu pantai yang bagus untuk dikunjungi adalah Pantai Sadranan. Pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik untuk berlibur jika cuaca memungkinkan.

Ada apa di pantai ini? Pantau terus website dolanyok ini untuk mengetahui keseruan apa saja yang bisa kamu dapatkan di pantai eksotis ini.

Sekilas tentang Pantai Sadranan

Pantai Sadranan adalah salah satu pantai paling populer di Gunung Kidul dan tujuan wisata paling banyak dikunjungi di Yogyakarta. Kepopuleran pantai ini dikarenakan ombak pantainya yang sangat tenang, sangat bagus untuk snorkeling, pantainya juga cukup panjang.

Pantai Sadranan awalnya merupakan pantai yang eksotis. Seiring berjalannya waktu, pantai ini semakin populer, sehingga banyak wisatawan yang mengetahui tentang pantai ini dan datang berlibur ke pantai ini. Oleh karena itu, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa dan hari libur.

Asal

Penamaan Sadranan bukan tanpa alasan. Kata ini berasal dari kata Nyadran yang dalam bahasa Jawa berarti ritual tradisi Jawa. Ritual ini berupa sedekah laut yang biasa dilakukan di pantai ini.

Ritual ini biasanya dilakukan di pasar pahing setiap tahun. Ritual Nyadran akan dilakukan saat panen usai.

Aktivitas

Berbagai aktivitas seru dan menarik bisa Anda lakukan di pantai ini:

Renang

Di pantai ini Anda bisa berenang dan menikmati keindahan ombak yang tenang. Karena Ink Beach terhimpit oleh dua pantai lainnya, yaitu Pantai Krakal dan Pantai Ngandong. Tak hanya itu, di depan pantai ini juga terdapat pulau kecil yang terletak di depan pantai.

Snorkeling

Jika Anda pergi ke pantai ini, Anda harus menikmati dunia bawah laut dengan snorkeling. Dari garis pantai hingga 30 meter ke laut, Anda dapat menikmati keindahan bawah laut yang cukup menakjubkan, seperti terumbu karang yang terawat baik, ikan-ikan kecil dan hewan-hewan lucu dan cantik lainnya.

Jika Anda tidak memiliki peralatan snorkeling, Anda bisa menyewanya karena di sepanjang pantai banyak orang yang menyewakan peralatan snorkeling.

Mengambil gambar

Ada banyak spot foto cantik di pantai ini. Anda bahkan bisa berfoto hingga jarak 20-30 meter dari bibir pantai. Pantai ini cukup dangkal, sehingga Anda bisa bermain dengan aman di jarak ini. Namun Anda harus berhati-hati karena karang di pantai ini cukup tajam.

Kayak Kano

Untuk menikmati kano, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Pantai Pandawa Bali atau Pantai Lovina. Sekarang pantai ini memiliki fasilitas kano.

Berkemah

Jika ingin berkemah di sana, Anda bisa mendirikan tenda di area pantai ini. Biasanya, pada hari libur, banyak wisatawan yang berkemah di pantai ini.

Menikmati matahari terbenam dan matahari terbit

Pantai ini sangat ideal untuk menikmati matahari terbit dan terbenam. Karena pemandangannya yang luas, Anda dapat menikmati matahari terbit dan terbenam dari titik yang sama.

Nah, berbagai aktivitas menarik bisa kamu lakukan dari pantai ini. Anda dapat memilih salah satu atau melakukan semuanya. Aktivitas di pantai ini pasti bikin kamu senang.

Wisata kuliner

Setelah lelah bermain air, Anda bisa mencicipi aneka seafood yang lezat, banyak warung makan yang buka di pantai ini. Anda bisa menemukan hidangan seperti udang, cumi, ikan, kerang dan berbagai hidangan seafood lainnya.

Santai

Bagi Anda yang terlalu malas untuk meninggalkan akomodasi dan lebih suka menikmati pemandangan, Anda bisa bersantai dengan menyewa gazebo. Ada banyak pilihan gazebo dan payung sehingga Anda bisa bersantai tanpa khawatir kepanasan.

Alamat

Pantai ini agak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Alamat pantai ini berada di Dusun Pulegundes II, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jangan khawatir tersesat karena Anda dapat mengandalkan aplikasi Google Maps untuk membawa Anda ke pantai ini.

Selain bermain di pantai ini, Anda juga bisa singgah di Pantai Krakal, Pantai Slili atau Pantai Sundak. Pantai-pantai ini berjarak kurang dari 1 km. Selain itu, Anda bisa menemukan Pantai Indrayanti, Pantai Drini, dan Pantai Pok Tunggal.

Biaya masuk

Yang lucu dari liburan pantai Gunung Kidul atau pantai Yogyakarta adalah tiket masuk untuk seluruh deretan pantai cukup membayar sekali. Biasanya, Anda akan dikenakan biaya masuk di stasiun retribusi wisata.

Informasi Harga
HTM Rp10.000/orang
Parkir untuk sepeda motor saja Rp 2.000,00
Tempat parkir mobil Rp 5,000.00
Penyewaan alat snorkling Rp 25.000.00- Rp 50.000.00
Kano Rp50.000,00
Dome kapasitas 4 orang Rp50.000,00/kubah
Belvedere Rp 10.000,00- Rp 25.000.00
Karpet Rp20,000.00

Anda tidak perlu repot membawa peralatan snorkeling dan sejenisnya. Ada banyak tempat persewaan snorkeling di pantai ini.

Baca juga: Pantai Timang

Jam operasional

Untuk menikmati kesenangan bermain di pantai ini, Anda bisa datang kapan pun Anda mau. Pantai ini buka 24 jam sehari.

Meredakan

Obyek wisata tepi laut ini sudah terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan, oleh karena itu pengelola memaksimalkan fasilitas yang dimiliki. Fasilitas tersebut seperti:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Ruang ganti
  • Belvedere
  • payung pantai
  • warung makan
  • Penyewaan alat snorkling
  • departemen foto

Nah, untuk akomodasi, Anda bisa menemukan akomodasi berupa homestay. Keluarga angkat biasanya dijalankan oleh masyarakat setempat. Sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang terjangkau.

Meski dikelola oleh masyarakat setempat, fasilitas yang Anda dapatkan cukup nyaman. Ada banyak akomodasi yang bisa Anda coba seperti Sadranan Bamboo Bungalow, Wilujeng Inn, Sumantri Cottage dan Sadranan Resto & Lodging.

Pertanyaan dan jawaban

Kesimpulan

Itulah gambaran singkat tentang Pantai Sadranan yang bisa tim Dolanyok berikan. Jika Anda memiliki referensi range lainnya, silahkan berkomentar di kolom komentar. Atau Anda juga bisa menceritakan pengalaman Anda bermain di pantai ini.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button