Menteri PUPR RI Tinjau Penyelesaian Akhir Masjid Agung Sheikh Zayed Solo - WisataHits
Jawa Tengah

Menteri PUPR RI Tinjau Penyelesaian Akhir Masjid Agung Sheikh Zayed Solo

TIMESINDONESIA, SOLO – Dalam kunjungan kerjanya ke Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono meninjau penyelesaian pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed Solo pada Jumat (4/11). beasiswa Bahasa Arab dari Pemerintah Uni Emirat Arab kepada Pemerintah Kota Solo.

Didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Menteri Basuki beserta rombongan meninjau seluruh ruangan dan taman masjid di Jalan Ahmad Yani Gilingan.

Dalam tinjauan tersebut, Menteri Basuki memberikan beberapa komentar terkait penyelesaian pembangunan masjid jelang peresmiannya.

Konstruksi-Masjid-Syekh-Zayed-Solo-2.jpg

“Pertama, tulisan/kaligrafi Asmaul Husna di dinding masjid perlu diperbaiki dengan mengubah ukuran tulisan menjadi lebih besar dan berwarna hitam agar mudah dibaca oleh jemaah masjid,” kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki menambahkan, area cuci tangan juga perlu diperhatikan, terutama sistem drainase. “Keran harus diperiksa satu per satu. Masih ada goyangan dan panjangnya disesuaikan sehingga air langsung jatuh ke lubang pembuangan,” katanya.

Di halaman masjid, Menteri Basuki meminta ditambahkan pepohonan hijau agar suasana masjid lebih sejuk dan rindang. “Terutama untuk bagian taman yang menghadap ke jalan sehingga ditanami pohon peneduh seperti pohon pule dan ketapang kencana.

Konstruksi-Masjid-Syekh-Zayed-Solo-3.jpg

Menteri Basuki juga meminta seluruh bagian lantai dibersihkan dan disemprot dengan kompresor air. “Tujuannya untuk menghilangkan debu dan sisa material dari pekerjaan tersebut,” kata Menteri Basuki.

Terakhir, Menteri Basuki mengatakan telah menghubungi Pangdam IV Diponegoro selaku pemilik lahan yang digunakan untuk parkir. Lahan di seberang masjid juga akan digunakan untuk pembangunan Islamic Center yang didukung oleh Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

“Tempat parkir ini yang paling penting. Masjid sebesar ini belum memiliki tempat parkir. Saya panggil Pangdam hari ini, sedang dibongkar dan 2.000 meter persegi akan gratis. Sesuai dengan masterplan Solo Islamic Center ya,” kata Menteri Basuki.

Pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed Solo akan dilakukan pada 2021-2022 dengan nilai pembangunan Rp 278 miliar. Pembangunan akan berlangsung di atas lahan seluas 26.581 m2, terdiri dari tiga lantai yang dilengkapi lift.

Turut hadir Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI Diana Kusumastuti, Wiyogo, Kepala Badan Prasarana Permukiman Daerah (BPPW) Jawa Tengah Cakra Nagara, dan Kepala Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo. Balai Besar (BBWS) Maryadi Utama.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button