Festival Prawirotaman berlangsung pada 27 Agustus. Berikut agendanya - WisataHits
Jawa Tengah

Festival Prawirotaman berlangsung pada 27 Agustus. Berikut agendanya

Bisnis.comYOGYAKARTA – Pemerintah Kota Yogyakarta akan menggelar Festival Prawirotaman melalui Dinas Pariwisata setempat untuk menampilkan potensi dan keberadaan Desa Prawirotaman di tengah meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara ke kota tersebut.

“Festival ini akan kita lakukan pada akhir bulan, lebih tepatnya pada 27/2022).

Menurutnya, Desa Prawirotaman dikenal sebagai desa internasional dengan banyak turis asing yang berkunjung ke desa tersebut.

Oleh karena itu, lanjut Wahyu, perlu diadakan event atau festival untuk lebih menunjukkan kepada wisatawan khususnya wisatawan mancanegara, potensi wisata dan budaya serta keunikan desa.

Kegiatan festival di Desa Prawirotaman yang tahun ini bertema “Persatuan Globalakan diisi dengan berbagai acara seperti pertunjukan budaya, parade budaya, bazaar dan orkestra.

“Kami berharap dapat menyatukan semua elemen pariwisata yang ada di desa agar pariwisata terus meningkat sekaligus memperkuat nilai-nilai tradisional yang menjadi prioritas di Prawirotaman,” ujarnya.

Wahyu bersyukur Kota Yogyakarta yang berada di tengah Pulau Jawa tidak terpengaruh oleh kenaikan harga tiket pesawat yang berpotensi menurunkan kunjungan wisatawan.

“Yogyakarta masih bisa ditempuh melalui jalur darat. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau rombongan dengan bus wisata. Jadi kenaikan tarif penerbangan tidak akan mempengaruhi kunjungan wisatawan,” ujarnya.

Wisatawan asing, lanjutnya, juga bisa menempuh jalur darat setelah mendarat di Jakarta atau Surabaya.

Sepanjang tahun 2022, Januari hingga akhir Juli, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mencatat kunjungan wisatawan mencapai 3,9 juta orang berdasarkan tingkat hunian hotel di kota tersebut.

“Perhitungannya termasuk turis asing dan domestik. Namun, kami tidak mempertimbangkan wisatawan day trip ke Yogyakarta,” katanya.

Dengan demikian, lanjutnya, potensi jumlah wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta hingga awal semester II bisa mencapai dua hingga tiga kali lipat dari rekor resmi.

Ia juga berharap tingkat kunjungan wisatawan di Yogyakarta dapat terus berlanjut hingga akhir tahun yang juga merupakan high season kunjungan wisatawan seiring dengan libur nasional dan lebaran.

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten Premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih dalam Login / Daftar

Source: semarang.bisnis.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button