Sungai Cidomas Purwakarta, wisata alam yang cocok untuk kunjungan akhir pekan - WisataHits
Jawa Barat

Sungai Cidomas Purwakarta, wisata alam yang cocok untuk kunjungan akhir pekan

PUWAKARTA – Tidak pernah berhenti membicarakan keindahan alam Jawa Barat. Salah satunya di Purwakarta bernama Sungai Cidomas Purwakarta.

“Sungai Biru” adalah julukan untuk wisata alam Sungai Cidomas di Purwakarta ini. Udara pegunungan yang sejuk, suara air dan pepohonan hijau yang rimbun membawa ketenangan sambil bersantai di tepi Sungai Cidomas.

Inilah kawasan wisata alam Purwakarta yang semakin diminati wisatawan. Terletak di kaki Gunung Burangrang, terdapat puluhan mata air jernih dan bebatuan besar di tepi Sungai Cidomas di Purwakarta.

Tempat wisata alam ini terletak di Kp. Babakan RT 01 RW 02, Desa Garokgek, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta. Lokasinya sekitar 7 km dari Situ Wanayasa menuju Subang (perbatasan antara Wanayasa dan Sagalaherang).

Baca juga: Jokowi Kecewa dengan Polisi: Pernah Ada Insiden Ferdy Sambo Runyam

Kawasan wisata ini ditata dengan baik oleh warga secara swadaya. Tempat wisata alam ini sendiri berada di perbatasan antara Purwakarta dan Subang. Untuk menuju tempat wisata Sungai Cidomas, pengunjung dapat menikmati perkebunan teh dan pala.

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati suasana alam yang menenangkan, tapi juga berenang. Kedalamannya 10 cm sampai 2 meter. Keunikan airnya yang biru menjadi ciri khas Sungai Cidomas.

Airnya yang berwarna biru merupakan hasil pantulan sinar matahari dan jernihnya air serta kedalaman sungai. Selain itu, ada juga air terjun kecil dan tebing berbatu luar biasa yang membentuk pahatan alam yang luar biasa indah, lapor Wisatajabar.

Rute ke sungai Cidomas

Dari arah Wanayasa Subang – Islamic Center Islamic Boarding School Garokgek (ICG) – menurun – pertigaan, belok kiri (Gapura Kahuripan) dan tidak ke kanan menuju Subang – terus menuju pertigaan – lurus, ada Pangkalan Ojek, kanan – ambil pertigaan kanan di jalan – ikuti petunjuk pada tanda “Wana Wisata Cidomas” dan berjalan menuju Sungai Cidomas.

Baca Juga: Akhirnya Krishna Murti Bisa Meraih Bintang Dua Jendral Seperti Ferdy Sambo Dan Teddy Minahasa

Masuk ke kawasan wisata Cidomas tidak dipungut biaya alias gratis bagi pengunjung. Pengunjung biasanya hanya perlu membayar uang muka untuk parkir kendaraan.

Di sungai ada Pak Rosmana sebagai penjaga sungai. Oleh karena itu, sebaiknya memberikan izin kepada warga sekitar sungai. Berenang di sungai ini gratis.

Namun pengunjung patut mengapresiasi Pak Rosmana dan warga lainnya yang menjaga dan mendirikan jalan menuju sungai karena beliau membangun dan memelihara jalan tersebut.

Fasilitas masih minim

Sedangkan fasilitas yang ada hanya warung-warung kecil yang menjual mi instan, kopi dan jajanan lainnya. Namun, ia menawarkan pesanan cepat melalui Pak Rosmana jika Anda ingin pergi ke sana (biayanya sekitar 100.000 rupee untuk makan botram, alias kerumunan). Jika Anda tidak yakin ke mana harus berganti pakaian setelah berenang, tidak ada tempat untuk berganti pakaian.

Untuk ini, disarankan untuk mengenakan pakaian renang dari rumah. Mengganti pakaian setelah berenang dapat dilakukan dengan mengganti pakaian di rumah warga dengan jarak tempuh sekitar 10 menit berkendara dari sungai. Jadi lebih baik menaruh tanda terima kasih kecil untuk warga.

Meski musim kemarau dan debit air sungai semakin berkurang. Tapi sebaliknya, Cidomas tenang. Karena airnya yang sangat jernih bahkan dasar sungai yang biasanya tidak terlihat pun dihadirkan dengan cara yang luar biasa.

Wisata sungai ini ramai dikunjungi pengunjung setelah foto sungai yang bersih tersebar luas di jaringan internet. Satu per satu pengunjung datang

Sungai Cidomas sendiri mengalir ke Sungai Cilamaya dan berakhir di Laut Jawa. Di desa ini, warga sendiri yang membentuk bantaran sungai agar lebih bersih.

Saung dibangun di tepi sungai. Air sungainya jernih. Menurut warga sekitar, aliran airnya bahkan bisa membiru di waktu-waktu tertentu. Warga menyebutnya Wana Wisata Cidomas, Sungai Biru.***

Source: purwasuka.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button