Disarpus Sragen ikut pameran arsip virtual melawan lupa, ini linknya – Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Disarpus Sragen ikut pameran arsip virtual melawan lupa, ini linknya – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Tangkapan layar pameran arsip virtual bertajuk Arsip Anti Lupa di arpusda.jatengprov.go.id.

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Sragen mengikuti pameran arsip virtual pada 1-20 September 2022. Pameran bertajuk Archives Against Forgetting ini dapat diakses melalui website https://arpusda.jatengprov.go.id/.

Dalam pameran virtual tersebut, Disarpus Kabupaten Sragen mengusung tema Sragen Tempo Doeloe dan Sragen Today.

Promo Dukung BUMN Binaan UMKM Go Online, Tokopedia Registrasi 2.000 NIB

“Sebagai bagian dari Sragen Tempo, Doeloe dari waktu ke waktu memposting foto Bupati Sragen, Gua Tersembunyi Pangeran Mangkubumi, Pabrik Gula (PG) lama Mojo, pemegang saham pertama PG Mojo, Stasiun Sragen dan Jl. Raya Sukowati dulu dan masih banyak lagi,” jelas salah satu staf Disarpus Kabupaten Sragen, Wahyu Nugroho Wicaksono. Solopos.com Rabu (7/9/2022).

Untuk pemerintahan Sragen saat ini diperlihatkan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sragen, pembangunan Gunung Kemukus, Kantor Kecamatan, Puskesmas dan objek wisata Bayanan.

Kemudian ada juga foto Alun-Alun Kabupaten Sragen, gedung kantor Bupati Sragen, gedung kantor Wakil Bupati dan Stasiun Sragen saat ini.

Baca Juga: Disarpus Karanganyar Tetap Bebaskan Nobar untuk Siswa SMP dan SMA

Pameran ini diselenggarakan oleh Disarpus Provinsi Jawa Tengah dan melibatkan Arsip Nasional Indonesia (ANRI) dan seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah. Acara ini bersifat umum dan tidak dipungut biaya.

Di situs resmi Selain pameran arsip Jawa Tengah masa lalu, masa keemasan dan masa depan, juga ada webinar, bengkelKompetisi, pemutaran film, tur arsip, dan podcast arsip.

Untuk mengikuti pameran, Anda bisa mengaksesnya melalui website resmi Disarpus Jawa Tengah kemudian klik brosur yang otomatis akan muncul di halaman pertama. Selanjutnya pengunjung diinstruksikan untuk mengisi buku tamu dengan menggunakan Google form yang telah disediakan.

Pengunjung harus memasukkan nama, provinsi dan negara asal di buku tamu. Setelah mengisi buku tamu dan mengklik sKirim, akan muncul halaman yang mengarah ke pameran. Kemudian ketika kursor mouse digeser ke bawah maka akan muncul logo masing-masing kabupaten/kota, selanjutnya pengunjung dapat memilih dengan bebas.

Baca juga: Guru SMP di Sragen Ini Manfaatkan Barang Bekas Untuk Taman Bacaan

Halaman pameran menjelaskan bahwa pameran arsip dan perpustakaan, yang diadakan secara langsung dan konvensional pada tahun-tahun sebelumnya, memakan biaya besar dan harus dipusatkan di satu tempat. Tahun ini akan menjadi virtual.

Berikut jadwal acara pendukung Pameran Arsip Virtual September 2022:

  • 1 September pukul 09.00 WIB Pembukaan Pameran Arsip Virtual 2022 oleh Kepala Provinsi Jawa Tengah, Disarpus.
  • 5 September pukul 09:00 WIB, pemutaran film dokumenter “Sejarah Transmigrasi & Kopi di Jawa Tengah”, oleh Disarpus Provinsi Jawa Tengah.
  • 6 September pukul 09:00 WIB, Webinar Nasional “Berbagi Pengalaman Tentang Memori Kolektif Bangsa”, oleh Disarpus Provinsi Jawa Tengah.
  • 7 September pukul 09:00 WIB, Webinar “Pentingnya Arsip Keluarga dan Masyarakat di Era Digital”, oleh Disarpus Kota Semarang
  • 8 September 10:00 WIB, Webinar Pengelolaan Kearsipan Dalam Mendukung Pelaksanaan Pengawasan Kearsipan, oleh Disarpus Provinsi Jawa Tengah.
  • 9 September pukul 09:00 WIB, Webinar Nasional Layanan Arsip Saat Ini, oleh ANRI.
  • 9 September pukul 14.00 WIB, Podcast NGGOSIP (Bicara Kearsipan) tentang Pengelolaan Arsip Militer di Batalyon 406 Candra Kusuma Purbalingga, oleh Disarpus Purbalingga.
  • 12 September pukul 09:00 WIB, Podcast Optimalisasi Peran LKD dalam Pengabdian kepada Masyarakat Melalui Penyusunan Naskah dari Sumber Arsip, oleh Disarpus Magelang.
  • 13 September pukul 9.00 WIB, Podcast Mengelola Arsip di Era Milenial, oleh Disarpus Provinsi Jawa Tengah.
  • 14 September pukul 09:00 WIB, Barista Podcast (Membahas Arsip Kita) tentang membangun arsip di daerah bukanlah pilihan melainkan keharusan, oleh Disarpus Grobogan.
  • 15 September pukul 10.00 WIB, Workshop “Pemulihan Arsip Penting Masyarakat Jawa Tengah (Ranting Mas)”, oleh Disarpus Provinsi Jawa Tengah.
  • 16 September 08:00 WIB, Webinar Penilaian Kinerja Kearsipan Jawa Tengah, oleh Perhimpunan Kearsipan Indonesia Wilayah Jawa Tengah.
  • 19 September pukul 09:00 WIB, Wisata Arsip, melalui Disarpus Provinsi Jawa Tengah.
  • 20 September pukul 10.00 WIB, Closing Ceremony Pameran Virtual 2022, oleh Disarpus Provinsi Jawa Tengah.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button