Pulau Pasaran, pusat pengolahan ikan asin terbesar di Lampung - WisataHits
wisatahits

Pulau Pasaran, pusat pengolahan ikan asin terbesar di Lampung

Pulau Pasaran, pusat pengolahan ikan asin terbesar di Lampung
Biaya kunjungan: Mulai dari Rp3.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kota Karang, Kec. Teluk Betung Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung; Kasus: Verifikasi lokasi

Lampung merupakan tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi saat liburan. Di Lampung, Anda akan menemukan Pulau Pasaran yang indah dan menarik. Apalagi buat kamu yang suka menjelajah alam dan mengunjungi tempat wisata anti mainstream.

Tempat ini merupakan destinasi wisata baru di Lampung, mungkin bisa menjadi tempat yang tepat untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk kota. Pulau ini juga merupakan sentra pembuatan ikan teri dan ikan asin yang terkenal di daerah Lampung.

Anda yang ingin ke sana sebaiknya mempelajari lebih dalam tempat wisata baru berikut ini. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengunjunginya tanpa perlu khawatir tersesat atau nyasar dengan tempat-tempat menarik yang tersedia.

Daya Tarik Pulau Pasaran

Atraksi Pulau PasaranKredit Gambar: Google Maps bocalali omah

1. Wisata pantai

Bagi Anda yang menyukai wisata pantai, apalagi yang belum ramai dikunjungi wisatawan, maka destinasi wisata baru ini cocok untuk Anda. Dekat dengan pantai, Anda bisa sekaligus menikmati indahnya pantai dan segarnya udara laut.

Karena berada di kawasan pesisir, Anda bisa menemukan berbagai spot foto menarik di Pulau Pasaran. Anda juga bisa bermain di pantai, berenang di tepian atau sekedar duduk santai menikmati deburan ombak di pantai.

2. Lihat kegiatan masyarakat

Karena pengunjung yang masih sedikit, masyarakat masih bisa melakukan aktivitasnya. Jika Anda datang pada pagi hari, Anda bisa melihat para nelayan yang pulang dari melaut dengan membawa ikan segar.

Di dekat pantai juga terdapat pasar tradisional yang menjual ikan dan makanan laut.Jika ingin mencicipi makanan laut segar di sekitar pulau ini, jangan ragu untuk mampir dan tawar-menawar dengan penduduk yang tinggal di sana.

3. Sentra ikan teri dan ikan asin

Atraksi di Pulau PasaranKredit gambar: Hanya Google Maps Ozi

Pulau Pasaran terkenal sebagai sentra ikan asin dan ikan teri di Lampung. Tak heran jika banyak pedagang yang menjajakan dua cagar alam khas pesisir ini.

Menariknya, harga ikan teri dan ikan asin di sana cukup terjangkau, sehingga bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh. Selain dibawa pulang, Anda bisa melihat sendiri bagaimana produksi sentra produksi ikan teri dan asin terbesar di Lampung ini.

4. Kesederhanaan masyarakat

Meski menjadi tempat wisata, masyarakat pulau cantik ini tetap bisa beraktivitas seperti biasa tanpa ada gangguan. Kesederhanaan adalah hal yang lumrah dalam masyarakat, mereka tidak membutuhkan banyak harta untuk hidup.

Kesederhanaan ini terdapat pada rumah-rumah dan model pakaian yang digunakan masyarakat. Semuanya masih tradisional dan tanpa ekses, tak jarang banyak fotografer yang singgah di Pulau Pasaran hanya untuk mengabadikan kesederhanaan penduduknya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau PasarKredit Gambar: Google Maps Ranti Pupload

Pulau ini terletak di tengah lautan, sehingga untuk mengaksesnya dibutuhkan kendaraan laut seperti perahu motor atau perahu tradisional. Namun jangan khawatir, jaraknya tidak terlalu jauh, hanya 200 meter dari dataran utama kota Lampung. Anda dapat pergi ke dan dari pulau dalam waktu singkat.

Jika Anda datang dari Lampung atau Bandar Lampung, Anda hanya membutuhkan waktu singkat untuk mencapai Pulau Pasaran. Jaraknya hanya 6 km dari pusat kota. Untuk mencapai kawasan pantai, Anda bisa menggunakan kendaraan darat pribadi agar mudah diakses.

Dari Bandar Lampung menuju pulau cantik ini tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 20-30 menit berkendara menuju lokasi. Ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju pulau ini, yaitu:

  • Dari Tugu Adipura, Anda berjalan menuju Jln. Diponegoro, dari sana berjalan menuju Jln. Sultan Hasanuddin.
  • Begitu sampai di sana, Anda bisa menuju Pasar Kangkung dan langsung berjalan menuju Jln. Laksamana Malahayati.
  • Dari Jln belok Malahayati ke Jln. Lalu Ikan, ada jembatan menuju Jln Teluk Bone.

Selain melalui jalur di atas, Anda juga bisa melalui Jln. Teluk Ratai setelah melewati Jln. Ikan berikutnya. Anda bisa meminta penduduk setempat untuk menemukan tempat wisata ini. Karena jalan tersebut masih belum memiliki palang dan rute yang jelas untuk dikunjungi.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke pulauKredit Gambar: Google Maps bocalali omah

Untuk menuju Pulau Pasaran, Anda cukup membayar HTM sebesar Rp 3.000 per orang. Tidak ada perbedaan harga untuk anak-anak atau dewasa, semuanya memiliki tarif yang sama.

Harga tersebut sudah termasuk berkendara dengan menggunakan perahu yang disediakan oleh masyarakat setempat. Ini adalah cara termudah untuk sampai ke pulau tanpa harus menyewa kendaraan lain.

Anda bisa mengakses pulau ini secara gratis jika menggunakan kendaraan bermotor atau roda dua. Ada jembatan kecil yang memungkinkan akses langsung ke pulau itu, gratis. Bagi Anda yang ingin menghemat anggaran, cara ini lebih direkomendasikan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Pasaran

Aktivitas seru di Pulau PasaranKredit gambar: Google Maps Zahra Ibra

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di pulau indah ini, di antaranya sebagai berikut.

1. Menikmati matahari terbenam

Sunset akan menjadi indah jika Anda menyaksikannya di Pulau Pasaran atau di pesisir pantai. Tempat lain yang menawarkan pemandangan sunset yang indah adalah di jembatan penghubung pulau ini.

Di sana Anda bisa langsung menyaksikan laut lepas sekaligus matahari terbenam tanpa ada halangan. Cuaca cenderung sejuk menjelang matahari terbenam, jadi pastikan untuk membawa pakaian yang berat.

2. Menikmati matahari terbit

Tidak hanya matahari terbenam, jika Anda datang ke pulau ini pada pagi hari, Anda bisa melihat matahari terbit yang sangat indah. Untuk mendapatkan spot foto yang indah untuk fenomena alam ini, ada beberapa spot yang direkomendasikan.

Yang pertama ada di pesisir pulau ini, selain itu bisa juga di bukit kecil yang ada di tengah pulau. Rekomendasi spot lain yang bisa menjadi spot menarik untuk melihat matahari terbit adalah di Jembatan Penyeberangan Antar Pulau.

3. Beli ikan teri dan ikan asin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pulau Pasaran merupakan sentra pembuatan ikan asin dan teri yang terkenal di Lampung. Maka jangan heran jika banyak toko yang menjual ikan asin sebagai oleh-oleh.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berburu ikan asin dan ikan teri dengan harga terjangkau. Anda bisa memakan ikannya sendiri atau membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk teman dan keluarga.

4. Nikmati pemandangannya

Aktivitas seru di Pulau PasaranKredit gambar: Google Maps Meliani Malik

Bentang alam pulau ini selalu indah, oleh karena itu banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi pulau dekat Lampung ini. Pemandangan yang bisa Anda temukan di pulau ini adalah pemandangan pantai dan penduduk setempat yang sedang beraktivitas.

Ada berbagai tempat bersantai yang menarik, misalnya di pinggir pantai, bisa juga di warung-warung kecil yang disediakan masyarakat. Tidak hanya menikmati keramahan penduduk setempat, Anda juga bisa menikmati makanan lokal yang mereka jual.

5. Bermain di pantai

Sama halnya dengan wisata pantai, Anda bisa bermain di pantai bersama teman dan keluarga. Jangan khawatir, ombak di dekat Pulau Pasaran tidak terlalu besar, sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai tempat bermain anak dengan aman.

Namun saat bermain, waspadai ombak besar atau tersapu arus laut. Sebagian besar penduduknya adalah nelayan dan sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, kemungkinan besar tidak ada lifeguard yang akan membantu Anda jika mengalami kesulitan di sana.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau PasarKredit Gambar: Google Maps bocalali omah

Sebagai tempat wisata baru, fasilitas Pulau Pasaran terbilang cukup lengkap. Anda bisa menemukan tempat ibadah bagi wisatawan muslim yang ingin beribadah. Masjid ini mudah diakses dan menawarkan ruang yang cukup untuk beristirahat.

Di dalam masjid, Anda juga bisa menemukan kamar mandi yang mudah dijangkau wisatawan. Untuk menemukan fasilitas ini, Anda bisa bertanya langsung kepada masyarakat setempat, karena mungkin tidak ada pembatas yang menunjukkan keberadaan masjid tersebut. Fasilitas lain yang bisa Anda temukan di pulau ini adalah:

  • tempat-tempat untuk makan – Ada berbagai warung makan lokal yang menjual hidangan lokal dengan cita rasa lokal. Anda bisa berpesta nikmatnya seafood segar yang dimasak langsung oleh masyarakat setempat.
  • Akomodasi – Untuk tempat menginap, Anda mungkin kesulitan menemukannya di Pulau Pasaran. Jika ingin bermalam, disarankan untuk menginap di kota untuk akses yang lebih mudah. Harga akomodasi juga bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.
  • Transportasi mudah – Jangan khawatir tentang transportasi, Anda dapat meminta bantuan penduduk setempat jika Anda ingin kembali ke kota. Ada banyak pilihan sewa perahu yang bisa Anda gunakan. Selain itu, harga berkendara antar pulau cukup terjangkau.

Demikian penjelasan lengkap wisata dari Pulau Pasaran hingga Bandar Lampung. Liburan akhir pekan bisa Anda habiskan di sini untuk menikmati keindahan pesona alamnya. Anda bisa datang bersama keluarga, teman atau melakukan kunjungan mandiri untuk bersantai.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button