Istana Gebang, Penemuan Kediaman Presiden Soekarno di Kota Blitar - WisataHits
wisatahits

Istana Gebang, Penemuan Kediaman Presiden Soekarno di Kota Blitar

Harga tiket: Rp2.000, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Sultan Agung No.59, Sananwetan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Traveling merupakan kegiatan favorit bagi semua orang karena dapat menghilangkan kepenatan dari kesibukan sehari-hari. Namun, Anda akan mendapatkan liburan yang jauh lebih memuaskan ketika Anda mengunjungi beberapa tempat yang berhubungan dengan sejarah Indonesia, seperti Istana Gebang di Kota Blitar. Sebelumnya, gedung tersebut merupakan kediaman Presiden Soekarno.

Anda bahkan bisa mengunjungi tempat ini dengan berziarah ke makam Ir. Soekarno yang tidak jauh dari gedung tersebut. Sepintas, rumah ini terlihat biasa saja. Namun, beberapa elemen menjadi saksi bisu sejarah negeri ini. Saat Anda berjalan di sekitar rumah, Anda dapat mengetahui kegiatan apa yang dilakukan seorang pahlawan selama hidupnya.

Istana Gebang ini terlihat seperti rumah tua tanpa ada perubahan, sehingga nilai sejarahnya masih bisa dilihat hingga saat ini. Di bagian depan rumah terdapat patung Presiden Soekarno berdiri dengan gagah menghadap ke langit. Di dalam patung tersebut terdapat sebuah tugu yang berisi prasasti bahwa Soekarno mencintai rakyatnya lebih dari dirinya sendiri.

Atraksi Istana Gebang

Atraksi Istana GebangKredit Gambar: Instagram Eko Buddy

1. Desain rumah khas Belanda

Sejak awal, Istana Gebang dibangun dengan desain yang unik seperti bentuk rumah pada masa penjajahan Belanda. Sudut-sudut ruangan tertentu memiliki sentuhan aksen Belanda yang sangat khas. Pasalnya, rumah ini dibangun langsung oleh seorang warga negara Belanda bernama CH. Porter yang merupakan karyawan perusahaan kereta api.

Suasana khas Belanda ini akan terasa saat Anda memasuki setiap ruangan rumah. Uniknya, ada banyak furnitur yang tidak rusak di beberapa ruangan. Bahkan kursi kayu di ruang tamu tidak rusak sama sekali.

Anda akan semakin terkesima saat melihat kamar-kamar Presiden Soekarno yang sangat bersih dan rapi. Kamar tidur ini memiliki desain yang khas karena selalu ditempati olehnya. Kasur berbalut seprai putih dan tudung tipis menjadi daya tarik wisatawan untuk mengabadikannya dalam foto.

2. Ada barang antik

Selain ruang tamu atau ruang utama, ada kamar lain milik orang tua Ir. Soekarno yang masih mengharumkan pengunjungnya. Jadi, meski rumah ini sudah tua, Anda akan tetap merasa nyaman berkat wewangian yang dikeluarkannya.

Bahkan di kamar tidur orang tuanya, ada banyak barang antik seperti kacamata tinggi yang menempel di dinding. Anda akan menemukan lebih banyak furnitur antik saat memasuki ruang makan dan area dapur. Ada sepeda, lemari dan pemanggang roti kuno yang sangat terawat dengan baik.

Melihat semua perabotannya, seperti kembali ke era kolonial melalui dimensi waktu. Memang, meja makan di dapur sangat rapi dan terawat.

3. Halaman belakang istana yang bersejarah

Daya tarik lain dari Istana Gebang adalah memiliki nilai sejarah yang dapat dilihat di beberapa ruangan di bagian belakang. Terdapat pendopo, istal, ruangan khusus pembantu dan lumbung padi yang sangat estetis. Anda bisa melihat garasi berisi Ir. Sukarno yang sering menggunakannya semasa hidupnya.

Rumah bernilai sejarah ini juga semakin populer dan membuat wisatawan dari berbagai daerah ingin mengunjunginya. Anda bisa memotret semua ruangan di dalam rumah. Setiap tahun, istana ini ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat acara-acara khusus.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat instan GebangKredit Gambar: Instagram Eko Buddy

Lokasi Keraton Gebang berada di Jalan Sultan Agung No. 59, Desa Sananwetan. Alamatnya adalah sebuah wilayah di Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur. Jarak rumah dengan rumah makan Ir. Soekarno cukup dekat sehingga banyak wisatawan yang menggunakan becak untuk menuju kedua tempat tersebut.

Jika Anda datang dari pusat Kota Blitar, mulai kendaraan menuju Jalan Lawu. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju Alun-alun Kota Blitar yang berada di Jalan Semeru. Begitu sampai di Alun-alun, naik mobil kembali ke Jalan Cokroaminoto dan Jalan Ahmad Yani. Kemudian belok mobil ke Jalan Diponegoro lalu ke Jalan Sultan Agung.

Perjalanan dari pusat kota menuju Istana Gebang Blitar sendiri hanya memakan waktu sekitar 10 menit dengan jarak tempuh 2,2 kilometer. Bahkan, Anda bisa berjalan kaki ke istana selama sekitar setengah jam. Setelah mengunjungi keraton, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik becak selama 15 menit menuju Makam Ir. Soekarno yang berada di Bendogerit.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Istana GebangKredit Gambar: Instagram Eko Buddy

Untuk masuk ke Istana Gebang, biayanya sekitar 2.000 rupee. Biayanya sangat murah karena Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan sejarah selama kunjungan Anda. Ada juga biaya parkir untuk sepeda motor dan mobil, yaitu 2.000 hingga 5.000 rupee. Harga tiket masuk yang murah memudahkan para pelajar untuk mengunjungi keraton.

Anda bisa leluasa mengunjungi gedung ini yang akan buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Kebanyakan wisatawan biasanya hanya berkunjung selama beberapa jam dan kemudian melanjutkan perjalanan ke makam Presiden Soekarno. Tempat ini terbuka lebar bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang kehidupan pemimpin suatu bangsa.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Istana Gebang

Kegiatan Menarik Istana GebangKredit Gambar: Google Maps E Hartono

1. Pelajari sejarah

Kegiatan yang menarik saat berkunjung ke Istana Gebang adalah mengikuti wisata edukasi dengan mempelajari sejarah. Anda akan memperoleh pengetahuan sejarah yang erat kaitannya dengan kemerdekaan Indonesia. Anda bisa melihat kehidupan seorang pemimpin bangsa yang sederhana, namun memiliki keberanian yang luar biasa.

Anda tidak akan mempelajarinya sendiri, melainkan akan dipandu langsung oleh penjaga istana. Sang juru kunci akan memandu Anda sambil menjelaskan segala sesuatu tentang Ir.Soekarno, penguasa pertama Indonesia. Anda akan mendapatkan penjelasan tentang barang-barang favorit milik keluarga Ir. Soekarno.

Kemudian Anda akan diantar ke bagian belakang yang dipenuhi pepohonan hijau dengan suasana yang asri. Semua ruangan di dalam rumah memiliki nilai sejarah yang harus diketahui masyarakat. Oleh karena itu, membuat wisata edukasi ke tempat ini sangat penting dan bermanfaat ketika anda sedang berlibur di Kota Blitar.

2. Ambil foto estetis

Aktivitas yang wajib Anda lakukan saat berkunjung ke istana ini adalah berfoto-foto. Karena ini adalah tempat formal, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemotretan formal atau pemotretan ruangan di dalam. Banyak rombongan pelajar yang sering mengikuti wisata edukasi dan sejarah keraton.

Aktivitas foto ini biasanya dilakukan setelah Anda selesai berjalan melewati istana. Namun, kebanyakan wisatawan hanya memotret lukisan, furnitur, tempat tidur, di Ir. Sukarno. Melakukan pemotretan di dalam istana ini akan terlihat estetis dan sempurna. Bahkan, foto-foto tersebut memperlihatkan Anda seolah-olah masih dalam suasana kolonialisme.

3. Menyaksikan Kelahiran Presiden Soekarno

Selain berfoto atau menimba ilmu, Anda juga bisa mengikuti acara yang rutin diadakan di Istana Gebang, Blitar. Acara ini diselenggarakan oleh pemerintah daerah pada bulan Juni, tepatnya pada hari ulang tahun Ir. Soekarno. Pada saat ini, kunjungan wisatawan akan jauh lebih banyak dari hari-hari biasanya.

Rumah Ir. Soekarno tidak bisa menampung wisatawan yang jumlahnya mencapai ratusan orang. Tak hanya warga lokal atau pengunjung dari luar daerah, bahkan turis asing pun turut hadir dalam acara tersebut. Masyarakat sangat tertarik dengan gaya hidup pemimpin pertama di Indonesia yang sangat populer di mata dunia.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Istana Gebang BlitarKredit Gambar: Google Maps Siswanto kak

Istana Gebang memiliki beberapa fasilitas seperti penyediaan toilet umum gratis yang terletak di sekitar rumah. Kamar mandi tetap terjaga dan bersih sehingga nyaman saat digunakan pengunjung. Di depan keraton juga terdapat beberapa warung yang menjual aneka jajanan, sehingga Anda tidak perlu membawa makanan saat berkunjung.

Ada juga spot foto favorit pengunjung, yaitu patung Ir. Soekarno yang berada di depan istana. Pengunjung biasanya akan mengambil foto resmi sambil berdiri di depan patung Ir. Soekarno. Patung ini sengaja dibangun untuk menunjukkan bahwa rumah di belakangnya memiliki hubungan dekat dengan Sang Proklamator.

Bagi Anda yang berasal dari luar Kota Blitar, terdapat hostel di sekitar keraton untuk bermalam di sana. Anda juga tidak perlu bersusah payah mencari hotel saat ke sana. Harga akomodasi sangat terjangkau, sehingga Anda tidak akan menghabiskan banyak uang. Selain itu, lokasinya cukup strategis karena dekat dengan alun-alun dan pusat Kota Blitar.

Berikut adalah beberapa informasi tentang Istana Gebang yang merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Blitar, Jawa Timur. Dengan biaya yang murah anda bisa menikmati kunjungan yang menyenangkan dan sangat bermanfaat untuk memperdalam pengetahuan anda tentang sejarah negeri ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button