Pulau Nusa Barong Jember - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Nusa Barong Jember – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 1.500.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Puger Wetan, Kec. Puger, Kab. Jember, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Liburan panjang akan lebih berharga jika dihabiskan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Selain bertujuan untuk menghilangkan penat, bersantai juga memberikan pengalaman baru bagi Anda. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena di Indonesia sendiri banyak sekali tempat yang bisa dijadikan tujuan liburan, termasuk pulau Nusa Barong Jember. Penasaran dengan keindahan pulau kecil ini? Yuk simak ulasan berikut ini.

Tempat Wisata Pulau Nusa Barong Jember

Tempat Wisata Pulau Nusa Barong JemberKredit gambar: Google Maps Oni Suganda

Pulau Nusa Barong Jember merupakan salah satu pulau kecil yang tidak berpenghuni. Namun, meski jauh dari keramaian, tempat ini sebenarnya memiliki daya tarik yang tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya. Salah satunya adalah keindahan alamnya yang eksotis dan memanjakan mata. Karena pesona Pulau Nusa Barong Jember, banyak yang menyamakannya dengan Pulau Phi Phi di Thailand. Bagi Anda yang menonton film The Beach (2000) pasti sudah tidak asing lagi dengan Phi Phi Island.

Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi pulau seluas 6.100 hektar ini. Ada tiga formasi hutan yang terdiri dari hutan pantai, hutan mangrove dan hutan dataran rendah. Maka tak heran jika di pulau ini banyak terdapat flora dan fauna, mulai dari lutung, penyu, ayam hutan, rusa hingga monyet. Menyaksikan keanekaragaman flora dan fauna di sini pasti akan membuat liburan semakin seru dan menyenangkan.

Tidak hanya itu, keanekaragaman hewan dan tumbuhan di Pulau Nusa Barong Jember juga memberikan pengetahuan baru tentang keanekaragaman hayati di Indonesia. Sebagai rumah bagi berbagai satwa langka, pulau ini ditetapkan sebagai cagar alam dan merupakan bagian dari kawasan konservasi di bawah naungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur, KSDA Wilayah III Divisi Jember.

Alamat dan Rute Menuju Pulau Nusa Barong

Alamat Pulau Nusa Barong JemberKredit gambar: Google Maps Oni Suganda

Nusa Barong Jember merupakan bagian dari wilayah selatan kota Jember dan berjarak sekitar 4,5 kilometer dari pusat kota. Ada dua jalur untuk menuju tempat wisata ini, yaitu melalui Tanjung Papuma atau Pelabuhan Puger. Namun, sebagian besar wisatawan lebih memilih melalui Puger karena dianggap lebih mudah. Jika Anda bepergian dari Kota Jember, Anda bisa langsung menuju Desa Puger Wetan di Kecamatan Puger, Jawa Timur.

Setelah sampai di Pelabuhan Puger, Anda akan menemukan banyak nelayan yang menyewa perahu di Pulau Nusa Barong Jember. Untuk menuju pulau ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit mengingat lokasi Nusa Barong yang berada di tengah laut. Biaya sewa perahu sendiri dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,5 juta yang bisa untuk 10 orang, yang berlaku untuk keberangkatan dan penjemputan dari pulau ini.

Oleh karena itu, untuk menghemat biaya perjalanan, sebaiknya Anda pergi berlibur bersama dengan mengajak teman dan kerabat Anda. Perjalanan dari Pelabuhan Puger ke Pulau Nusa Barong memakan waktu kurang lebih 1,5 jam. Namun jika ombaknya lebih besar, waktu tempuhnya bisa lebih lama lagi dan bisa mencapai 3 jam. Nelayan sudah sering ke Nusa Barong, jadi mereka akan membawa Anda ke tempat-tempat yang sering dikunjungi wisatawan.

Biaya Perjalanan ke Pulau Nusa Barong

Biaya Tour Pulau Nusa Barong JemberKredit gambar: Google Maps Oni Suganda

Mungkin perjalanan itu sendiri membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun pada kenyataannya wisatawan yang berkunjung ke pulau ini tidak dipungut biaya atau gratis sama sekali. Inilah salah satu keuntungan berlibur di Nusa Barong. Apalagi tempat wisata ini juga buka sepanjang waktu. Yang berarti Anda dapat mengunjunginya kapan pun Anda mau.

Namun, agar tidak kesiangan di tempat wisata ini, sebaiknya berangkat pagi-pagi sekali. Pasalnya, semakin lama siang, tentu pulau ini akan semakin hangat. Selain itu, Anda juga harus menjaga lingkungan. Anda tidak boleh membuang sampah sehingga dapat mencemari lingkungan sekitar. Selain itu, kawasan ini masih cukup asri dan masih terjaga keasliannya.

Aktivitas menarik di pulau nusa barong

Aktivitas Pulau Jember Nusa BarongKredit gambar: Google Maps Oni Suganda

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pulau Nusa Barong. Menikmati keindahan deburan ombak laut yang biru dengan hamparan pasir yang indah akan membuat pikiran anda lebih segar. Apalagi hijaunya hutan bakau berpadu dengan dataran rendah menjadi pemandangan utama saat Anda berkunjung ke tempat wisata ini. Berbagai lokasi keren akan memudahkan Anda yang ingin berburu foto kekinian saat berlibur.

Selain dekorasi alam, hewan-hewan di dalamnya pun bisa menjadi objek yang tak kalah unik. Namun, Anda harus berhati-hati saat memotret hewan-hewan di pulau ini. Mengingat hewan yang ada, termasuk hewan liar, sehingga bisa tiba-tiba menyerang Anda. Setelah memanjakan mata dengan pemandangan alam yang indah, Anda bisa melanjutkan berenang di pantai terdekat. Berenang merupakan aktivitas yang wajib dilakukan wisatawan di Nusa Barong.

Tidak hanya berenang, Anda juga bisa snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut. Nelayan lokal akan membawa Anda ke tempat yang tepat untuk snorkeling. Puas dengan snorkeling, Anda bisa melanjutkan aktivitas dengan memancing. Menemani pemancing mencari ikan di tengah laut pasti bisa memberikan pengalaman liburan yang lebih seru. Ada banyak ikan yang bisa ditemukan, mulai dari kakap merah hingga kerapu.

Akomodasi di Pulau Nusa Barong

Akomodasi Pulau Nusa Barong JemberKredit gambar: Google Maps Lukamn Hakim

Karena disebut sebagai pulau yang belum terjamah manusia, tak heran jika tempat wisata ini masih belum menyediakan fasilitas yang lebih lengkap bagi wisatawan. Wisatawan yang ingin menginap di tempat ini biasanya akan mendirikan tenda. Namun, bahkan untuk berkemah Anda perlu membawa tenda sendiri, jadi pastikan Anda membawa perlengkapan tenda lengkap dan beberapa perlengkapan yang diperlukan seperti korek api dan pisau.

Selain itu, perlu juga memilih tempat perkemahan yang jauh dari bibir pantai untuk mengantisipasi pasang surut air laut pada malam hari. Dan yang terpenting, Anda juga harus membawa air bersih yang cukup untuk diminum. Karena tempatnya yang selalu asri, camping di pulau ini akan memberikan sensasi menginap yang berbeda. Berkemah di pulau ini akan membuat Anda berkemah seperti di alam.

Namun, jika Anda tidak ingin merasa ingin berkemah di pulau ini, Anda juga bisa menginap di beberapa hotel di dekat Pulau Nusa Barong. Salah satunya adalah Foresta Resort Papuma yang terletak di Desa Lojejer. Fasilitas di hostel ini juga cukup memadai dengan suasana yang cukup sejuk. Selain itu, Anda juga dapat menemukan hotel lain di dekatnya.

Fasilitas di Pulau Nusa Barong

Fasilitas Jember dari Pulau Nusa BarongKredit gambar: Google Maps Oni Suganda

Alam yang masih asri di pulau Nusa Barong tidak lepas dari minimnya aktivitas masyarakat di pulau ini. Maka jangan heran jika anda berkunjung ke pulau tak berpenghuni ini, anda akan kesulitan mencari fasilitas penunjang. Apalagi pulau ini belum dikembangkan untuk tujuan wisata. Mungkin ada keterbatasan fasilitas yang diimprovisasi oleh pengunjung pulau ini. Namun, pesona keindahan pulau inilah yang membuatnya sering dikunjungi para petualang.

Selain itu, akses yang cukup sulit juga menjadi salah satu kendala bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya. Maka tak heran jika sangat cocok bagi Anda yang suka menjelajah alam. Dikarenakan terbatasnya sarana dan prasarana tempat wisata ini, sebaiknya anda mempersiapkan perbekalan yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan anda selama berlibur di tempat wisata ini, apalagi jika anda memang ingin berkemah.

Jika melihat keadaan pulau ini, Nusa Barong tidak cocok untuk wisatawan yang menginginkan fasilitas mewah dan lengkap. Meski demikian, pulau ini cukup cocok dijadikan tempat wisata bersama keluarga atau teman. Mengelilingi pulau dan melakukan aktivitas menarik lainnya bisa menjadi cara untuk menjalin bonding dengan orang-orang terdekat Anda.

Berkunjung ke Pulau Jember memang sangat cocok bagi Anda yang ingin menjelajahi pulau kecil namun terpencil. Anda dapat menghabiskan liburan Anda dengan memancing, berenang, berburu foto atau snorkeling. Namun perlu diketahui bahwa pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola. Biasanya saat musim hujan, pengunjung tidak diperbolehkan datang ke pulau ini karena anginnya cukup kencang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button