Pulau Ndaa, pulau cantik dan spot favorit para penyelam di Wakatobi - WisataHits
wisatahits

Pulau Ndaa, pulau cantik dan spot favorit para penyelam di Wakatobi

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 850.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Ndaa, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara; Kasus: Cek lokasi

Saat berada di Sulawesi Tenggara, pastikan untuk mampir ke Pulau Ndaa yang terletak di Wakatobi. Letak pulau ini tidak terlalu jauh dari Pulau Tomia, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Jadi, Anda bisa menggunakan transportasi laut atau udara untuk menuju ke sana.

Pulau ini memang sangat terkenal dengan eksotismenya yang tidak bisa dibandingkan dengan pulau-pulau lain di sana. Bahkan keindahan alam pulau ini menyerupai keindahan alam pantai-pantai di kawasan Karibia. Ukuran pulau ini lebih kecil dibandingkan pulau-pulau lain di wilayah perairan.

Namun, meskipun pulau ini merupakan pulau terkecil, Pulau Ndaa memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya. Tidak hanya keindahan di darat saja, namun keindahan bawah lautnya tidak kalah indahnya. Bahkan bagi penyuka snorkeling, pulau ini dijuluki sebagai surganya snorkeling.

Atraksi Pulau Ndaa

Aktivitas Pulau NdaaKredit gambar: Google Maps domenico troian

Sangat cocok jika Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi Pulau Ndaa. Banyak sekali keindahan alam yang tentunya jarang ditemukan di daerah lain. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa daya tariknya:

1. Pemandangan pulau yang indah

Disini kita akan menemukan keindahan alam yang sangat indah. Air lautnya berwarna biru jernih sehingga Anda bisa melihat dasarnya. Turun ke keindahan pasir putih yang terbentang luas, ditambah beberapa pohon yang menambah kesejukan pantai. Keindahannya memukau semua orang yang menemukan diri mereka di sana.

2. Keindahan Bawah Laut

Tidak hanya di daratannya yang indah, interior laut Pulau Ndaa juga indah. Karena ada berbagai jenis spesies laut yang bisa memanjakan mata kita. Dengan demikian, kita bisa menyelam atau berenang sambil menikmati pemandangan alam laut.

Dari ikan kecil berwarna-warni, terumbu karang, penyu hingga biota laut lainnya seperti scorpion fish dan masih banyak lagi. Karena itu, jika Anda berencana ke sana, jangan lupa membawa kamera bawah air agar bisa mengabadikan keindahan alam laut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau NdaaKredit gambar: Google Maps domenico troian

Pulau Ndaa masih dalam kawasan Taman Nasional Wakatobi. Letaknya tidak jauh dari pulau Tomia. Akses menuju lokasi juga bisa dibilang cukup mudah, bagi wisatawan yang datang dari ibu kota Jakarta bisa langsung menggunakan penerbangan ke Bau-Bau atau ke Pulau Wakatobi di Sulawesi Tenggara.

Sesampainya di Bau-Bau, perjalanan bisa dilanjutkan langsung menuju Pulau Tomia tentunya melalui jalur laut. Setelah sampai di Pulau Tomia, perjalanan dilanjutkan dengan speedboat menuju Pulau Ndaa. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana hanya sekitar 1 jam, terkadang lebih atau kurang tergantung kondisi cuaca.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau NdaaKredit gambar: Twitter radio suara

Untuk biaya transportasi menuju kawasan Pulau Ndaa, kita perlu menyiapkan budget biaya yang paling murah sekitar Rp 850.000 sampai dengan Rp kelas transportasi yang dipilih.

Adapun jika kita pergi ke sana dengan pesawat, anggaran yang harus kita keluarkan adalah sekitar Rp 2.500.000,- hingga Rp 3.500.000,-.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pulau Ndaa Pulau

Aktivitas di Pulau Ndaa PulauKredit gambar: Instagram La Ode Ahmad Mardin

1. Snorkeling dan Menyelam

Aktivitas yang paling ingin dilakukan wisatawan di sini adalah snorkeling dan diving. Bagaimana tidak, bagi penyuka snorkeling, pulau Ndaa Wakatobi merupakan surganya snorkeling. Karena banyak sekali keindahan alam yang tersimpan di laut, seperti keindahan terumbu karang, berbagai macam biota laut yang mempesona dapat memanjakan mata kita saat kita snorkeling dan menyelam.

2. Berenang

Tidak jauh berbeda dengan snorkeling dan diving, berenang juga merupakan hal yang paling banyak dilakukan wisatawan saat mengunjungi pulau yang indah. Bagi yang tidak terlalu jago snorkeling dan diving namun tetap ingin menikmati sejuknya air laut, Anda juga bisa berenang menggunakan pelampung. Atau Anda bisa bermain air di pantai.

3. Ambil gambar

Salah satu aktivitas yang tidak boleh kita lewatkan jika berkunjung ke sana adalah mengabadikan momen melalui kamera. Tidak hanya keindahan pantainya saja yang harus kita abadikan, tetapi juga keindahan alam lautnya, oleh karena itu jika kita ke sana jangan lupa untuk membawa kamera bawah air, karena sangat sayang jika kita tidak mengabadikan keindahan alamnya. laut.

4. Joging

Suasana sejuk dan tenang Pulau Ndaa juga bisa kita manfaatkan untuk jogging. Mengelilingi pantai sambil menikmati pemandangan alam disana, serta suara deburan ombak dan semilir angin yang mengiringi langkah kita, sungguh sangat menyenangkan hati.

5. Mainkan

Selain beberapa aktivitas tersebut, ada juga aktivitas yang tak kalah seru untuk dilakukan di sana, yaitu bermain. Pasir pantai yang lembut, garis pantai yang luas tentunya cocok untuk bermain.Ada berbagai jenis permainan yang bisa dimainkan di sini, seperti bermain futsal, voli pantai, bermain layang-layang, bermain kerang atau sekedar mengejar ombak di pinggir pantai.

6. Berjemur

Aktivitas menarik di pulau Ndaa PulauKredit gambar: Google Maps Aldwin Edbert

Berjemur sepertinya sudah menjadi hal wajib bagi sebagian wisatawan saat mengunjungi sebuah pulau atau pantai. Karena sebagian besar wisatawan menyukai suasana pantai untuk berjemur. Lingkungan yang sejuk, asri dan sinar matahari yang mengarah langsung ke pantai sepertinya hanya dimanfaatkan untuk berjemur.

7. Berselancar

Bagi penyuka olahraga air pasti rugi jika tidak mencoba ombak pantai. Surfing adalah pilihan terbaik ketika kita pergi ke pulau atau pantai. Dengan menggunakan papan selancar, wisatawan bisa merasakan serunya bermain deburan ombak yang berkelok-kelok. Namun karena keterbatasan fasilitas yang tersedia, wisatawan yang ingin berselancar harus membawa peralatan sendiri.

8. Yoga atau Meditasi

Aktivitas seru selanjutnya yang bisa kita lakukan di Pulau Ndaa adalah yoga atau meditasi. Karena pulaunya kecil dan jarang dikunjungi wisatawan, sangat cocok untuk yoga atau sekedar merilekskan pikiran. Ditambah dengan suasana alam yang tenang, angin sepoi-sepoi, deburan ombak dan kicauan burung kecil, merupakan kombinasi yang sempurna.

9. Bersantai

Pulau atau pantai memang menjadi tempat yang paling tepat untuk bersantai. Suasananya tenang, damai dan asri serta pemandangan alam yang menyejukkan mata, cocok untuk bersantai atau sekedar bersantai setelah seharian bekerja.

Akomodasi termurah yang paling dekat dengan pulau

Akomodasi di dekat Pulau NdaaKredit gambar: Google Maps Hotel Sinar Harapan Tomia

1. Tinggal kerja

Ada banyak tempat penginapan yang bisa kita pilih jika ingin berlibur di Pulau Ndaa Wakatobi. Salah satunya adalah Labore Stay yang terletak tidak jauh dari Taman Nasional Wakatobi. Dengan harga mulai dari Rp 500.000 saja, pelanggan akan menikmati layanan terbaik. Fasilitas yang ditawarkan juga banyak, antara lain akses WiFi, kamar mandi, tempat parkir yang cukup luas, bahkan layanan kamar 24 jam.

2. Hotel Sinar Harapan Tomia

Hotel Sinar Harapan Tomia adalah hotel paling terkenal di kawasan Wakatobi. Maka tak heran jika hotel ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 250.000 saja. Fasilitas yang ditawarkan juga berlimpah, seperti layanan kamar 24 jam, akses WiFi, kamar mandi, restoran, dan lainnya.

3. Tembatu Hijau

Setelah menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke Pulau Wakatobi, kita pasti lelah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah tempat untuk beristirahat. Tembatu Hijau bisa menjadi pilihan yang tepat, banyak fasilitas yang disediakan disana seperti tempat tidur yang empuk dan bersih, kamar mandi, akses internet, restoran dan masih banyak lagi. Semua fasilitas tersebut hanya bisa kita nikmati dengan membayar Rp 300.000,- saja.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau NdaaKredit Gambar: Instagram Aris Koswara

Meskipun Pulau Ndaa tergolong tempat wisata yang indah, namun merupakan pulau terkecil di Kabupaten Wakatobi di Sulawesi Tenggara. Sehingga jarang wisatawan yang berkunjung ke pulau ini.

Oleh karena itu, fasilitas yang disediakan di sini masih sangat minim. Mungkin yang ada hanya fasilitas umum seperti toilet dan beberapa tempat duduk untuk bersantai. Belum adanya fasilitas penunjang yang dapat menunjang kegiatan wisata.

Tidak ada warung makan atau restoran disana, jika kita lapar dan ingin makan, kita bisa mencari makanan di restoran atau tempat makan di sekitar Pulau Tomia. Sedangkan jika kita ingin snorkeling atau menyelam di perairan pulau, kita bisa membawa peralatan sendiri dari rumah. Karena materi tidak disediakan disana atau anda juga bisa menghubungi Balai Konservasi Taman Nasional Wakatobi.

Itulah sedikit ulasan tentang indahnya Pulau Ndaa di Wakatobi. Meski pulau ini paling kecil dibandingkan pulau-pulau lain, bisa dipastikan kita tidak akan pernah menyesal berkunjung ke sana. Karena semua itu akan terbayar dengan pemandangan alam yang indah, baik di darat maupun keindahan alam lautnya, jangan lupa juga untuk mengabadikannya di kamera.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button