PLN menyiapkan peralatan yang memadai untuk mendukung pasokan listrik di Karimunjawa - WisataHits
Jawa Tengah

PLN menyiapkan peralatan yang memadai untuk mendukung pasokan listrik di Karimunjawa

PLN menyiapkan peralatan yang memadai untuk mendukung pasokan listrik di Karimunjawa

Genset dikirim ke Karimunjawa melalui PLNGenset dikirim ke Karimunjawa melalui PLN.

Semarang, Idol 92.6 FM – Listrik di Karimunjawa Kabupaten Jepara kini telah beroperasi selama 24 jam dan kebutuhan listrik bersumber dari infrastruktur PLN melalui Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Namun ke depan, listrik Karimunjawa akan berbasis pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan tidak bergantung pada pasokan bahan bakar minyak (BBM).

Sujarwanto Dwiatmoko, Kepala Dinas ESDM Jawa Tengah, mengatakan pemerintah provinsi telah meminta PLN menggelar PLTS di Kepulauan Karimunjawa. Pernyataan itu disampaikan kemarin dalam pertemuan di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Sujarwanto menjelaskan, saat ini baru tiga pulau di Kabupaten Karimunjawa yang bergantung pada PLTS untuk listrik. Ketiga pulau tersebut adalah Pulau Parang, Pulau Nyamuk, dan Pulau Genting.

Menurutnya, penggelaran PLTS di Karimunjawa merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT).

“Atas nama Pak Gubernur, sudah diambil alih PLN, tapi basisnya solar, jadi cukup aman dan cadangannya solar. Nantinya Pulau Karimunjawa Besar juga diharapkan dapat menggunakan energi matahari dan saat ini sedang dilakukan kajian mendalam,” kata Sujarwanto.

Sementara itu, General Manager Unit Distribusi Induk (UDI) PLN Jateng-DIY Wahyu Jatmika menambahkan, untuk memperkuat pasokan listrik di Karimunjawa saat cuaca ekstrem, pihaknya mengirimkan cadangan genset berkapasitas 50 KVA dan lima unit genset dengan kapasitas 100 KVA. Selain itu, ditambahkan 10 barel pelumas untuk genset.

“Kami masih berupaya optimal, ke depan listrik di Karimunjawa akan lebih handal. Jadi kalau cuaca buruk, tidak ada masalah,” kata Wahyu.

Diketahui, cuaca ekstrem yang melanda kawasan pantai utara di Jawa Tengah juga berimbas pada Pulau Karimunjawa. Pulau-pulau yang menjadi destinasi wisata di Jawa Tengah ini juga mengalami cuaca ekstrim dan gelombang air yang tinggi.

Cuaca ekstrem tidak hanya mempengaruhi akses dari dan ke Pulau Karimunjawa, tetapi juga keandalan pasokan listrik. (Tunas)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button