Tiket masuk OHD MUSEUM dan koleksi seni - WisataHits
wisatahits

Tiket masuk OHD MUSEUM dan koleksi seni

Harga Tiket Masuk Museum OHD: Rp25.000 – Rp100.000 Jam Buka: 10.00 WIB – 16.00 WIB Telp. Jenggolo No.14, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122, Magelang Tengah, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56122

Tertarik mengunjungi museum kolektor seni swasta? Ya, Museum HDO adalah museum milik pribadi. Pemilik museum bernama Dr. Oei Hong Djien. Dr. Oei mulai mengoleksi seni pada tahun 1970-an.

Hingga saat ini, lebih dari 2.000 karya Dr. Oei hadir di Museum OHD. Dari lukisan, patung, instalasi, hingga seni media baru. Seiring berjalannya waktu, museum ini tidak hanya memamerkan karya seni. Tetapi juga sebagai sarana pendidikan bagi generasi muda untuk lebih menghargai seni.

Biaya masuk museum OHD

Sebagai museum yang sudah berdiri puluhan tahun, harga tiket masuk ke Museum OHD sesuai dengan fasilitas yang tersedia. Harga tiket lebih murah bagi pengunjung yang menunjukkan KTP Indonesia.

Biaya masuk
Dewasa Rp 100.000
Anak Rp 50.000
kartu identitas indonesia
Dewasa Rp 50.000
Anak Rp25.000

Baca: Tiket dan Aktivitas CANDI BOROBUDUR

Jam Buka Museum OHD

Museum ini memiliki jam buka kurang lebih 6 jam. Wisatawan wajib berkunjung paling lambat pukul 15.00 WIB. Setelah waktu tersebut, museum tidak akan menerima kunjungan lagi karena akan tutup pada pukul 16:00 WIB.

Jam operasional
Rabu hingga Senin (tutup pada hari Selasa) 10.00 – 16.00 WIB

Selamat Menikmati Artis Indonesia

Patung-patung yang dipamerkan di Museum OHDBerbagai karya seni lukis hingga seni rupa dapat dilihat di Museum OHD. Foto: Google Maps/Isa

Pecinta seni pasti akan tertarik untuk mengunjungi Museum OHD. Dr. Oei sebagai kolektor setidaknya sudah memiliki 2.000 karya seni seniman Indonesia. Padahal, ada banyak karya seni kuno karya seniman terkenal di Indonesia. Seniman-seniman tua yang karya-karyanya ditampilkan di museum ini antara lain karya Raden Saleh, Affandi, dan S. Sudjojono.

Selain itu, museum ini kerap menyuguhkan pertunjukan seni. Museum juga sering mengadakan acara khusus dengan berbagai tema. Misalnya, pameran bertajuk “Air Mancur Bangsa: Persembahan untuk Gus Dur dan Buya Syafii Maarif”. Pameran berlangsung dari 31 Juli hingga 28 November 2022.

Baca: Tiket GUNUNG ANDONG Magelang dan Jalur Pendakian yang Mudah

Mengenal sosok di balik Museum OHD

Sebelum menemukan museum OHD, ada baiknya mengenal dulu siapa dibalik museum ini. Bernama Dr. Oei Hong Djien, lahir tahun 1939 di Magelang. Dr. Oei memperoleh gelar kedokterannya pada tahun 1964. Selanjutnya, Dr. Oei melanjutkan studinya di Belanda dari tahun 1966 hingga 1968.

Setelah menyelesaikan studinya, Dr. Oei mulai mengoleksi karya seni yang unik. Koleksinya beragam, mulai dari seni modern hingga kontemporer. Dr. Oei sering meminjamkan koleksinya untuk pameran di dalam maupun luar negeri.

Dr. Amour Oei dengan cerdik mengantarkannya sebagai penasihat khusus. Dr. Oei telah ditunjuk sebagai Penasehat Galeri Seni Nasional Singapura untuk Seni Rupa Indonesia. Kini Dr. Oei disibukkan dengan Museum OHD yang resmi dibuka pada 5 April 2012.

Baca: Tiket KEEP PASS dan Berbagai Pesonanya

Pelajari dan saksikan kreasi seniman

Kunjungan siswa SD ke Museum OHD.  cr: Instagram @ohdmuseum_magelangMahasiswa dapat mengunjungi museum, selain berwisata, mereka juga dapat merasakan karya-karya maestro seni Indonesia. Foto: Instagram/@ohdmuseum_magelang

Kehadiran karya-karya seniman maestro Indonesia di museum ini bisa menjadi sumber pembelajaran. Wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh tentang karya seni bisa datang langsung ke museum. Terutama mahasiswa yang ingin mengetahui lebih banyak tentang karya seni. Di sini, siswa bisa mendapatkan berbagai informasi terkait karya seni.

Selain pelajar, Museum juga sering dikunjungi wisatawan dari komunitas atau organisasi tertentu. Wisatawan dapat mengagumi karya seni dan memanfaatkan bantuan museum. Dengan demikian, wisatawan tidak akan pulang dengan tangan hampa. Segudang ilmu bisa didapatkan di museum seni ini.

Baca: Tiket & Wahana TAMAN KYAI LANGGENG Magelang

Menghadiri pameran seni

Dekorasi unik dan ruang pameran di Museum OHDSelain melihat karya seni lukis dan visual, pengunjung juga akan terkesan dengan desain ruang museum. Foto: Instagram/@ohdmuseum_magelang

Museum OHD sering memamerkan karya seni seniman ternama Indonesia. Berbagai jenis pameran berlangsung. Beberapa waktu lalu ada pameran seni rupa oleh Gunawan Mohamad.

Saat ini sedang berlangsung, Museum menyelenggarakan pameran dengan tema “La Fontaine de la Nation”. Wisatawan yang berkunjung ke museum dapat menikmati suasana yang berbeda di setiap pameran. Dengan ciri khas, setiap pameran memberikan suasana yang berbeda.

Baca: Tiket SILANCUR HIGHLAND Magelang dan Berbagai Kegiatannya

Desain ruang yang unik

Koridor museum OHD yang memiliki unsur estetika.  cr: Instagram @ohdmuseum_magelangKoridor dengan desain penuh unsur seni. Foto: Instagram/@ohdmuseum_magelang

Wisatawan yang berkunjung pasti akan dibuat takjub dengan fasad bangunannya. Saat memasuki museum, ada lorong yang diterangi oleh celah kaca di bagian atas dan samping. Kondisi ini menambah kesan estetis museum yang sudah lebih dulu dikenal.

Selain menikmati karya seni di museum, wisatawan juga bisa berbelanja oleh-oleh. Lokasi pembelian oleh-oleh berada di gedung yang terpisah dari museum.

Fasilitas Museum OHD

Fasilitas yang tersedia cukup memadai dan lengkap. Ada toilet di tempat parkir yang luas untuk turis. Selain itu, berbagai spot foto menarik juga bisa dinikmati wisatawan.

Alamat museum OHD

Museum seni ini terletak di pusat kota. Tepatnya berada di Jl. Jenggolo No.14, Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56122. Untuk informasi lebih lanjut, wisatawan bisa mengecek akun Instagram @ohdmuseum_magelang. Selain itu, ada kontak lain di [email protected] atau 0293363420.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button