Bukit Pangonan Pringsewu, objek wisata alam yang populer dan kekinian di Lampung - WisataHits
wisatahits

Bukit Pangonan Pringsewu, objek wisata alam yang populer dan kekinian di Lampung

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Fajar Esuka, Kec. Pringsewu, Kab. Pringsewu, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Bukit Pangonan atau yang juga dikenal dengan Talang Indah Pajaresuk merupakan tempat wisata yang memiliki pesona alam yang sangat menakjubkan di Pringsewu. Berada di daerah perbukitan, tempat wisata ini memiliki suasana alam yang sangat sejuk.

Kawasan wisata ini menawarkan banyak spot foto instagramable yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan berbagai foto menarik. Selain itu, ada juga jembatan unik yang memberikan suasana romantis dengan latar belakang taman bunga yang indah. Area dek ini juga sering dijadikan lokasi pemotretan prewedding.

Di sini, kamu akan disuguhkan pemandangan hijau yang tak hanya menyejukkan mata, tapi juga bisa menjadi tempat refreshing dan pelepas penat. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama kerabat atau keluarga.

Atraksi Bukit Pangonan

Objek Wisata Bukit PangonanKredit Gambar: Google Maps Brother Zack

1. Rumah Hobbit

Daya tarik pertama Bukit Pangonan adalah keberadaan rumah hobbit. Objek rumah hobbit ini memiliki bangunan rumah mini, cukup menarik untuk dijadikan background foto untuk membuat foto yang instagramable. Selain itu, objek ini juga sangat disukai anak-anak karena bangunannya yang mungil.

Rumah hobbit ini dibangun karena terinspirasi dari film The Hobbit dengan karakter Bilbo dan Frodo yang tinggal di sebuah rumah kecil di perbukitan yang tingginya hanya sekitar 150cm.

2. Spot foto menarik

Setiap tingkat Bukit Pangonan memiliki spot foto yang berbeda-beda. Tentu menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki kawasan wisata ini. Beberapa spot foto yang bisa kamu temukan disini adalah spot sepeda, jembatan unik, sarang burung, TV klasik, tulisan kayu I love you, payung unik, simbol berbentuk love dan masih banyak spot foto lainnya.

Karena lokasinya yang berada di ketinggian, sebaiknya selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan saat mencari foto di berbagai lokasi yang tersedia di kawasan wisata ini.

3. Saung atau Belvedere

Tempat Wisata yang dimiliki Bukit PangonanKredit gambar: Google Maps Zidan Maruf Hidayat

Daya tarik selanjutnya adalah adanya gubuk atau gazebo di kawasan wisata ini. Terkadang, area saung ini digunakan sebagai tempat pementasan berbagai live music yang bisa Anda nikmati. Atau jika Anda tertarik, Anda dapat menawarkan untuk menyumbangkan lagu dengan bernyanyi secara langsung.

Pada hari-hari biasa saat tidak ada acara live music, gubuk-gubuk ini bisa digunakan sebagai tempat bersantai menikmati keindahan panorama alam atau sebagai tempat peristirahatan setelah lelah berjalan menuruni bukit.

4. Kunjungan keluarga

Tempat wisata perbukitan ini cocok sebagai tujuan wisata keluarga. Karena selain memiliki keindahan yang dapat memanjakan mata, kawasan wisata ini juga memiliki nilai edukasi tersendiri, dalam geliat pariwisata kekinian. Anda bisa mengajak anak-anak dan mengenalkan berbagai fitur alam yang diunggulkan di kawasan wisata ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit PangonanKredit gambar: Google Maps Reza Maha

Bukit Pangonan merupakan tempat wisata yang terletak di daerah perbukitan. Karena letaknya, kawasan wisata desa Fajar Euk ini memiliki banyak spot strategis untuk menikmati pemandangan hijau di bawahnya.

Kawasan wisata perbukitan ini berjarak sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Bandar Lampung. Jika Anda ingin mengunjungi kawasan wisata ini, Anda bisa mengandalkan gapura bambu yang menjadi tanda bahwa Anda sudah sampai di Pringsewu.

Rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju gerbang bisa dimulai dari Terminal Raja Basa. Dari sana, berkendara saja ke Jalan Pramuka, lalu belok kiri belok kanan ke Pringsewu melewati Gedong Tataan dan Gading Rejo.

Sesampainya di Pringsewu, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju kawasan pasar Pringsewu dan lurus terus sampai menemukan tikungan tajam yang mengarah ke kiri. Setelah melewati tikungan, Anda akan dihadapkan dengan jalan menanjak dengan panjang kurang lebih 300 meter. Kemudian Anda tinggal lurus sebentar dan akhirnya Anda sampai di kawasan wisata.

Akses jalan yang akan Anda tempuh juga cukup terjal dan disarankan untuk mengunjungi tempat ini saat cuaca cerah. Karena jalan yang akan Anda lewati masih berupa tanah merah, sehingga jika tersapu oleh air hujan akan sangat licin bagi kendaraan yang melintas.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Bukit PangonanKredit gambar: Google Maps Adolf Manurung

Untuk dapat menikmati berbagai keindahan yang ada di kawasan wisata Bukit Pangonan, Anda akan dikenakan biaya masuk yang cukup murah dan tidak akan menguras kantong. Hanya dengan membayar 5.000 rupiah per orang sudah bisa masuk untuk menikmati panorama alam kawasan wisata perbukitan ini.

Jika ingin mengabadikan momen di spot foto cantik yang disediakan di tempat ini, Anda akan dikenakan biaya tambahan mulai dari Rs 3.000 hingga Rs 5.000. Bisa dibilang biaya ini cukup bersahabat, mengingat spot foto yang disediakan juga begitu indah dan instagramable.

Selain itu, biaya lain yang harus Anda keluarkan saat berada di kawasan wisata perbukitan ini adalah biaya parkir kendaraan pribadi Anda. Biaya parkir ini bervariasi mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 5.000 baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bukit Pangonan

Aktivitas di Bukit PangonanKredit gambar: saudara Google Maps Zack

1. Mainkan ayunan gantung

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan di tempat wisata Bukit Pangonan adalah bermain ayunan gantung. Bisa dikatakan ayunan ini cukup sulit, karena langsung menghadap pemandangan jurang di bagian bawah. Saat Anda menaiki ayunan ini, Anda bisa merasakan adrenalin yang terpacu begitu kencang seperti sedang menguji nyali.

2. Perburuan foto yang menarik

Konon kawasan wisata bukit ini penuh dengan spot foto menarik di semua tingkatan bukit. Sayang kalau liburan ke sini tapi tidak berfoto dengan berbagai spot foto yang tersedia.

Selain berfoto di berbagai spot foto yang dibangun khusus, Anda juga bisa berfoto dengan latar pemandangan alam. Pasalnya, pemandangan alam kawasan perbukitan ini tak kalah indah dengan berbagai spot foto buatan yang tersedia.

3. Bersantai di Saung atau Gazebo

Tempat wisata ini juga menawarkan beberapa gubuk atau gazebo yang bisa Anda gunakan sebagai tempat peristirahatan setelah lelah beraktivitas atau menjelajahi kawasan perbukitan. Di gubuk ini, Anda bisa melihat dengan jelas keindahan panorama alam perbukitan yang begitu memanjakan mata.

4. Berburu kuliner

Aktivitas menarik di Bukit PangonanKredit gambar: Twitter ISK

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Bukit Pangonan adalah berburu kuliner. Ada beberapa warung yang dikelola warga sekitar yang bisa Anda manfaatkan untuk mengisi perut. Anda bisa menyantap berbagai hidangan yang tersedia sambil menikmati keindahan alam hamparan perbukitan hijau di sekitar kawasan wisata ini.

5. Jalan-jalan di Talang Indah Pajarersuk

Di sini Anda juga bisa berjalan-jalan dan menikmati keindahan alam sebuah selokan. Talang ini sudah ada sejak zaman Belanda, namun untuk memperkuat bangunannya, kawasan talang ini sudah beberapa kali direnovasi.

Talang ini sebenarnya memiliki fungsi utama untuk mengairi sawah di wilayah Pringsewu. Dengan panjang sekitar 100 meter, selokan ini melintasi air melalui lembah di atas ketinggian antara 30 meter.

Kawasan selokan ini bahkan sudah lama menjadi spot foto, bahkan sebelum pengelolaan tempat ini menjadi tempat wisata. Anda juga bisa mendapatkan foto fotogenik yang menarik di kawasan ini. Banyak orang yang sengaja datang ke kawasan selokan ini hanya untuk berfoto dengan latar belakang keindahan alam yang begitu luar biasa.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan Bukit PangonanKredit gambar: Google Maps Reza Maha

Bukit Pangonan memiliki fasilitas yang cukup lengkap yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan bagi anda yang berkunjung ke tempat wisata ini. Fasilitas di sini antara lain tersedianya spot foto yang dihias dengan berbagai ornamen menarik. Bukan hanya satu, tapi ada banyak spot foto menarik dengan keunikannya masing-masing untuk Anda pilih.

Selain itu, jika Anda lapar, Anda bisa mengunjungi beberapa warung yang tersedia di kawasan wisata ini. Warung-warung ini dikelola langsung oleh warga sekitar yang menawarkan berbagai pilihan menu makanan dan minuman yang enak.

Fasilitas lain juga tersedia di kawasan ini mulai dari tangga sebagai jalur menuju perbukitan, area parkir, kamar mandi dengan air bersih, mushola, ayunan gantung, gazebo, pemancingan, rumah pohon, jembatan cinta, rumah hobbit dengan bangunan mini juga. ada di tempat ini.

Nah, itulah informasi menarik tentang Bukit Pangonan di Pringsewu. Tempat wisata di atas bukit ini tentunya bisa menambah pilihan tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Lampung. Berbagai aktivitas menarik dan keindahan panorama alam di kawasan wisata ini sayang jika dilewatkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button