Pulau Kecil Cemara Karimunjawa - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Kecil Cemara Karimunjawa – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp80.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau kecil Cemara, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Kepulauan Karimunjawa terletak di utara kota Jepara dan membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk sampai ke sana. Ada sekitar 27 pulau yang berada di pulau ini, masing-masing memiliki pesona bawah laut. Salah satunya adalah Pulau Cemara Kecil yang terkenal dengan keindahan terumbu karangnya. Berbekal pemandangan alam dan perairan yang jernih, Cemara Kecil bisa menjadi solusi untuk mengisi waktu liburan Anda.

Daya tarik pulau kecil Cemara

Daya tarik kecil Pulau CemaraKredit gambar: Google Maps Patrick S

Untuk mencapai pulau yang indah ini, Anda perlu menyewa perahu dari dermaga Karimun Jawa. Dari puluhan pulau di utara kota Jepara, hanya Pulau Cemara Kecil yang tidak berpenghuni. Karena tidak ada dermaga untuk berlabuh kapal, sehingga Anda harus berjalan kaki menuju pulau tersebut. Tidak perlu khawatir tenggelam karena perairan di pulau ini sangat dangkal. Terlepas dari segalanya, pulau ini memiliki pesona wisata yang tidak ada di tempat lain.

Pulau Cemara Kecil menawarkan pemandangan laut yang menakjubkan dan kekayaan bawah laut. Kondisi airnya begitu jernih dan terlihat berkilauan saat terkena sinar matahari. Dari perahu saat Anda menyeberang Anda bisa langsung melihat terumbu karang yang terlihat indah. Jarak antara terumbu karang dengan permukaan laut sekitar 2 sampai 4 meter. Bahkan akan terasa lebih dekat saat air laut surut dan Anda bahkan bisa menahannya tanpa menyelam.

Seperti kebanyakan dunia bawah laut, perairan Pulau Cemara Kecil juga dipenuhi dengan biota laut yang unik. Banyak ikan wara-wiri dari berbagai spesies terkadang bersembunyi di pinggiran terumbu karang. Keindahan alam ini bisa Anda saksikan saat melakukan aktivitas snorkeling. Pengunjung diajak untuk menjumpai koleksi ikan badut, ikan bulat, hingga kawanan kuda laut merah. Jangan lupa membawa kamera bawah air untuk mengabadikan momen di bawah laut.

Kehidupan bawah laut Pulau Cemara Kecil tidak bisa dipungkiri keindahannya. Di sini Anda akan menemukan banyak karang, yang memiliki ukuran dan warna yang unik. Ada karang besar berbentuk otak, juga ada karang berbentuk bunga. Ada barisan karang yang berwarna ungu atau biru, jika dipantulkan oleh matahari bisa berubah warna.

Untuk pertama kalinya, Anda akan melihat bintang laut biru yang sering muncul di permukaan pantai. Puluhan bulu babi juga muncul saat wisatawan berkunjung. Namun Anda harus berhati-hati saat menjelajahi perairan Little Fir, terutama saat air surut. Karena ketika salah langkah, kamu takut berjalan di atas terumbu karang. Selain itu, ada risiko cedera pada kaki akibat duri tajam bulu babi.

Alamat dan Rute Menuju Pulau Kecil Cemara Lokasi

Alamat Petite pinetteKredit gambar: Google Maps Cahyo Catur Nugroho

Pulau yang terkenal dengan panorama bawah lautnya ini tidak begitu jauh dari pusat dermaga. Untuk mencapai Pulau Cemara Kecil, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dengan mobil. Berangkat dari Pulau Karimunjawa Besar menggunakan speedboat yang bisa mengangkut kurang lebih 10 penumpang. Sayangnya, di sini tidak ada dermaga untuk kapal berhenti. Jadi pengunjung diturunkan di tengah laut dan berjalan kaki ke pantai.

Jika Anda berangkat dari terminal di Kota Jepara, Jawa Barat, Anda harus mengambil jalan menuju Pelabuhan Kartini. Setibanya di pelabuhan, langsung beli tiket feri yang akan mengantar Anda ke sana. Ada dua pilihan kapal yaitu kapal Singinjai dengan harga 80.000 dan kapal Bahana Express seharga 150-175.000. Begitu sampai di pelabuhan langsung menyewa speedboat untuk menuju pulau Cemara Kecil.

Untuk menyewa speedboat, Anda perlu merogoh kocek sekitar 100.000. Kisaran harga ini masih bisa berubah, apalagi saat musim liburan. Jadi, untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa mengikuti open trip Karimunjawa. Tarif speedboat kemudian bisa ditanggung bersama beberapa wisatawan lainnya. Dari kejauhan, Anda sudah bisa melihat keindahan salah satu pulau di Karimunjawa yang tampak mungil.

Biaya perjalanan ke pulau kecil Cemara Karimunjawa

Biaya perjalanan untuk pohon cemara kecilKredit gambar: Google Maps Budi Hidayat

Jika Anda berangkat dari kota Semarang, Anda harus melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Kartini Jepara. Banyak akomodasi yang bisa digunakan, mulai dari bus kota hingga rental mobil. Untuk bus akan dikenakan tarif sekitar 50.000, sedangkan untuk sewa mobil atau motor sekitar 50.000 per hari. Dari Jepara ke Karimunjawa, wisatawan harus naik kapal feri KMP Singinjai. Waktu keberangkatan hanya Senin, Rabu dan Sabtu.

Anda perlu merogoh kocek sekitar $75.000 untuk naik KMP Economy Class Siginjai. Untuk menuju Pulau Cemara Kecil membutuhkan biaya 50-100 ribu, namun tarif tersebut dapat diukir dengan wisatawan lain dalam satu kapal. Sedangkan tiket masuknya berharga sekitar 10.000 rupee. Untuk membuat liburan Anda lebih memuaskan, Anda bisa menyewa salah satu homestay dengan harga 150.000 per malam.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di pulau kecil Cemara

Aktivitas di pulau kecil CemaraKredit gambar: Google Maps Benny Novianugroho

Pulau ini dikenal sebagai pulau tak berpenghuni dan menawarkan suasana yang menenangkan. Bisa dibilang suasana pulau sangat cocok untuk dijadikan tempat mencari ketenangan sejenak. Anda bisa berjalan menyusuri pantai sambil menikmati pasir pantai yang halus. Angin kencang khas kawasan bahari membuat pikiran yang lelah menjadi lebih rileks. Duduk santai di pinggir pantai Anda bisa melihat kanan kiri pulau yang dikelilingi gugusan pulau.

Tentu saja, Anda tidak boleh melewatkan buku harian snorkeling, untuk melihat keindahan bawah laut. Jika air laut surut, pengunjung bisa berjalan-jalan di permukaan air laut sambil menikmati keindahan terumbu karang dan biota laut yang muncul ke permukaan. Di sini, pengunjung diperbolehkan untuk snorkeling, selama kondisi cuaca mendukung. Takut jika ombak besar dan angin kencang bisa membahayakan keselamatan.

Pulau kecil Cemara juga menawarkan spot memancing bagi Anda yang memiliki hobi serupa. Buah persik dapat diubah menjadi ikan bakar segar, sebagai makanan di siang hari. Memasuki sore hari biasanya merupakan waktu yang tepat untuk berfoto selfie. Karena langit masih cerah dan matahari sedikit ternaungi. Selain itu, panorama alamnya sangat terlihat dari dekat. Dengan cara ini, foto akan terlihat Instagrammable tanpa perlu diedit.

Menjelang malam Anda bisa berkemah di tepi pantai dan membangun tenda-tenda kecil. Oleh karena itu, sebelum berangkat ke Pulau Cemara Kecil, sebaiknya Anda membekali diri dengan berbagai perbekalan. Karena pulau ini tidak berpenghuni, kecil kemungkinan Anda akan menemukan persewaan di sana. Camping diary menjadi favorit para wisatawan karena memberikan kesan dekat dengan alam. Apalagi melihat gugusan bintang saat malam semakin larut.

Akomodasi di pulau kecil Cemara

Akomodasi di pulau kecil CemaraKredit Gambar: Google Maps Muhammad Dadang Kurnia

Tidaklah cukup untuk mengunjungi pulau yang indah ini dalam satu atau dua hari. Setidaknya 3-4 hari tinggal di sini sambil menjelajahi pulau-pulau lain. Ada beberapa hostel yang cukup dekat dengan lokasi Pulau Cemara Kecil. Anda tinggal memilih sesuai dengan budget yang telah disiapkan. Dari kelas ekonomi hingga kelas hotel berbintang, dan menawarkan fasilitas kamar yang berbeda.

Kura-Kura Resort merupakan penginapan bintang empat yang merupakan tempat terdekat. Pengunjung yang menginap di sini akan menikmati fasilitas berupa sarapan gratis. Selain itu, terdapat fasilitas kolam renang dan gymnasium yang membuat liburan semakin lengkap. Atau sewa hostel yang harganya sekitar 80-250 ribu per malam, jadi bisa hemat pengeluaran.

Ada juga homestay yang menawarkan fasilitas sekelas hotel, namun dengan budget yang lebih kecil. Namun lokasi homestay tidak di pulau, kebanyakan berada di Karimunjawa tengah. Dengan desain akomodasi seperti rumah, homestay menyediakan tempat yang nyaman untuk beristirahat. Anda cukup mengeluarkan budget tidak lebih dari 100.000 per malam.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Cemara Kecil

Fasilitas Kecil Pulau CemaraKredit gambar: Google Maps Safitri Anisa

Tidak ada fasilitas khusus yang tersedia di pulau ini, karena merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Pengunjung bahkan disarankan untuk membawa alat tangkap sendiri. Kalaupun ingin snorkeling, Anda harus menyewa peralatan dari Karimunjawa Besar. Padahal dermaga tidak tersedia di tempat wisata ini, jadi bisa dibilang tidak ada kehidupan manusia. Namun pesona alamnya membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

Kepulauan Karimunjawa terus menawarkan pesona alam bagi wisatawan. Kali ini, kehadiran Pulau Cemara Kecil cukup menghipnotis pengunjung dengan kekayaan bawah lautnya. Di sini Anda bisa menikmati terumbu karang dengan bentuk dan warna yang unik. Selain itu, keberadaan biota laut seperti bintang laut biru bisa Anda temukan di sini. Dari snorkeling hingga diving bisa dilakukan untuk menikmati liburan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button