Pulau Mansinam Manokwari, destinasi wisata bahari yang eksotis bernuansa religi - WisataHits
wisatahits

Pulau Mansinam Manokwari, destinasi wisata bahari yang eksotis bernuansa religi

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Mansinam, Kec. Manokwari Timur, Kab. Manokwari, Papua Barat; Kasus: Cek lokasi

Pulau Mansinam merupakan salah satu tempat wisata di Papua Barat yang sarat akan nuansa religi. Selain sebagai destinasi wisata spiritual bagi pemeluk agama Kristen Protestan, pulau ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang memukau.

Keindahan pulau cantik yang terletak di ujung pulau Indonesia ini berasal dari pantai dan deretan pepohonan yang masih hijau. Meski terkenal sebagai tempat diperkenalkannya ajaran Alkitab ke Papua, banyak pengunjung yang datang karena ingin menikmati pesona alamnya.

Apalagi pulau ini juga memiliki nilai sejarah yang cukup kental. Pesona alam yang ditawarkan juga tidak kalah dengan pulau-pulau terkenal lainnya di Papua. Untuk mengetahui lebih jauh tentang Pulau Mansinam, simak ulasan singkatnya berikut ini.

Atraksi Pulau Mansinam

Atraksi Pulau MansinamKredit Gambar: Instagram Yustiadi

1. Patung Yesus

Patung Yesus Memberkati yang berdiri gagah dan juga cukup tinggi menjadi ikon pulau ini. Patung ini sengaja dibangun oleh pemerintah setempat sebagai penanda penyebaran Injil di Papua. Didominasi lukisan putih bersih, patung setinggi kurang lebih 30 meter ini tampil lebih megah.

2. Situs Pemakaman Misionaris

Sebagai objek wisata religi, pengunjung dapat menemukan sejumlah makam misionaris milik Carel Willemottow di Pulau Mansinam. Tempat pemakaman milik tokoh-tokoh dalam penyebaran injil masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Yang menarik dari makam para misionaris adalah gaya arsitekturnya yang menyerupai rumah adat suku Biak.

3. Pantai pasir putih

Daya tarik lain dari pulau ini adalah pantainya yang indah. Beberapa pantai tersebut adalah Pantai Bakaro, Pantai Maruni, Pantai Yen Bebay dan Pantai Amban. Seluruh pantai memiliki pasir putih yang selalu bersih dan dianggap sangat lembut jika diinjak tanpa alas kaki.

4. Udara segar

Objek wisata milik Pulau MansinamKredit gambar: Instagram RAJA AMPAT TRIP

Semua tempat wisata di Pulau Papua masih alami, termasuk pulau cantik ini. Udara di pulau ini sangat segar karena jauh dari pusat kota Manokwari dan hanya sedikit wisatawan dari luar atau luar Papua yang tahu tentang pulau ini.

5. Air jernih

Selain memiliki pasir putih, pantai Pulau Mansinam juga sangat menarik seperti pantai-pantai lain di Papua. Air lautnya sangat bersih dan begitu bersih sehingga berbagai jenis ikan kecil dan terumbu karang terlihat jelas di atas permukaan air.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau MansiamKredit gambar: Google Maps I Gusti Ayu Azarine Kyla Arinta

Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui pulau ini, apalagi lokasinya. Objek wisata spiritual Pulau Mansinam terletak di Kota Manokwari, Provinsi Papua Barat. Jaraknya sekitar 4 kilometer ke pantai berpasir putih di kawasan Manokwari Putih.

Untuk dapat mengunjungi pulau tersebut, pengunjung dapat menaiki perahu motor berkapasitas 10 hingga 12 orang dewasa dari pelabuhan Manokwari. Perjalanan dengan perahu untuk mencapai pulau ini hanya memakan waktu 10 hingga 15 menit dengan biaya sekitar 5.000 rupee untuk satu orang.

Meski terjangkau, pengunjung harus membayar untuk mendapatkan kursi di kapal yang kosong. Selain menggunakan perahu, pengunjung juga bisa naik kapal cepat dengan biaya yang tentunya jauh lebih mahal dengan waktu tempuh 10 sampai 15 menit dari hotel Mansinam Beach.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau MansiamKredit gambar: Google Maps I Gusti Ayu Azarine Kyla Arinta

Pulau Mansinam dianggap sebagai pusat peradaban di Negara Papua. Di pulau kecil inilah para misionaris mulai menyebarkan ajaran Injil. Maka tak heran jika setiap tanggal 5 Februari pulau ini dikunjungi umat Kristiani untuk wisata spiritual.

Bagi Anda yang berasal dari luar Papua dan berencana mengunjungi pulau eksotis ini, tentunya segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan matang, terutama untuk akomodasi. Untuk harga tiket pesawat ke bandara Manokwari tentunya berbeda-beda tergantung tempat dan waktu keberangkatan.

Untuk bisa mengunjungi pulau ini, Anda bisa menuju ke pelabuhan Manokwari. Dari sana, Anda bisa menaiki speedboat berkapasitas maksimal 12 orang dewasa dalam waktu maksimal 15 menit. Biaya yang dibutuhkan untuk naik perahu ini hanya sekitar 5.000 rupee. Namun, pastikan semua kursi terisi atau Anda juga harus membayar kursi kosong.

Jika Anda menginap di kawasan Manokwari Beach Hotel, Anda hanya perlu mengambil kapal cepat dengan kapasitas yang jauh lebih besar. Jika Anda memutuskan untuk memilih moda transportasi ini, Anda harus mengharapkan biaya sekitar 1.000.000 rupee. Anda bisa sampai ke lokasi pulau dalam waktu 10 menit atau maksimal 15 menit.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Mansinam

Aktivitas Seru di Pulau MansiamanKredit Gambar: Google Maps Faisal Rauf

1. Ziarah ke makam para misionaris

Sebagian besar pengunjung ke pulau itu datang untuk berziarah ke makam para misionaris. Di pantai, pengunjung dapat menemukan tempat pendaratan dua misionaris Jerman yang pertama menyebarkan ajaran Injil. Di belakang patung Yesus terdapat relief yang menceritakan kedatangan mereka yang disambut hangat oleh warga sekitar.

2. Menyelam

Keindahan laut Pulau Mansinam membuat pengunjung tidak ingin melewatkan aktivitas menarik di pantai ini dengan air yang jernih. Bahkan tak jarang pengunjung sengaja membawa peralatan snorkeling agar bisa menikmati keindahan flora dan fauna bawah laut yang masih belum terjamah oleh kealamian biota lautnya.

3. Bermain pasir

Aktivitas seru selanjutnya yang bisa dilakukan tentunya adalah bermain pasir. Apalagi jika Anda membawa anak kecil, mereka pasti akan merasa sangat senang bermain dengan lembutnya pasir putih pantai. Tidak perlu khawatir, ombak di pantai pulau ini tidak begitu besar, jadi aman jika ingin bermain di pantai.

4. Nikmati pemandangan matahari terbenam

Aktivitas di Pulau MansinamKredit gambar: Twitter Shah dari Iskandar

Saat-saat matahari terbenam di ufuk barat adalah hal yang paling dinantikan oleh para pelancong ke pulau ini. Jika cuaca cerah, pengunjung bisa menikmati sunset di atas pantai yang begitu indah. Hal seperti ini biasanya jarang ditemui di wisata bahari lainnya di Indonesia.

5. Abadikan momen

Berfoto adalah salah satu dari sekian banyak aktivitas menarik yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke pulau ini. Ada banyak tempat menarik yang bisa dijadikan latar untuk mengabadikan momen liburan yang tak terlupakan, seperti saat matahari terbenam atau pemandangan bawah laut.

6. Perburuan Tangan

Belanja oleh-oleh sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang yang berlibur di suatu destinasi wisata, begitu juga saat berkunjung ke Pulau Mansinam. Penduduk setempat menjual berbagai macam kerajinan khas Manokwari yang bisa menjadi pilihan pengunjung untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman.

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi di dekat Pulau MansinamKredit gambar: Google Maps Claudio C.

1. Teluk Oriestom

Wisatawan dari luar Papua yang ingin berkunjung ke Pulau Mansinam pasti membutuhkan akomodasi. Oriestom Bay adalah salah satu yang bisa dijadikan pilihan. Hotel ini sangat ideal bagi mereka yang membawa anak-anak. Fasilitas yang disediakan juga cukup memadai seperti sarapan pagi, akses WiFi, AC, parkir, penjemputan di bandara dan tentunya akses menuju lokasi pulau yang cukup dekat.

2. Resor Mansinam

Hotel yang berdiri sejak 2007 ini bisa menjadi pilihan akomodasi selanjutnya. Hotel ini memiliki sekitar 45 kamar dengan fasilitas yang lengkap. Selama menginap di hotel, pengunjung dapat menikmati fasilitas seperti TV, AC, layanan kamar, WiFi dan masih banyak lagi. Yang menarik pengunjung bisa langsung menikmati pemandangan pantai pulau cantik ini.

3. Quattrick Dee Homestay

Properti ini juga cukup dekat dengan sejumlah tempat wisata di Manokwari, termasuk Pulau Mansinam. Terletak di kawasan Reremi Permai, hostel ini menawarkan fasilitas umum yang cukup lengkap. Bahkan pengelola hostel juga menawarkan jasa pemandu wisata yang siap mengantar pengunjung ke tempat wisata yang diinginkan.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau Mansiam PulauKredit gambar: Google Maps Kawi Boedisetio

Pulau Mansiman menawarkan sejumlah fasilitas lengkap bagi pengunjung, salah satunya adalah dermaga. Jadi, saat berkunjung menggunakan jetsky, kapal cepat, atau moda transportasi air lainnya, pengunjung tak perlu bingung harus meninggalkannya di mana. Karena pulau ini menawarkan dermaga di tepi laut yang menjamin keamanan kendaraan pengunjung.

Selain dermaga, juga terdapat fasilitas penunjang seperti kamar mandi yang terjaga kebersihannya. Pengelola kawasan wisata ini juga menyediakan gazebo, mengingat teriknya matahari di kawasan pantai. Pengunjung bisa beristirahat di sejumlah gazebo yang telah disediakan sambil makan dan menikmati pemandangan pantai.

Ingin mencicipi masakan khas Manokwari? Pengunjung juga bisa mencobanya di sejumlah restoran yang berjejer di pulau ini. Menu yang ditawarkan cukup bervariasi dan terjangkau, sehingga bisa disesuaikan dengan selera setiap orang.

Demikian informasi tentang Pulau Mansinam di Manokwari. Ingin merasakan sendiri bagaimana rasanya berlibur di Tanah Injil ini? Rencanakan liburan Anda sekarang dan jangan lupa untuk menggunakan informasi di atas sebagai referensi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button