Jamin Keselamatan Penumpang Libur Nataru, Dishub Solo Periksa 3 Bus PO - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Jamin Keselamatan Penumpang Libur Nataru, Dishub Solo Periksa 3 Bus PO – Solopos.com

SOLOPOS.COM — Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo melakukan pengecekan bus di PO Rajawali Garage, Solo, Selasa (20/12/2022). Kegiatan ini merupakan rangkaian review ibadah Natal dan Tahun Baru (Nataru). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO Tim gabungan dari Dinas Perhubungan atau Dishub Solo dan Polres Solo melakukan pemeriksaan terhadap tiga bus PO dan pemeriksaan registrasi dan keamanan atau ramp check bus jelang libur Natal dan Tahun Baru.

Hal ini sebagai bagian dari pemeriksaan kecukupan angkutan penumpang dan pengurangan risiko kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Tim gabungan mengunjungi tiga Perusahaan Bus (PO) pada Selasa (20/12/2022), yakni Rosalia Indah, Rajawali, dan Mata Trans.

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

Pemeriksaan ramp check bus diawali dengan kunjungan ke PO Rosalia Indah. Petugas memeriksa road approval seperti roda, rem, lampu sein, lampu depan. serta dokumen kelengkapan kendaraan seperti Kir-Test.

Dari tiga unit bus yang disampel saat pemeriksaan PO bus oleh Dishub Solo, seluruhnya dinyatakan beroperasi untuk mengangkut penumpang pada perayaan Natal dan Tahun Baru. Kemudian tim gabungan bergerak ke bengkel PO Rajawali.

Di garasi tersebut terdapat Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKDP) dengan jurusan Solo Semarang. Dari dua sampel bus tersebut, salah satunya harus melengkapi alat pemadam api ringan (APAR) dan memperbaiki kaca depan bus sebelum beroperasi.

Baca Juga : Santai! Perayaan Natal di Gereja Solo dijaga oleh 1.018 Petugas Keamanan Gabungan

“Bus yang beroperasi memiliki plakat Departemen Perhubungan [Kemenhub]. Ini menunjukkan bus mampu mengangkut penumpang,” kata Kepala Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Solo, Henry Sagara, Selasa.

Terakhir, tim gabungan dari Dishub Solo mengunjungi bengkel bus PO Mata Trans, tiga unit bus yang dilakukan ramp check dinyatakan beroperasi. Selama ini PO Mata Trans tidak mengoperasikan rute reguler melainkan voyage charter tour.

Menurut Henry, verifikasi kelaikan kendaraan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk memastikan setiap bus memenuhi Standard Operating Procedure (SOP) angkutan penumpang.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, DPUPR Solo Kerahkan Tim Sapu Sisir Lubang Jalan Rusak

“Ramp control harus ada untuk memastikan keselamatan penumpang selama liburan bank panjang seperti Idul Fitri atau Natal dan Tahun Baru. Mulai dari lampu, rem, steering gear, kaca depan dan kaca belakang,” ujarnya.

Dengan memperkuat pemeriksaan kelayakan lalu lintas Natal dan Tahun Baru, angka kecelakaan lalu lintas saat peak season atau puncak perjalanan di akhir tahun bisa ditekan. Upaya serupa juga dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri. Kelayakan pengangkutan orang saat lebaran harus dijamin dengan segala cara.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button