Tiket dan Aktivitas Taman Nasional Way Kambas - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas Taman Nasional Way Kambas

Tiket dan Aktivitas Taman Nasional Way Kambas

Harga tiket masuk Taman Nasional Way Kambas : Rp 5.000 – Rp 7.000. Jam buka: 08:00 – 18:00. Nomor Telepon: 0725 44220. Alamat/Tempat: Jl.Taman Nasional Way Kambas, Labuhan Ratu, Lampung Timur, Lampung, Indonesia, 34194.

Indonesia memiliki alam dan ekosistem yang menakjubkan. Padahal, banyak bagian Indonesia yang masih sangat alami dan asri. Memang, hewan endemik masih liar hidup di sana. salah satunya adalah Taman Nasional Way Kambasekosistem alami yang terkenal dengan gajahnya.

Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu dari dua taman nasional yang ada di Lampung. Ekosistem yang utuh memungkinkan berbagai flora dan fauna berkembang dengan baik. Pengunjung juga bisa merasakan betapa alaminya ekosistem taman nasional ini. Dengan satwa liar yang menempati ekosistem Way Kambas.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Way Kambas

Sebagai kawasan konservasi dan objek wisata, pengunjung yang datang memiliki tujuan tertentu. Ada yang berkunjung untuk wisata, ada yang berkunjung untuk penelitian. Tidak hanya itu, ada juga yang berkunjung untuk membuat film atau video. Tarif yang dikenakan bervariasi sesuai dengan tujuan kunjungan.

Tiket masuk pengunjung umum (min. 10 orang)
Pelancong domestik turis internasional
Tiket masuk untuk hari biasa Rp5.000 Rp 150.000
Tiket masuk liburan Rp7.000 Rp 225.000
Tiket masuk rombongan pelajar/mahasiswa (min. 10 orang)
Pelancong domestik turis internasional
Tiket masuk untuk hari biasa Rp3.000 Rp 100.000
Tiket masuk liburan Rp3.000 Rp 100.000
Tarif parkir
Roda 2 Rp5.000
Roda 4 Rp 10.000
Roda 6 Rp 50.000
Sepeda Rp 2.000
Kegiatan kelompok (min. 10 orang)
Aktivitas Umum Pelajar / Pelajar
Berkemah Rp5.000 Rp 2.500
eksplorasi hutan Rp5.000 Rp 2.500
Pengamatan satwa liar Rp 10.000 Rp5.000
Pelatihan keluar Rp 150.000 Rp 75.000
Cuplikan film komersial
Video komersial Rp 10.000.000
Handycam Rp 1.000.000
Foto Rp 250.000
Kegiatan penelitian di wilayah Way Kambas
warga negara Indonesia Warga negara Asing
<1 bulan Rp 100.000 Rp 5.000.000
1-6 bulan Rp 150.000 Rp 10.000.000
1-12 bulan Rp 250.000 Rp 15.000.000

Baca: PANTAI KERANG MAS, Tiket Masuk Lampung dan Berbagai Kegiatannya

Jam operasional

Wisata Alam Taman Nasional Way Kambas ditutup sementara untuk umum hingga pengumuman lebih lanjut.

Waktu berkunjung Way Kambas bagi wisatawan umum adalah dari pagi hingga sore hari. Untuk kegiatan lain seperti penelitian atau lainnya yang perlu dilakukan di luar jam kerja, harap menghubungi pengelola.

Jam operasional
Setiap hari 08.00-18.00 WIB

Mendaki di Taman Nasional Way Kambas

Gajah mandi di sungaiGajah mandi di sungai. Foto: Gmap/Tambayu Rizqi

Baca: Tiket Masuk PUNCAK MAS Lampung dan Beragam Wahana Seru

Secara geografis, Way Kambas terletak di bagian tenggara pulau Sumatera, tepatnya di provinsi Lampung. Menempati area seluas sekitar 125.631,31 hektar, yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna serta alam yang indah.

Berdasarkan cerita, pembuatan Way Kambas dimulai pada tahun 1936 oleh seorang warga Lampung, Pak Rookmaker. Kemudian ditetapkan sebagai kawasan konservasi alam untuk melindungi berbagai satwa liar.

Way Kambas memiliki topografi yang relatif datar hingga landai, dengan ketinggian 0 hingga 50 meter di atas permukaan laut, di wilayah timur merupakan kawasan lembah yang dibelah oleh sungai yang membentuk topografi berbukit.

Selain itu, jenis tanah yang paling banyak terdapat di kawasan taman nasional ini adalah podsolik. Rata-rata umur tanah relatif muda, hal ini disebabkan oleh sedimentasi atau pengendapan.

Way Kambas juga memiliki kawasan savana, hutan, dan sungai. Pengunjung bisa berfoto langsung di savana dengan binatang yang biasanya gajah.

Jika masuk ke dalam hutan, pengunjung juga akan menjumpai gajah yang sedang mandi. Atau berjalan di sungai sambil menyemprotkan air ke seluruh tubuh.

Pusat Konservasi Gajah

Gajah berjalan di kawasan hutanGajah berjalan di kawasan hutan. Foto: Gmap/Oktora Wijayanto

Baca: Tiket Masuk SAKURA BUKIT Lampung dan Berbagai Wahananya

Gajah merupakan salah satu satwa yang paling intensif dikelola oleh Taman Nasional Way Kambas. Gajah-gajah ini ditempatkan di Pusat Latihan Gajah (PLG). Awalnya, tujuan pembuatan PLG adalah untuk memastikan gajah terlatih dan tidak menyerang manusia. Karena harapan PLG adalah menjadi pusat konservasi gajah sumatera yang berkualitas.

Gajah-gajah ini dilatih dengan berbagai latihan yang menjinakkannya. Diantaranya dilatih menangkap, atraksi dan beberapa pekerjaan. Atraksi ini bisa dilihat oleh pengunjung, bahkan pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan gajah. Di antara atraksinya adalah gajah menari, menendang bola, berparade bahkan melangkahi barisan orang.

Selain itu, pengunjung juga bisa menaiki gajah. Yang paling seru adalah safari malam, dimana pengunjung dapat berkendara melewati hutan sambil menunggangi gajah. Atraksinya seru karena berlangsung pada malam hari, di hutan yang gelap dan dingin. Di sinilah adrenalin pengunjung akan ditantang untuk menyusuri kawasan PLG.

Pengamatan Burung di Resor Way Kanan

konservasi gajah di Taman Nasional Way KambasManajer dengan gajah. Foto: Gmap/Faisal Reza Sukmawan

Baca: Tiket Masuk Lampung Green Valley dan Aktivitas Menariknya

Selain pusat pelatihan gajah, ada satu tempat yang wajib dikunjungi yaitu Way Kanan Resort. Di kawasan ini terdapat berbagai jenis ekosistem yang masih sangat asri. Letaknya strategis untuk menjangkau tempat-tempat wisata alam menarik lainnya yang mengelilinginya. Dimana lokasi ini dekat dengan Kalibiru, Kuala Kambas dan Wako.

Sepanjang Sungai Way Kanan hingga Pantai Kuala Kambas, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang indah. Ini adalah gradasi tipe ekosistem yang sangat menarik. Mulai dari ekosistem riparian, hutan payau, hutan mangrove dan hutan pantai. Kawasan ini dekat dengan alur sungai yang memiliki hutan hujan dataran rendah dan ekosistem rawa.

Pengunjung dapat menyaksikan burung di kawasan ini. Dimana terdapat berbagai jenis burung yang beberapa diantaranya sudah langka. Diantaranya adalah jenis hutan tempel, burung elang, burung enggang, dan beberapa jenis burung kecil lainnya. Jika kondisi sedang tenang, pengunjung bisa mengamati burung ini dari dekat.

Baca: 8 Tempat Wisata Menarik di Lampung

Lokasi Taman Nasional Way Kambas

Taman nasional ini terletak di Lampung, tepatnya di Kabupaten Labuhan Ratu, Lampung Timur. Terletak sekitar 90 kilometer dari kota Bandar Lampung. Dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam berkendara.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button