Pulau Konawe Bokori, pulau eksotis dan pesona keindahan bawah laut - WisataHits
wisatahits

Pulau Konawe Bokori, pulau eksotis dan pesona keindahan bawah laut

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tapulaga, Kec. Soropia, Kab. Konawe, Sulawesi Tenggara; Kasus: Cek lokasi

Pulau Bokori merupakan pulau kecil di Sulawesi Tenggara yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Tempatnya yang selalu asri dan alami juga didukung dengan lingkungan yang bersih dan terawat. Tidak hanya menjadi tujuan wisata favorit bagi wisatawan lokal tetapi juga wisatawan asing yang ingin memiliki pengalaman liburan yang berkesan.

Padahal, pulau ini merupakan kawasan perkampungan nelayan suku Bajo. Mereka mulai menetap di pesisir pulau pada pertengahan tahun 80-an.Kemudian dengan potensi tersebut, banyak wisatawan mulai datang dan menikmati suasana khas pantai. Saat ini, lokasi wisata di pulau ini mulai dikelola untuk menambah daya tarik bagi pengunjung.

Memang, Pulau Bokori sejak lama dinilai berpotensi menjadi destinasi wisata yang bisa diandalkan. Oleh karena itu, pembangunan mulai digalakkan. Berbeda dengan pulau lainnya, pulau ini didesain dengan pepohonan kecil dan dipelihara oleh pemerintah Sulawesi Tenggara. Keberadaan pepohonan ini membuatnya tampak seperti sebuah pulau di tengah lautan yang tampak teduh.

Atraksi Pulau Bokori

Atraksi Pulau BokoriKredit gambar: Google Maps saldy flahara

1. Pulau Eksotis

Pulau ini memiliki pesona yang tidak kalah dengan Pulau Dewata Bali. Dengan air laut yang masih berhembus, membuat udara menjadi segar, khas suasana pantai. Pulau Bokori juga dikelilingi pasir putih, sedangkan air laut di sekitarnya berwarna biru jernih di bibir Teluk Kendari. Berkat upaya pemerintah, keindahan pulau ini semakin menawan.

Pepohonan berjejer di sekeliling pulau, sehingga pulau ini terlihat rindang. Memang, pohon-pohon ini dirancang sedemikian rupa, karena membuatnya lebih indah. Pulau dengan pasir putih dan air laut biru ini semakin indah dan terlihat seperti pantai tropis karena pepohonan tersebut.

2. Pemandangan bawah laut

Di perairan pulau ini hidup berbagai terumbu karang dan bentuk kehidupan lainnya, seperti ikan warna-warni yang menjadi daya tarik pulau ini. Dengan berbagai macam spesies laut yang hidup di sekitar perairan ini, banyak wisatawan datang untuk menyelam untuk melihat sendiri pemandangan laut yang luar biasa.

3. Tempat menarik

Daya tarik paling populer di Pulau Bokori adalah kawasan sabana. Banyak pengunjung yang datang untuk menjelajah atau sebagai tempat untuk berfoto. Padang sabana terlihat sangat indah dan unik, sehingga sayang untuk dilewatkan oleh wisatawan. Selain itu, ada juga tempat menarik lainnya seperti bukit yang bisa didaki.

Sesampainya di puncak bukit, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang tak kalah indahnya. Air laut yang biru jernih dan desa Bajo akan terbentang di depan mata Anda. Bungalo dan pepohonan yang tersebar luas juga membuat pemandangan semakin indah. Ditambah dengan pasir putih yang ada di sekitar pantai semakin sempurna.

4. Hutan mangrove

Objek wisata milik Pulau BokoriKredit Gambar: Instagram Endang Kurniati

Di sekitar pantai terdapat hutan mangrove. Wisatawan bisa menikmati kesejukan hutan mangrove ini dengan menyeberangi jembatan yang menghubungkan titik pengamatan di antara pepohonan mangrove. Daya tarik karena tempat ini bisa menjadi spot foto atau sekedar menikmati udara segar sambil melihat pemandangan.

5. Matahari terbenam

Saran terbaik untuk datang ke Pulau Bokori adalah pada siang hari dan cuaca cerah, sehingga wisatawan akan menikmati matahari terbenam yang sejuk. Tempat ini sangat strategis untuk melihat sunset. Keindahan sunset menjadi daya tarik tersendiri karena pemandangan pantai dan laut yang berpadu dengan langit sore sangat mengesankan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau BokoriKredit gambar: Google Maps Rynaldo T

Pulau Bokori terpisah dari daratan namun masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Jika Anda datang dari kota Kendari, Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau taksi.

Jaraknya kurang lebih 30 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam melalui Jl.RE Martadinata. Sesampainya di Soropia, Anda bisa menggunakan perahu lokal untuk menyeberang.

Untuk menyeberang di Bokori, perjalanan yang diusulkan memakan waktu sekitar 5 hingga 10 menit. Akan ada banyak penduduk lokal dari desa-desa di sekitar Bokori yang menawarkan layanan feri sehingga Anda tidak akan kesulitan. Sesampainya di pulau anda sudah memasuki kawasan wisata dan bisa berkeliling dan menyusuri pulau.

Perkiraan Biaya Perjalanan ke Pulau Bokori

Perkiraan Biaya Perjalanan ke Pulau BokoriKredit gambar: Google Maps Diah Fitriani

Jika Anda ingin pergi ke Pulau Bokori, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Buka setiap hari selama 24 jam, Anda tidak perlu membayar tiket masuk, Anda hanya perlu membayar biaya perjalanan. Kapal lokal yang akan mengantar Anda ke pulau ini hanya perlu membayar ongkos Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Jika Anda datang rombongan, Anda bisa menyewa perahu seharga Rp 100.000.

Di kawasan pulau ini juga disediakan resort dan losmen. Jika Anda ingin bermalam, Anda bisa menyewa kamar. Biaya sewanya sendiri bervariasi. Anda bisa menyewa rumah yang berisi banyak kamar dengan tarif Rp 1.500.000 dan jika menyewa komplek bisa sampai Rp 2.000.000 per malam namun tentunya didukung dengan fasilitas dan fasilitas yang akan memanjakan Anda.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Bokori

Aktivitas Seru di Pulau BokoriKredit Gambar: Instagram One Woman

Berada di Pulau Bokori, Anda tidak akan bosan. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan. Tak heran jika banyak wisatawan yang menginap di pulau ini berhari-hari karena asyiknya berlibur. Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan banyak aktivitas di pulau ini, pastikan Anda memiliki waktu liburan yang cukup.

1. Snorkeling

Snorkeling adalah kegiatan yang dilakukan oleh banyak pengunjung. Dengan air laut yang jernih, serta pemandangan bawah laut yang indah, tempat ini menjadi tempat yang menyenangkan untuk kegiatan ini. Anda juga bisa mencobanya jika berada di pulau ini untuk liburan yang lebih seru.

2. Berburu saat matahari terbenam

Aktivitas yang paling banyak dilakukan pengunjung adalah berburu saat matahari terbenam. kegiatan murah, tetapi akan sangat efektif. Pemandangan matahari terbenam yang indah akan membuat Anda betah duduk berlama-lama menyaksikan pemandangan ditemani matahari terbenam. Jika Anda menyukai fotografi, latar belakang matahari terbenam akan menghasilkan gambar siluet yang indah.

3. Tempat Tidur Gantung Berjenjang

Aktivitas Seru di Pulau BokoriKredit gambar: Google Maps Ade Rukmini

Kegiatan ini akan lebih seru jika Anda datang dengan rombongan. Anda bisa mengatur hammock bersama teman atau keluarga untuk bersantai sambil menikmati pemandangan pantai yang indah. Kegiatan ini akan membuat liburan Anda semakin seru dan akan membuat suasana bersama rombongan semakin hangat.

4. Coba berbagai wahana

Di pulau ini, ada beberapa wahana yang mendebarkan untuk dicoba. Jika Anda menyukai aktivitas yang memacu adrenalin, Anda bisa mencoba banana boat atau jet ski. Ada juga kano jika Anda ingin merasakan naik perahu dan menikmati laut dari dekat.

5. Keliling pulau

Pulau Bokori memiliki beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi. Anda dapat berjalan-jalan dan menemukan tempat-tempat yang memiliki pemandangan berbeda. Savannah adalah salah satu tempat favorit Anda untuk dikunjungi. Anda juga bisa mendaki bukit untuk melihat desa dan pemandangan laut dari ketinggian.

Akomodasi murah terdekat

Zahra Syariah Hotel KendariKredit Gambar: Google Maps A Irdiansyah

1. Hotel Zahra Syariah Kendari

Hotel ini merupakan hostel dengan kamar yang nyaman dan fasilitas yang memadai. Setiap kamar akan dilengkapi dengan AC, minibar, dan kulkas. Wi-Fi gratis juga tersedia. Bagian penerima tamu juga tersedia 24 jam sehari dan ada juga layanan kamar. Hotel ini juga menawarkan pusat kebugaran dan sarapan untuk para tamu.

2. Claro Kendari

Hotel ini memberikan kenyamanan bagi Anda dengan fasilitas yang disediakan. Setiap kamar dilengkapi dengan TV, minibar, dan AC. Selain itu, Wi-Fi gratis juga tersedia untuk Anda. Selain menawarkan resepsionis 24 jam, layanan kamar, dan concierge, hotel ini juga menawarkan kolam renang dan sarapan tamu.

3. Hotel Athaya

Hotel ini menawarkan layanan seperti di rumah sendiri. Dengan fasilitas yang memadai membuat Anda semakin nyaman. Setiap kamar memiliki minibar, AC, Wi-Fi gratis, dan meja. Ada juga pusat kebugaran dan sarapan gratis. Hotel ini juga strategis karena dekat dengan tempat umum.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Bokori

Fasilitas Pulau BokoriKredit gambar: Google Maps Gasa Bahar Putra

Pulau Bokori sudah memiliki fasilitas yang memadai. Ada MCK bersih, serta kamar mandi untuk dibersihkan. Ada juga gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat. Ada juga kafe dan restoran serta toko suvenir di daerah tersebut.

Selain spot foto alam, kawasan ini juga menyediakan spot foto buatan. Dibangun oleh Departemen Permukiman, spot-spot tersebut dibuat sangat unik dan eye-catching. Tak heran jika banyak pengunjung yang antre untuk berfoto.

Beragam wahana juga disiapkan untuk membuat liburan Anda semakin seru. Jika ingin bermalam, tersedia juga villa dan cottage. Anda dapat memilih akomodasi dengan tarif berbeda.

Pulau Bokori tidak luas tapi sangat indah. Pemandangan alam yang disajikan akan membuat Anda betah. Tak hanya itu, ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan. Dengan fasilitas dan wahana yang disediakan, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Anda akan mendapatkan liburan yang seru dan berkesan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button