Air terjun dua warna sibolangit, pesona alam yang asri dan asri - WisataHits
wisatahits

Air terjun dua warna sibolangit, pesona alam yang asri dan asri

Harga tiket: Rp25.000, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Desa Durin, Kecamatan. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Salah satu tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di Deli Medium adalah Air Terjun Dua Warna Sibolangit. Air terjun setinggi 75 meter mengalir dari salah satu sungai yang mengalir di Gunung Sibayak. Melewati tebing-tebing berbatu yang menjulang tinggi yang ditumbuhi lumut dan tanaman hijau.

Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan air terjun dan alam di sekitarnya yang masih sangat asri. Selain itu, banyak wisatawan yang berkunjung karena penasaran akan keunikannya. Seperti namanya, air terjun ini sangat unik karena memiliki dua aliran besar dengan warna yang berbeda.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi pecinta alam dan petualangan. Lokasinya yang berada di tengah hutan, memaksa wisatawan untuk melakukan perjalanan melalui hutan dengan berbagai tantangan. Namun, rasa lelah selama perjalanan akan hilang saat Anda menemukan Air Terjun Sibolangit yang menakjubkan.

Atraksi air terjun dua warna

Daya tarik air terjun dua nadaKredit Gambar: Twitter.com @indonesiafinder

1. Pemandangan hijau dan indah

Tempat wisata ini wajib dikunjungi, terutama bagi para traveler yang menyukai pemandangan alam yang hijau. Ini terdiri dari dua aliran besar dan beberapa air terjun kecil yang mengalir melalui permukaan tebing. Lumut hijau dan tanaman kecil di dinding tebing membuat pemandangan semakin menyegarkan.

Dikelilingi pepohonan yang hijau dan rindang, tempat wisata ini semakin asri. Dari tempat parkir hingga lokasi air terjun, semuanya masih sangat alami. Tidak ada bangunan modern yang merusak keindahan tempat ini.

2. Hutan yang teduh

Lokasi air terjun Dua Warna cukup jauh masuk ke dalam hutan. Perjalanan yang dibutuhkan untuk mencapai lokasinya juga membutuhkan banyak tenaga dan perjuangan. Ini sebenarnya tantangan yang menarik bagi para adrenaline junkies.

Keteduhan pepohonan di hutan akan menemani perjalanan wisatawan menuju lokasi air terjun. Berada di ketinggian kurang lebih 1470 meter di atas permukaan laut, Anda bisa menikmati segarnya udara sepanjang jalan menembus hutan.

3. Cascade panorama dengan dua warna

Daya tarik utama yang membuat tempat ini berbeda dari yang lain adalah dua air terjunnya yang berbeda warna. Sebagian besar air terjun di Indonesia hanya berupa satu atau lebih aliran air terjun, namun dengan warna air yang sama jernihnya.

Sedangkan salah satu daya tarik bumi perkemahan Sibolangit, satu aliran berwarna biru muda dan yang lainnya berwarna putih keabu-abuan. Dinding tebing di belakangnya yang ditumbuhi tanaman hijau semakin memperindah pemandangan air terjun yang unik ini.

Atraksi air terjun dua nadaKredit gambar: Facebook.com @like-medan

4. Air Terjun Sulfur

Salah satu aliran air terjun Sibolangit dua warna, berwarna putih keabu-abuan, mengandung belerang atau belerang. Adanya zat tersebut dikarenakan letak air terjun di tanah vulkanik, di sekitar Gunung Sibayak.

Selain warna yang berbeda, kandungan belerang juga membuat air lebih hangat. Tidak seperti kebanyakan air terjun yang biasanya memiliki air yang sangat dingin dan sejuk.

5. Suasana tenang

Selain pemandangannya yang hijau, daya tarik air terjun di tengah hutan hujan tropis ini adalah suasananya yang tenang. Jauh dari kebisingan kota dan pemukiman, sehingga cocok bagi wisatawan yang ingin mendapatkan ketenangan batin.

Bepergian melalui hutan, wisatawan dapat menikmati suasana damai jauh dari keramaian dan hiruk pikuk. Wisatawan hanya akan mendengar suara alam seperti burung dan binatang hutan. Saat Anda mendekati lokasi air terjun, Anda dapat mendengar suara air mengalir yang begitu menenangkan.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk

Alamat kaskade dua warnaKredit gambar: Facebook.com @indonesianphotography

Wisata Air Terjun Dua Warna terletak di desa Durin, kawasan Gunung Sibayak, Sumatera Utara. Lokasinya mudah ditemukan karena berada di perkemahan Sibolangit yang terkenal. Kawasan ini dapat diakses dari Medan dengan jarak tempuh sekitar 60 km. Transportasi umum tersedia seperti bus untuk sampai ke perkemahan.

Namun, lebih mudah dan efisien jika wisatawan menggunakan kendaraan pribadi. Setelah sampai di tempat parkir, perjalanan dilanjutkan melewati hutan. Wisatawan harus mempersiapkan tenaga dan mental untuk berjalan kaki sekitar 3 jam menuju lokasi air terjun.

Bagi pengunjung objek wisata alam air terjun Sibolangit dikenakan tiket masuk. Setiap wisatawan membayar tiket sebesar Rp25.000 untuk bisa masuk dan menikmati keindahan yang disajikan.

Jika Anda ingin menyewa pemandu wisata, biayanya sekitar Rp 250.000. Layanan pemandu ini sangat diperlukan mengingat jalan yang akan dilalui adalah hutan yang cukup lebat.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Dua Warna

Aktivitas di air terjun dua warnaKredit gambar: Instagram.com @anezsandyova

1. Jalan-jalan di hutan

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan Air Terjun Dua Warna sebaiknya melakukan trekking terlebih dahulu di dalam hutan. Lokasi air terjun ini berada di tengah hutan tropis yang rimbun dan hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Perjalanan melalui hutan menuju air terjun memakan waktu antara 2 hingga 3 jam. Jika lelah anda bisa istirahat terlebih dahulu tentunya waktu untuk menuju air terjun akan lebih lama. Wisatawan harus dalam keadaan sehat dan menyiapkan air minum sebelum melakukan perjalanan ini.

Banyak plang yang akan membantu wisatawan menemukan lokasi air terjun. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman dan khawatir tersesat saat menyusuri hutan, Anda bisa meminta jasa pemandu wisata untuk membantu Anda dan rombongan mencapai air terjun.

2. Nikmati keindahan dua air terjun warna-warni

Wisatawan bisa beristirahat sejenak setelah berhasil menyelesaikan perjalanan yang cukup melelahkan menuju air terjun. Anda bisa duduk tenang sambil menikmati panorama tak biasa dari air terjun dua warna ini. Anda juga bisa menikmatinya sambil mengisi perut dengan makanan siap saji.

Pengunjung atau wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan air terjun. Pepohonan yang rindang dan hijau begitu menyegarkan mata. Pemandangan ini bisa menjadi terapi bagi Anda yang merasa lelah dan penat dari kesibukan sehari-hari.

3. Bermain di kolam air terjun

Tidak lengkap rasanya mengunjungi air terjun tanpa bermain air. Aliran air terjun ini jatuh ke kolam besar di bawahnya. Pengunjung diperbolehkan bermain di kolam dengan menjaga jarak aman atau tidak terlalu dekat dengan titik jatuh aliran air terjun.

Wisatawan bisa merendam kaki agar lebih rileks setelah berjalan berjam-jam. Namun yang harus diingat wisatawan adalah jangan meminum air dari tempat ini. Ini demi keamanan karena airnya mengandung belerang yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

Aktivitas air terjun dua warnaKredit gambar: Instagram.com @ninopratama91

4. Ambil gambar

Saat menikmati suguhan alam di kawasan wisata Air Terjun Bicolor Sibolangit, jangan lupa untuk berfoto. Ada banyak keindahan yang menarik untuk diabadikan dalam bidikan.

Wisatawan bisa berfoto di kawasan hutan yang dilalui dalam perjalanan menuju atau dari air terjun. Anda juga wajib berfoto dengan latar air terjun unik ini. Di sekitar air terjun juga terdapat batu-batu besar yang bisa dijadikan sebagai background foto anda agar hasilnya lebih bagus.

5. Perkemahan

Bagi para petualang sejati yang ingin menikmati alam, jangan lewatkan kesempatan untuk berkemah atau camping di kawasan wisata ini. Lokasinya memang berada di dalam kompleks camping, sehingga wisatawan bisa mendirikan tenda di area tersebut.

Wisatawan bisa bermalam dan beristirahat di tenda untuk menyiapkan tenaga untuk keesokan harinya. Kemudian di pagi hari, perjalanan bisa dilanjutkan menuju lokasi air terjun. Jika Anda menginap malam sebelumnya, Anda akan lebih siap untuk perjalanan hutan selama satu jam ke air terjun.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Bicolor Sibolangit

Instalasi air terjun dua nadaKredit Gambar: Facebook.com @officialsumutkita

Di lokasi air terjun ini belum banyak pembangunan karena masih sangat alami. Tidak ada warung makan atau persewaan peralatan wisata. Dengan demikian, pengunjung harus membawa bekal sendiri seperti makanan dan air mineral.

Tempat parkir untuk pengunjung terletak di perkemahan. Tempat parkir terletak cukup jauh dari air terjun. Setelah perjalanan dengan kendaraan, Anda harus berjalan melewati hutan. Tidak ada jalan beraspal atau jalan setapak, semuanya benar-benar alami.

Sedangkan bagi wisatawan yang ingin bermalam, dapat menggunakan fasilitas camping yang ada di bumi perkemahan Sibolangit. Terdapat area medan yang aman dan khusus untuk acara camping atau camping. Dalam perjalanan menuju air terjun, wisatawan dapat menggunakan fasilitas pemandu wisata yang tersedia.

Itulah pesona keindahan Air Terjun Dua Warna Sibolangit yang juga unik dan berbeda dari yang lain. Tempat wisata ini menawarkan pesona alam yang masih sangat asri dan berbagai atraksinya. Bisa menjadi destinasi wisata yang direkomendasikan bagi pecinta alam dan petualangan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button