Jogja menyapa: Jogja membuka Gapuraning Jagad dan memperkenalkan mahasiswa baru tentang keistimewaan DIY - WisataHits
Jawa Barat

Jogja menyapa: Jogja membuka Gapuraning Jagad dan memperkenalkan mahasiswa baru tentang keistimewaan DIY

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Paniradya
Kaistimewan menyambut mahasiswa baru di saat yang tepat untuk memperkenalkan Yogyakarta dengan kekhasannya.

Kekhasan Jogja kami perkenalkan baik dari segi pergaulan, pola perilaku santun, keramahan, seni, budaya, kuliner dan berbagai hal menarik dan unik lainnya.

Dengan latar belakang mahasiswa di Yogyakarta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, maka perlu menjalin kedekatan dan merangkul mahasiswa dengan mengenalkan adat dan tata krama selama tinggal di Yogyakarta.

“Berasal dari berbagai provinsi di Indonesia dengan latar belakang budaya yang berbeda, penduduk baru tidak serta merta menjadi orang DIY (Jawa), tetapi tetap dapat membawa unsur dan identitas budayanya sendiri untuk melengkapi dan menyesuaikan diri dalam kerangka kehidupan bermasyarakat’ ujarnya dalam Tertulis Pernyataan Ketua DIY Aris Eko Nugroho.

Dengan mengusung tema “Jogja Ambuka Gapuraning Jagad” yang memiliki makna Yogyakarta sebagai miniatur Indonesia, Yogyakarta dengan berbagai potensi keistimewaan di dalamnya sebagai rumah kedua bagi setiap pendatang baru dalam mewujudkan impian dan harapannya, Yogyakarta sebagai pintu gerbang yang dapat mereka buka untuk mewujudkannya. mimpi dan harapan, melalui pendidikan perkotaan sebagai Candradimuka, melalui kota budaya sebagai wadah pendidikan bangsawan dan melalui kota wisata sebagai pusat perhatian.

Dengan mengenal dan memahami satu sama lain, para penghuni baru (dalam hal ini mahasiswa baru) harus saling memahami dan memahami, lebih mengenal satu sama lain dan membangun hubungan yang semakin erat.

Sehingga proses akulturasi dan inkulturasi budaya terus berlanjut antara warga baru dengan masyarakat DIY, sekaligus memupuk semangat Bhinneka Tunggal Ika yang telah ditanamkan sejak lama.

Acara ini akan berlangsung pada hari Jumat, 21 Oktober 2022 pukul 18.30 WIB di Gerbang Barat Kepatihan, Malioboro.

Ada sapaan flash mob jogja bersama komunitas dan penampilan special guest star lho. (rls/rbt)

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button