Pulau Kayangan Makassar - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Kayangan Makassar – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp40.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Indonesia adalah negara dengan banyak pulau kecil yang menyimpan surga keindahan yang tersembunyi. Pulau Kayangan yang terletak di Sulawesi Selatan merupakan salah satu pulau yang memiliki keindahan alam yang memukau. Pulau ini memiliki panorama alam yang berbeda dengan pulau-pulau lain di kawasan ini. Yuk intip serunya mengunjungi Pulau Kayangan di Makassar.

Daya Tarik Pulau Kayangan

Atraksi Pulau KhayanganKredit Gambar: Google Maps Muhammad Dadang Kurnia

Tampak dari jauh Anda akan melihat Pulau Kayangan yang sudah memancarkan pesona yang sangat indah. Pemandangan ini sepertinya membuat siapa saja ingin datang dan mengunjungi pulau tersebut. Berwisata ke pulau ini, pengunjung bisa menikmati keindahan kota Makassar. Anda juga akan merasakan udara yang sangat segar dengan pemandangan pantai biru yang luas di depan mata Anda.

Pulau Kayangan memiliki luas sekitar satu hektar dan merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Oleh karena itu pulau ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan keluarga dan juga untuk menghabiskan waktu liburan. Saat Anda tiba di Pulau Kayangan, hamparan pasir putih akan semakin terlihat dan air laut akan tampak jernih hingga interior pulau tampak.

Di pesisir pantai, pengunjung bisa melihat birunya air laut yang berpadu dengan rimbunnya pepohonan dan gugusan pulau-pulau kecil. Tak hanya itu, matahari terbenam juga terlihat jelas dari sudut ini. Pengunjung bisa melihat hiruk pikuk pelabuhan dengan kapal-kapal besar dari jauh. Sedangkan pada malam hari, pulau ini memperlihatkan wajah lain kota Makassar dan pelabuhan yang penuh dengan lampu.

Saat baru tiba di dermaga, pengunjung akan disuguhkan dengan pasir pantai yang bersih. Di sini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga atau teman perjalanan. Pasir putih bersih ini menambah keindahan pulau yang memiliki pesona alam yang tersembunyi. Di pulau ini, Anda juga bisa menikmati keindahan pantai Pulau Kayangan di Makassar dengan mengejar sunset dan sunrise.

Pemandangan matahari terbit dan terbenam dari pulau ini akan sangat halus dan memberikan kesan yang berbeda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika pada malam hari Anda akan melihat banyak lampu kota Makassar yang sangat jelas terlihat di seberang pulau. Anda akan dibuat takjub dengan pemandangannya, apalagi jika ditemani bulan yang menggantung di langit.

Tak hanya di sini, pesona dasar pantainya juga sangat indah dengan sekumpulan ikan-ikan kecil di dalamnya. Keindahan terumbu karang juga akan terlihat jelas dari permukaan pantai. Pulau ini tergolong memiliki pantai yang tenang dan tidak memiliki ombak yang berbahaya, sehingga aman untuk snorkeling. Ombaknya yang tenang dan keindahannya menjadi daya tarik pantai dan membuat semua orang terpesona.

Pulau Kayangan juga dekat dengan beberapa pulau kecil di perairan sekitar Makassar. Dengan demikian, Anda bisa mengunjungi beberapa pulau yang tidak jauh dari Pulau Kayangan, seperti Lae Lae yang memiliki pesona alam luar biasa dari lautnya, banyak pengunjung baik dari warga lokal maupun dari luar kota Makassar yang datang berkunjung ke Pulau Kayangan.

Alamat dan Rute Menuju Pulau Kayangan

Alamat Pulau KhayanganKredit Gambar: Google Maps Muhammad Dadang Kurnia

Secara administratif, Pulau Kayangan terletak di Desa Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasinya hanya sekitar 0,8 km dari kota Makassar sendiri. Pulau ini biasanya dapat diakses oleh pengunjung dengan menggunakan perahu, yang memakan waktu sekitar 15 menit perjalanan. Untuk bisa sampai ke Pulau Kayangan, Anda harus menuju dermaga dan menggunakan perahu untuk menuju ke sana.

Biasanya biaya yang dibutuhkan untuk menyewa perahu sekitar RP. 40.000.- saja. Penyeberangan itu sendiri hanya tersedia dari pukul 08:00 hingga 20:00 setiap hari, dan perahu akan tersedia setiap 30 menit. Anda dapat mengunjungi Pulau Kayangan selama kurang lebih 24 jam, namun Anda harus memperhatikan waktu keberangkatan kapal yang akan melintasi Pulau Kayangan.

Biaya Perjalanan ke Pulau Kayangan

Biaya Wisata Pulau KhayanganKredit gambar: Google Maps isman hadi

Untuk memasuki kawasan Pulau Kayangan, Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Dengan demikian, pengeluaran yang Anda perlukan hanya sebatas biaya transportasi sewa perahu. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menggunakan bus bandara yang akan membawa Anda berkeliling pantai Losari. Dari pantai ini Anda hanya perlu berjalan kaki menuju Fort Rotterdam atau bisa langsung menuju mini pier atau angkutan umum.

Dari kawasan Fort Rotterdam Fort, Anda tinggal menuju dermaga yang berada tepat di depan benteng. Kemudian Anda bisa menyewa perahu untuk menyeberang ke Pulau Kayangan di seberang. Saat anda berwisata ke pulau tersebut, anda bisa menikmati keindahan alam Kota Makassar ditemani semilir angin yang pelan-pelan menyambut anda.

Aktivitas Seru di Pulau Kayangan

Aktivitas di Pulau KhayanganKredit gambar: Google Maps Andi Nurul P.R

Pulau yang memiliki pesona alam yang seolah tak ada habisnya untuk dibicarakan ini sangat digemari oleh para pengunjung. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Pulau Kayangan di Sulawesi Selatan. Anda bisa berpose dan melakukan pemotretan di Pulau Kayangan ini. Hamparan laut biru dan pasir putih akan membuat foto Anda terlihat mencolok dan berbeda dari biasanya.

Selain berfoto, Anda juga bisa bermain pasir pantai dengan membangun keraton atau sekedar bermain pasir biasa. Bermain air di pantai yang terlihat tenang juga bisa menjadi pilihan aktivitas yang tak kalah mendebarkan saat berkunjung ke Pulau Kayangan ini. Selain itu, ombak pantai yang tenang sangat aman untuk taman bermain anak-anak. Ombak yang tenang ini juga akan membuat siapa saja terpana dan betah untuk berlama-lama di kawasan pulau tersebut.

Bagi Anda penyuka snorkeling, Anda bisa snorkeling di pulau tak berpenghuni ini. Ada begitu banyak terumbu karang di bawah laut yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tak kalah menarik, Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar pulau ini sambil melihat banyaknya hostel yang berdiri kokoh di area pantai. Anda juga dapat menikmati makan malam romantis dengan pemandangan pantai dan lampu yang menakjubkan.

Akomodasi di sekitar Pulau Kayangan

Akomodasi di Pulau KhayanganKredit Gambar: Google Maps Tolak Albatrosa

Ada begitu banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau kecil yang indah ini. Anda juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam yang sangat indah di pagi dan sore hari. Untuk menikmati pemandangan ini, Anda bisa menginap di kawasan pulau dengan harga yang sangat terjangkau dan bervariasi untuk satu malam. Anda akan sangat mudah menemukan deretan hostel di kawasan pulau tersebut.

Harga yang dipatok juga cukup terjangkau dan pas di kantong traveller. Untuk setiap malamnya Anda harus membayar sekitar Rp.100.000.- sampai dengan Rp.300.000.- dengan fasilitas yang lengkap. Atau jika tidak ingin menyewa hostel, Anda bisa membangun tenda camping dengan view laut yang sangat sejuk dan seru. Namun, sebaiknya Anda membawa perlengkapan berkemah sendiri agar lebih menghemat pengeluaran.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Kayangan

Fasilitas Pulau KhayanganKredit gambar: Google Maps Andi Nurul P.R

Pulau Kayangan juga telah menyediakan berbagai fasilitas lengkap bagi para pengunjungnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika berkunjung ke pulau ini. Selain akomodasi, Anda juga akan menemukan banyak toilet dan kamar mandi yang disediakan oleh pengelola pulau. Kamar mandi dan toilet ini sangat nyaman digunakan karena selalu dibersihkan oleh staf.

Beberapa fasilitas seperti tempat ibadah juga mudah ditemukan serta fasilitas sholat yang lengkap. Bahkan di Pulau Kayangan ini, Anda akan menemukan banyak pedagang yang menjajakan makanannya. Anda bisa menikmati makanan sambil menyaksikan gemerlap malam di malam hari karena lampu-lampu di seberang pulau. Liburan akan semakin menyenangkan di Pulau Kayangan bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Itulah beberapa ulasan tentang Pulau Kayangan yang memiliki keindahan alam yang sangat memukau para pengunjungnya. Anda bisa mengunjungi Pulau Kayangan bersama teman, saudara, keluarga atau pasangan. Dengan mengunjungi pulau ini, dijamin liburan Anda tidak akan terlupakan. Tunggu apa lagi, ayo segera rencanakan liburan Anda bersama keluarga atau orang-orang terdekat di Pulau Kayangan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button