17 wahana di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima yang menceritakan kisah bom nuklir - WisataHits
wisatahits

17 wahana di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima yang menceritakan kisah bom nuklir

4. Menara peringatan untuk siswa yang dimobilisasi

Tur peringatan kepada siswa yang dimobilisasi melalui wisata damaiTur peringatan kepada siswa yang dimobilisasi melalui wisata damai

Monumen ini didedikasikan untuk mengenang para siswa (usia SMP ke atas) yang tewas pada hari pengeboman 6 Agustus 1945. Diperkirakan jumlah siswa yang tewas pada hari naas itu mencapai 6.300 orang.

Ironisnya, tidak semua siswa yang meninggal bisa dimakamkan di Kuil Yasukuni karena satu dan lain hal. Untuk mengenang seluruh mahasiswa yang menjadi korban perang, pembangunan menara peringatan bagi mahasiswa yang dimobilisasi akhirnya diluncurkan (selesai pada tanggal 15 Juli 1967).

5. Memorial untuk Korban Bom Atom Korea

Peringatan untuk Korban Bom Atom Korea melalui Wiki MediaPeringatan untuk Korban Bom Atom Korea melalui Wiki Media

Dalam sebuah artikel, Jalan2.com mengatakan bahwa orang Korea memiliki populasi besar di Tokyo dan Jepang pada umumnya. Kondisi ini sudah ada sejak era Restorasi Meiji.

Nah, ketika bom atom jatuh di Hiroshima, banyak orang Korea yang bekerja di Jepang (biasanya dipekerjakan sebagai budak atau buruh) menjadi korbannya, langsung atau tidak langsung. Jumlahnya diperkirakan mencapai 10.000 jiwa. Untuk menghormati warga Korea yang menjadi korban, monumen ini didirikan.

6. lonceng perdamaian

Lonceng Perdamaian melalui Hiroshima NaviLonceng Perdamaian melalui Hiroshima Navi

Tempat ini mudah dikenali dari bentuknya yang menyerupai balai candi kecil dengan lonceng logam berdiameter 1 meter dan panjang 1,7 meter. Di badan lonceng terdapat peta dunia tanpa batas dengan tulisan “satu dunia” yang diembos.

Pembangunan lonceng dan aula ini dimaksudkan untuk mendukung tercapainya perdamaian dunia nyata tanpa perang, belum lagi penggunaan senjata nuklir.

Wisatawan diperbolehkan membunyikan lonceng ini, dengan harapan suara lonceng yang membawa pesan perdamaian dapat sampai ke hati setiap orang.

Tidak jauh dari Peace Bell adalah Peace Clock Tower. Tempat ini tidak tercantum pada peta yang saya bagikan di atas. Posisinya kira-kira di atas Peace Bell, dilihat dari peta. Beginilah penampakan Menara Jam Perdamaian.

Menara Jam Perdamaian melalui Muza ChanMenara Jam Perdamaian melalui Muza Chan

tujuh. Peringatan Bom Atom

Gundukan Peringatan Bom Atom melalui Hiroshima NaviGundukan Peringatan Bom Atom melalui Hiroshima Navi

Tempat ini berbentuk bukit kecil, namun sebenarnya tempat ini adalah semacam kuburan massal bagi para korban yang tidak diketahui identitasnya (baik karena nama mereka tidak diketahui, atau karena semua keluarganya meninggal).

Bentuk makam yang terlihat seperti bukit kecil bukanlah iseng-iseng, tetapi sengaja mengacu pada bentuk makan keluarga kerajaan pada periode Momoyama (1583-1600).

Bagaimanapun, meski disebut kuburan massal, tempat ini sebenarnya adalah tempat penyimpanan abu kremasi korban tak dikenal.

Secara bertahap, pemerintah Hiroshima terus merilis nama-nama yang diyakini sebagai korban, sehingga anggota keluarga yang masih hidup dapat mengurus pemulihan abu jenazah yang disimpan di sana. Hingga tahun 2007, masih ada 824 abu yang belum diklaim oleh siapapun.

8. Rest House (sebelumnya Toko Kimono Taishoya)

Panti jompo melalui Hiroshima NaviPanti jompo melalui Hiroshima Navi

Bangunan ini dulunya bernama Toko Kimono Taishoya, dan fungsinya memang seperti toko kimono. Namun toko tersebut tutup pada tahun 1943 karena suatu alasan.

Bangunan ini merupakan salah satu bangunan pasca-ledakan yang relatif aman di titik hiposenter (hanya berjarak 170 meter) karena desainnya yang kokoh, dirancang untuk tahan api, dan kebetulan memiliki sedikit bukaan ke sumber ledakan.

Namun, saat kejadian, atap gedung ini dan interiornya hancur akibat ledakan. Semua orang di gedung itu sudah mati kecuali satu orang yang berada di ruang bawah tanah mengambil dokumen (yang tidak mati sampai tahun 1982). Saat ini bangunan ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan.

9. Cenotaph untuk para korban bom atom

Cenotaph untuk para korban bom atomCenotaph untuk Korban Bom Atom melalui Expedia

Monumen ini terletak di tengah Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima. Sepintas, itu tampak seperti karavan.

Namun, monumen yang dirancang oleh arsitek terkenal Kenzo Tange ini sebenarnya mewakili bentuk bangunan kuno, dengan harapan bisa menjadi rumah bagi arwah para korban bom atom.

Di monumen ini juga terdapat nama-nama korban, dan pada tanggal 6 Agustus 2014, tercatat ada 292.325 nama di sini.

sepuluh. api perdamaian

api perdamaian akan mengunjungi hiroshimaApi perdamaian melalui kunjungan hiroshima

Itu tidak terlalu jauh dari Cenotaph. Monumen ini dirancang oleh Kenzo Tange dan berbentuk 2 pohon palem dalam posisi terbuka saling berhadapan.

Api monumen ini telah dinyalakan terus menerus sejak tahun 1964 dan akan terus menyala untuk melambangkan semangat anti-nuklir. Di antara Flame of Peace dan Cenotaph ini, ada sebuah danau bernama Pond of Peace.

11. Tugu Peringatan Perdamaian untuk Korban Bom Atom

Tugu Peringatan Perdamaian untuk Korban Bom Atom via Hiroshima NaviTugu Peringatan Perdamaian untuk Korban Bom Atom via Hiroshima Navi

Tempat ini dirancang oleh Kenzo Tange Associates; merupakan tempat peringatan bom atom 6 Agustus 1945.

Di tempat ini terdapat berbagai monumen, pameran dan berbagai memoar terkait acara tersebut. Bagi yang tertarik dengan aspek sejarah bom atom Hiroshima, silakan kunjungi tempat ini.

12. Museum Peringatan Perdamaian

Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima melalui wikipediaMuseum Peringatan Perdamaian Hiroshima melalui wikipedia

Museum ini merupakan salah satu fasilitas yang wajib dikunjungi di Hiroshima Peace Memorial Park, terutama bagi mereka yang sangat tertarik dengan sejarah bom atom Hiroshima.

Dirancang oleh beberapa arsitek ternama (termasuk Kenzo Tange, Sachio Otani, Takashi Asada dan Norikuni Kimura), Peace Memorial Museum terbagi menjadi 2 gedung (Gedung Timur dan Gedung Utama) yang memiliki fasilitas berbeda.

Yang pasti di museum ini banyak terdapat dokumen pameran seputar peristiwa 6 Agustus 1945, mulai dari foto sebelum dan sesudah ledakan, konteks pengeboman, berbagai dokumenter, lukisan, artefak dan penjelasan detail lainnya tentang atom. bom yang akan membuka mata pengunjung acara akan bahaya bom atom. Ada juga berbagai koleksi lukisan dan kesaksian para korban bom yang mungkin selamat setelah pengeboman.

13. Pusat konferensi internasional

Pusat Konferensi Internasional melalui HiroshimaPusat Konferensi Internasional melalui Hiroshima

Terletak di sebelah barat bangunan utama Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima.

14. air mancur doa

Air Mancur Doa melalui Hiroshima NaviAir Mancur Doa melalui Hiroshima Navi

Air mancur ini berukuran 27 meter (timur-barat) dan 19 meter (utara-selatan), dan dianggap sebagai salah satu air mancur terindah di Jepang barat. Air Mancur Doa dibangun pada tahun 1964 dan didedikasikan untuk para korban bom atom yang meninggal karena kehausan.

Bagi yang belum tahu, setelah ledakan suhu udara menjadi sangat panas. Akibatnya, banyak korban yang luka ringan, namun meninggal karena dehidrasi.

15. Patung ibu dan anak di tengah badai

Patung Ibu dan Anak dalam Badai melalui Hiroshima NaviPatung Ibu dan Anak dalam Badai melalui Hiroshima Navi

Patung ini dibuat oleh Shin Hongo, seorang pematung terkenal yang membuat banyak monumen di berbagai tempat. Anda tidak perlu menjadi seorang jenius untuk menyadari bahwa patung ini melambangkan perjuangan seorang ibu dan anak-anaknya untuk bertahan hidup di tengah kekacauan saat ledakan bom atom.

Patung ibu dan anak ini bukan satu-satunya patung/monumen di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima. Masih ada beberapa patung/monumen lain yang menggambarkan perjuangan dan penderitaan para korban bom atom Hiroshima. Ini adalah patung lain di taman.

Monumen Guru dan Siswa Sekolah Dasar Nasional Bom Atom via FlickrMonumen Guru dan Siswa Sekolah Dasar Nasional Bom Atom via Flickr

16. gerbang perdamaian

Gerbang Perdamaian melalui Hiroshima NaviGerbang Perdamaian melalui Hiroshima Navi

Fasilitas ini tergolong baru karena baru dibuat pada tahun 2005 untuk memperingati 60 tahun bom atom Hiroshima.

Gerbang Damai tidak sulit ditemukan karena bentuknya yang mencolok, yaitu berupa 10 pintu berlapis kaca yang disusun berjajar, terbuat dari kaca, berukuran lebar 2,6 meter x 1,6 meter x 9 meter.

17. Museum Perdamaian Sekolah Dasar Honkawa

Museum Perdamaian Sekolah Dasar Honkawa melalui Penemuan MonokotoMuseum Perdamaian Sekolah Dasar Honkawa melalui Penemuan Monokoto

Lokasi ini dulunya merupakan SD yang paling dekat dengan sumber ledakan, hanya berjarak sekitar 410 meter.

Saat bom atom meledak, sekolah tersebut terbakar dan hanya 1 siswa dan 1 guru yang selamat dari kejadian tersebut. Saat ini, bangunan tersebut kembali menjadi sekolah dan sebagian bangunan digunakan sebagai “Museum Perdamaian” (dibuka pada tahun 1988).

Kunjungi juga: 101 Tempat Wisata Gratis di Kyoto

Akses ke Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima

Untuk mengakses Hiroshima, Anda dapat membaca artikel Hiroshima: dulu dan sekarang. Yang akan saya jelaskan adalah akses dari stasiun Hiroshima ke Hiroshima Peace Memorial Park.

Ada beberapa cara lain untuk mengakses Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima. Jika Anda menggunakan transportasi umum, paling mudah untuk naik trem jalur 2 atau 6 dari stasiun Hiroshima dan turun di stasiun Genbaku-Domu mae.

Perjalanan memakan waktu sekitar 18 menit dan biayanya sekitar 160*. Namun jika tidak ingin diganggu atau ingin melaju lebih cepat, naik saja taksi.

Anekdot

Setiap tanggal 6 Agustus, di taman ini (tepat di depan Cenotaph), upacara perdamaian peringatan diadakan secara teratur. Upacara ini berlangsung dari pukul 08:00 pagi dan kegiatan rutin yang biasanya dilakukan selama upacara ini antara lain membaca pidato, mengheningkan cipta, membunyikan lonceng perdamaian, dan pelepasan merpati.

Acara seremonial tidak hanya terjadi di pagi hari lho. Di malam hari, ada juga acara khusus untuk memperingati bom atom Hiroshima, yaitu Toro Nagashi atau Upacara Lentera.

Selama acara ini, pengunjung akan melepaskan lampion kertas ke sungai sebagai upaya untuk membimbing roh-roh yang masih tersesat untuk menemukan jalan kembali ke alam mereka.

Upacara lentera melalui Visit HiroshimaUpacara lentera melalui Visit Hiroshima

***

Itu saja yang bisa saya bagikan tentang Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima. Semoga ada Streeters yang terinspirasi untuk datang ke sini saat ada kesempatan jalan-jalan ke Jepang. Saya harap informasinya bermanfaat.

Baca juga: Itinerary Kyoto Osaka Nara dalam 1 Hari

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button