Pulau Kanawa, Pulau Eksotis yang Menakjubkan di Labuan Bajo - WisataHits
wisatahits

Pulau Kanawa, Pulau Eksotis yang Menakjubkan di Labuan Bajo

Pulau Kanawa, Pulau Eksotis yang Menakjubkan di Labuan Bajo
Biaya kunjungan: Mulai Rp 50.000 Jam operasional: 12.00-20.00 WITA, Alamat: Jl.Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Nusa Tenggara Timur memang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang dikenal memiliki banyak tempat wisata menarik. Bagi Anda yang berada di sebelah timur Nusa Tenggara, Anda harus menyempatkan diri untuk mengunjungi Pulau Kanawa. NTT tidak hanya mengenalkan Pulau Komodo, tetapi pulau ini juga tidak kalah menarik.

Destinasi wisata ini memang populer karena keindahannya yang tidak bisa Anda abaikan. Tercatat banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau ini setiap tahunnya dan jumlah wisatawan terus meningkat. Apalagi, pulau tersebut saat ini menjadi bagian dari salah satu tujuan wisata paling populer dan favorit di Nusa Tenggara Timur.

Oleh karena itu, akses ke pulau ini juga semakin mudah dengan tersedianya banyak jalur. Bagi Anda yang sedang mencari salah satu tempat liburan paling nyaman, pulau ini sangat direkomendasikan. Berikut akan kami ulas mengenai atraksi, fasilitas, harga tiket dan hal-hal lain yang berkaitan dengan tempat wisata.

Atraksi Pulau Kanawa

Obyek wisata Pulau KanawaKredit gambar: Google Maps Johan

1. Pemandangan pantainya sangat indah

Pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini, panorama pantai yang indah terbentang di hadapan Anda. Air lautnya yang biru jernih dan cantik serta aneka ikan kecil akan mampu membius wisatawan yang datang ke tempat ini. Oleh karena itu, tidak berlebihan jika menyebut Pulau Kanawa sebagai surganya Nusa Tenggara Timur.

2. Panorama bawah laut

Pesona pulau ini begitu melimpah. Pulau ini berjarak sekitar 15 km dari kawasan wisata Pulau Komodo. Padahal, tempat ini tidak hanya menawarkan keindahan pantai dengan pemandangan pasir putihnya saja. Di tempat ini kamu juga bisa melihat pemandangan bawah laut yang begitu menawan bagi semua orang yang menonton.

Luas pulau mencapai 32 hektar, dan ada banyak jenis kegiatan yang bisa ditemukan di tempat ini. Salah satu kegiatan tersebut misalnya menyelam dan snorkeling. Kegiatan ini merupakan salah satu contoh kegiatan yang sangat digemari pengunjung. Namun meski begitu, mendaki bukit juga merupakan kegiatan yang menarik.

3. Beragam spesies

Laut dari Pulau Kanawa memang sangat jernih dan tiada tara. Anda akan dapat melihat dengan jelas ikan-ikan kecil yang berkeliaran bebas. Selain itu, Anda bisa melihat terumbu karang dan keanekaragaman biota laut yang begitu melimpah di tempat ini. Salah satu spesies paling eksotis yang bisa Anda lihat adalah hiu sirip hitam.

Hiu blacktip merupakan salah satu jenis ikan yang sudah masuk dalam kategori spesies terancam punah. Dan tentunya menyaksikan ikan-ikan ini berenang bebas di Pantai Kanawa sangatlah menarik. Namun tak hanya hiu sirip hitam, Anda juga akan menjumpai spesies ikan lain yang tak kalah eksotis.

Ikan-ikan tersebut misalnya Pari Manta, Kakatua Raksasa, Mola-Mola dan masih banyak lagi lainnya. Yang menarik dari semua spesies ikan ini adalah mereka tidak terlalu agresif. Sehingga Anda sebagai turis bisa berinteraksi dengan mereka.

Nah dari situ, bagi anda yang saat ini menginginkan tempat liburan yang sangat tenang namun juga menggairahkan, pulau ini adalah pilihan yang paling cocok. Apalagi pulau ini tidak jauh dari tempat wisata lainnya, seperti Pulau Komodo yang hanya berjarak 15 km dari tempat ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Pulau KanawaKredit gambar: Google Maps Renaldo Rere

Pulau Kanawa terletak di Labuan Bajo. Tepatnya di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Awalnya pulau ini dikelola oleh warga sekitar Labuan Bajo. Namun, pada akhirnya pulau tersebut dikelola oleh seseorang yang berkebangsaan Italia. Berkunjung ke pulau tersebut dipastikan tidak akan Anda sesali karena panorama yang ditawarkan kepada Anda.

Ditambah lagi, pemandangan matahari saat terbenam akan memukau semua orang. Saat ingin ke tempat wisata ini, jangan lupa membawa perbekalan. Setelah sampai di kawasan Labuhan Bajo, Anda perlu meluncur menuju dermaga.

Sesampainya di dermaga, kami langsung menaiki perahu untuk menuju tempat wisata. Sewa perahu berkisar antara Rp 400.000 hingga Rp 600.000. Biayanya memang cukup mahal, namun sebanding dengan keseruan yang bisa dirasakan saat tiba nanti di kawasan wisata tersebut.

Perjalanan dengan menaiki perahu dari dermaga menuju pulau akan memakan waktu setidaknya sekitar 1,5 jam. Namun selama perjalanan, Anda tidak akan bosan karena memang banyak view point yang tersaji di sana. Bahkan dari jauh pun kamu juga bisa melihat Pulau Kanawa yang cantik.

Maka dari itu, ketika Anda sudah memutuskan untuk mengunjungi pulau ini, jangan sampai kehilangan kesempatan untuk mengabadikan setiap momen indah yang Anda jumpai. Pastikan juga untuk membawa kamera agar bisa mengabadikan keindahan tempat ini dalam sebuah foto.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Wisata Pulau KanawaKredit gambar: Google Maps Shona Lin

Harga tiket menikmati keindahan alam Pulau Kanawa di Labuan Bajo adalah Rp 50.000. Tentu saja biaya tersebut belum termasuk biaya sewa perahu untuk menuju pulau atau sewa alat snorkeling dan akomodasi. Bagi Anda yang tertarik dengan aktivitas snorkeling, maka Anda bisa menyewa peralatan yang tersedia.

Besarnya biaya sewa alat yang perlu dikeluarkan bagi anda yang ingin melakukan kegiatan tersebut adalah Rp 50.000 per hari. Pulau ini memiliki spot diving yang sangat bagus bagi Anda yang menyukai aktivitas ini.

Apalagi di tempat ini juga terdapat sebuah bukit yang bisa Anda jelajahi. Namun jalur pendakiannya cukup terjal. Oleh karena itu, bagi Anda yang belum terbiasa sebaiknya jangan.

Atraksi Seru di Pulau Kanawa

Kegiatan Wisata di Pulau KanawaKredit gambar: Google Maps Sun

1. Snorkeling dan Menyelam

Saat pertama kali tiba di dermaga, Anda tentu akan langsung terkagum-kagum dan terpesona dengan jernihnya air berwarna biru kehijauan. Pemandangannya seakan memaksa Anda untuk segera melakukan aktivitas snorkeling atau berkendara. Karena itu, Anda perlu menyiapkan alat dan perlengkapan.

Namun bagi Anda yang tidak membawa peralatan, Anda bisa menyewanya di tempat yang sudah tersedia di pulau favorit ini. Panorama bawah laut yang terdapat di Pulau Kanawa memang sangat terkenal dan diapresiasi. Anda bisa melihat ribuan ikan kecil, terumbu karang, kepiting, bintang laut, pari manta dan banyak spesies hewan laut lainnya.

2. Jelajahi puncak bukit

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya di tempat ini Anda akan menemukan sebuah bukit yang bisa Anda kunjungi. Bukit ini terletak di area tengah pulau dan relatif mudah diakses. Nanti, Anda hanya perlu sedikit tindak lanjut. Namun perlu diketahui juga bahwa jalan untuk menuju puncak bukit ini cukup terjal.

Anda harus menyiapkan stamina jika memang berencana menjelajahi perbukitan dan menjelajahi keindahan puncaknya. Bagi Anda yang sangat menyukai hiking, kegiatan ini tidak boleh dilewatkan.

3. Santai

Pulau Kanawa merupakan pulau yang cukup sepi, sehingga di tempat ini Anda bisa bersantai sesuka hati. Segala penat aktivitas kerja bisa Anda lupakan sejenak saat berada di tempat ini. Angin sepoi-sepoi dan pemandangan yang indah akan langsung menenangkan pikiran.

Anda juga tidak perlu khawatir saat membawa anak kecil ke tempat ini. Ombak di pantai ini cukup tenang sehingga bisa membiarkan mereka berenang di pantai, bermain air atau membangun istana pasir. Namun, anak-anak tidak boleh lepas dari pengawasan.

4. Menikmati pemandangan matahari terbenam

Setelah seharian beraktivitas di Pulau Kanawa, di sore hari aktivitas yang paling menarik untuk dilakukan adalah menyaksikan sunset.

Di cakrawala, Anda akan melihat langit biru perlahan berubah menjadi jingga. Anda akan langsung mendapatkan suasana romantis saat ini. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika ingin meluncur keliling pulau bersama pasangan.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Wisata Pulau KanawaKredit gambar: Google Maps Siwa

Fasilitas yang tersedia di Pulau Kanawa cukup memadai. Mengunjungi tempat ini pasti akan mengharuskan Anda untuk bermalam di sana. Karena tentunya sayang sekali jika tidak bermalam saat berada di tempat ini. Tersedia beberapa jenis penginapan.

Penginapan yang bisa dijumpai misalnya bale-bale berupa gazebo, tenda dome atau bahkan bungalow. Anda kemudian dapat menyesuaikan jenis akomodasi sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Bagi Anda yang ingin mendirikan tenda, Anda bisa melakukannya di sekitar pantai dengan bantal, kasur tebal, dan selimut.

Sedangkan untuk akomodasi berupa bola-bola terdapat fasilitas seperti kasur, selimut, bantal, kelambu, lampu dan juga beberapa colokan listrik.

Sedangkan untuk akomodasi bungalow, fasilitas yang ada sudah sangat lengkap. Untuk kamar mandi sebenarnya, untuk akomodasi bale-bale dan tenda berada di area terpisah.

Demikian ulasan lengkap tentang Pulau Kanawa di Nusa Tenggara Timur. Ada banyak keseruan dan keindahan yang bisa ditemukan saat berkunjung ke pulau ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang saat ini sedang merencanakan untuk melakukan aktivitas liburan, sangat disarankan untuk mengunjungi pulau ini. Dijamin Anda dan orang di sekitar Anda tidak akan menyesal.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button