Pulau Kampai, destinasi wisata bahari yang menawan di Langkat - WisataHits
wisatahits

Pulau Kampai, destinasi wisata bahari yang menawan di Langkat

Biaya kunjungan: Mulai Rp 5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Kampai, Kec. Pangkalan Susu, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Liburan selalu menjadi kegiatan favorit untuk melepas penat setelah beraktivitas berat. Berbagai destinasi wisata yang unik dan menarik tentunya banyak ditawarkan untuk menemani liburan Anda. Salah satu destinasi wisata menarik yang wajib Anda coba saat liburan adalah menginap di Pulau Kampai di Langkat.

Pulau kecil di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ini ternyata menyimpan banyak objek wisata yang jarang diketahui wisatawan. Akses jalan menuju lokasi yang cukup sulit menjadi salah satu alasan mengapa pulau cantik ini belum begitu dikenal di kalangan wisatawan.

Jika Anda menggali lebih dalam, Pulau Kampai penuh dengan potensi kekayaan. Berbagai elemen seperti keragaman adat, budaya, sejarah dan religi membentuk sebuah kolaborasi yang menciptakan nilai luhur yang melekat dan menjadi daya tarik pulau kecil ini.

Daya tarik Pulau Kampai

Atraksi Pulau KampaiKredit gambar: Google Maps Imam Ananta

1. Keindahan Pantai Berawe

Struktur kawasan yang berada di sepanjang pantai Selat Malaka membuat pulau cantik ini terkenal akan keindahan wisata baharinya. Pantai yang paling terkenal di Pulau Kampai adalah Pantai Berawe.

Hamparan pasir putih bersih di sepanjang pantai menjadi ciri khas pantai eksotis ini. Birunya Selat Malaka, berpadu dengan putihnya pasir pantai serta hijaunya nyiur dan rindangnya pepohonan di tepiannya, menciptakan panorama alam yang mempesona.

2. Makam Suci Panjang

Sebagai pulau yang pernah menjadi pusat perdagangan Sumatera Utara, pulau sejuk ini dikaruniai berbagai peninggalan purbakala. Salah satu peninggalan sekaligus bukti kejayaan perdagangan di sini adalah Makam Panjang Keramat.

Disebut Makam Panjang Keramat karena ukuran makam ini mencapai 8 meter. Bukti sejarah menunjukkan bahwa makam ini adalah makam seorang pedagang dan ulama Pakistan yang berdagang dengan pulau kecil ini.

Ukurannya yang besar tentu menjadi keunikan dan daya tarik utama dari makam ini. Apalagi kepercayaan yang berkembang di masyarakat sejak zaman dahulu yang menganggap makam sebagai tempat suci juga membuat makam ini menarik untuk dikunjungi.

3. Kuburan Salam (Merah Mas)

Selain Makam Panjang Keramat, pulau legendaris ini juga memiliki destinasi wisata religi lainnya yaitu Pemakaman Salam. Kisah-kisah yang diwariskan secara turun-temurun mengenai Pemakaman Salam mampu menarik perhatian wisatawan untuk mengetahui lebih jelas bagaimana kisah itu terjadi.

Kuburan Salam atau yang juga dikenal dengan nama Mas Merah sebenarnya adalah dua makam sepasang suami istri yang tinggal di pulau cantik ini. Kisah keduanya konon menjadi cikal bakal kemunculan Pulau Kampai. Cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi di masyarakat membuat pulau keren ini semakin menarik untuk dijelajahi.

4. Hutan bakau

Daya tariknya memiliki Pulau KampaiKredit gambar: Google Maps Darma Sinukaban

Sebagai kawasan yang berada di kawasan pesisir, pulau kecil ini tentunya tak lepas dari bahaya abrasi. Untuk mencegah bahaya ini, pohon bakau ditanam di sekitar zona pantai.

Di sisi lain, besarnya peluang pengembangan wisata di pulau indah ini mendorong pengelola untuk memanfaatkan hutan mangrove sebagai destinasi wisata baru. Selain sebagai tempat liburan, hutan mangrove ini juga dijadikan sebagai kawasan wisata pendidikan dan penelitian.

5. Produk Terasi Legendaris

Selain terkenal dengan kekayaan sejarah dan budayanya, pulau terasi ini juga dikenal sebagai daerah penghasil terasi atau belacan terbaik di Sumatera Utara. Terasi merupakan produk olahan dari industri rumah tangga di pulau kecil ini.

Pulau Kampai juga merupakan penghasil terasi terbesar dari hasil produksi para pengusaha terasi Cina yang pernah tinggal di sini. Sayangnya, setelah kepergiannya, industri terasi tidak dilanjutkan oleh istri dan keturunannya.

Kini hanya ada industri kecil rumahan yang memproduksi terasi khas pulau menawan ini. Namun jangan khawatir, rasa dan kualitasnya masih sama dengan sebelumnya. Produk kecil terasi pulau ini selalu menjadi incaran para wisatawan yang lalu lalang untuk dijadikan oleh-oleh khas pulau fenomenal ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kampai Pulau LangkatImage credit: Instagram Rahmat Ramadhan Ritonga

Pulau yang sarat nilai luhur ini terletak di Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Jarak antara pulau terasi dengan kota Medan adalah 84,9 km atau setara dengan 4 jam perjalanan dari kota Medan menuju tempat wisata.

Ada dua jalur yang bisa ditempuh untuk menuju Pulau Kampai, yang pertama melalui jalur TPI yang dimulai dari desa Beras Basah kecamatan Pangkalan Susu dengan menyeberang menggunakan speed boat bermesin untuk sampai di lokasi wisata.

Sedangkan jalur kedua melewati kabupaten Aceh Tamiang, provinsi Aceh, melewati perkebunan dan pemukiman hingga sampai di Dusun Damar Ratus. Setelah itu pengunjung harus menyeberang menggunakan perahu motor kayu menuju lokasi.

Sayangnya, tidak semua jalur tersebut dapat ditempuh dengan kendaraan roda 4. Jalur TPI merupakan jalur yang hanya dapat ditempuh oleh kendaraan roda 2 dengan menggunakan perahu motor. Sedangkan pengunjung yang menggunakan roda 4 harus memilih jalan Kabupaten Aceh Tamiang dan menyeberang menggunakan perahu kayu bermesin menuju lokasi wisata.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan Biaya Perjalanan ke Pulau Kampai LangkatKredit gambar: Google Maps Imam Ananta

Jika anda berencana liburan ke Pulau Kampai Langkat tidak perlu khawatir dengan biaya karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk bisa sampai ke pulau terasi ini. Cukup bayar biaya akomodasi penyeberangan dan selanjutnya anda akan diantar sampai tujuan wisata.

Jika wisatawan berlibur tanpa kendaraan, ongkos penyeberangan perahu sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang. Sedangkan bagi pengunjung yang membawa kendaraan, biaya penyeberangan yang harus dikeluarkan adalah Rp30.000 untuk sepeda motor dan Rp60.000 untuk mobil.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Kampai

Kegiatan di Pulau KampaiKredit gambar: Instagram seputar Medan Adventure

1. Bersantai di Pantai Berawe

Pantai Berawe memiliki pemandangan yang mungkin akan mengejutkan siapa saja yang melihatnya. Pengunjung akan disambut oleh indahnya panorama alam berdampingan yang terbingkai indah.

Suara deburan ombak yang menghempas bibir pantai ditambah dengan sejuknya angin akan memberikan kesan damai dalam liburan Anda. Duduk dan bersantai di pasir putih yang lembut dan di bawah rindangnya pepohonan pasti membuat semua orang betah berlama-lama di sini.

2. Ziarah ke Makam Keramat Panjang

Tak hanya pesona alamnya, pulau terasi ini juga menawarkan wisata religi yang bisa dijadikan referensi aktivitas menarik saat berkunjung ke sini. Anda bisa mengunjungi salah satu makam unik bernama Makam Panjang Keramat. Keunikan bentuk dan sejarahnya akan menambah wawasan Anda tentang sejarah pulau fenomenal ini.

3. Ziarah ke Makam Salam (Mas Merah)

Selain berziarah ke Makam Panjang, pengunjung juga bisa berziarah ke Makam Salam (Mas Merah). Makam yang terkenal sebagai cikal bakal Pulau Kampai dengan kisah cinta akan menambah pengetahuan Anda selama berlibur di pulau cantik ini.

4. Jelajahi hutan bakau

Kegiatan di Pulau KampaiKredit Gambar: Instagram Ira Saragih

Salah satu destinasi baru yang bisa Anda kunjungi di pulau cantik ini adalah wisata hutan mangrove. Selain sebagai kawasan konservasi, hutan mangrove ini juga dibuka untuk wisata edukasi.

Panorama alam hutan bakau yang unik ini siap memanjakan mata Anda sejauh mata memandang. Selain itu, Anda juga bisa melakukan kajian mendalam tentang hutan mangrove saat berlibur di sini.

5. Nikmati makanan Pulau Kampai

Tak hanya terasi yang terkenal, makanan khas wisata bahari seperti sea food juga menjadi daya tarik wisata. Berbagai menu kuliner yang sangat lezat dan menggoda tersedia di kawasan wisata ini.

Aneka makanan olahan terasi khas pulau ini siap menggoyang lidah Anda. Menyantap hidangan adiboga sambil menikmati keindahan Pulau Kampai akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Memasang Pulau Kampai LangkatKredit gambar: Google Maps ARYOGI MAHENDRA

Pulau Kampai memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas umum seperti toilet atau kamar mandi tersedia dan sangat memadai. Bagi Anda yang beragama Islam tidak perlu khawatir karena di kawasan wisata keren ini sudah tersedia banyak sekali mushola.

Beberapa restoran juga siap memanjakan lidah Anda dengan menu-menu andalannya. Selain itu, pengunjung juga akan mendapatkan fasilitas bersepeda bagi mereka yang ingin berjalan-jalan di sekitar kawasan wisata yang indah ini.

Untuk fasilitas penginapan tersedia di pulau eksotik ini berupa perahu motor dan perahu kayu. Bagi pengunjung yang ingin bermalam di pulau cantik ini tidak salah lagi, sudah banyak tersedia penginapan di sekitar kawasan wisata dengan harga dan tipe yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Keindahan alam dan pesona budaya Pulau Kampai di Kabupaten Langkat memang selalu berhasil menarik perhatian wisatawan. Nilai luhur dan kepercayaan masyarakat yang tinggi juga menambah keunikan dan daya tarik pulau indah ini. Tak heran jika pulau fenomenal ini selalu menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button