Pulau Dungan Baru - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Dungan Baru – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp50.000, Jam operasional: 08.00-18.00, Alamat: Cilelang, Kec. Mallusetasi, Kab. Baru, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Sulawesi merupakan salah satu pulau di Indonesia dengan keindahan alam yang tiada duanya. Banyak orang yang belum mengetahui tentang keindahan alam yang tersimpan di dalam ruangan, sehingga destinasi wisata yang dikunjungi oleh masyarakat dari luar juga tidak banyak. Provinsi Sulawesi Selatan ternyata memiliki keindahan alam yang tersembunyi di Pulau Dungan Baru. Berbagai wisata alam dan suguhan bisa kamu nikmati, simak ulasannya!

Atraksi Pulau Dungan

Aktivitas Pulau DunganKredit Gambar: Google Maps elmi Irak

Daya tarik yang menarik banyak orang di sekitar Sulawesi adalah lokasi wisata ini yang berada di tengah laut. Wisatawan yang datang ke tempat ini harus menyeberangi lautan untuk sampai ke pulau tersebut. Hal inilah yang menarik banyak wisatawan karena menawarkan pengalaman baru yang tidak akan terlupakan. Anda tidak hanya akan berlibur, tetapi juga mencoba naik kapal yang berkapasitas cukup.

Biasanya pantai akan mengalami abrasi atau pengikisan bebatuan oleh air, namun destinasi ini tidak. Pasir di pantai ini berwarna putih dan memiliki tekstur yang halus. Selain itu, ada juga batuan yang mencegah abrasi. Oleh karena itu, pulau ini lebih indah dan ekosistem di sekitar pantai sangat terjaga. Yang harus diperhatikan wisatawan adalah selalu menjaga kebersihan lingkungan agar ekosistem tetap seimbang.

Sebagian orang ragu untuk mengunjungi pantai atau pulau di tengah laut karena cuaca yang panas dan minimnya pepohonan. Anda tidak akan merasakannya karena lingkungan di sekitar pantai banyak ditumbuhi pepohonan, seperti pohon palem. Fungsi dari tanaman ini adalah untuk menaungi area ini, agar pengunjung tidak terkena sinar matahari secara langsung. Pepohonan yang rimbun memberikan kesan menutupi jalan setapak.

Banyak destinasi wisata yang rusak karena tidak dirawat atau dikelola dengan baik. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi seluruh pengelola dan wisatawan yang berkunjung agar Pulau Kabupaten Barru tetap lestari. Salah satu objek wisata yang juga berguna untuk menjaga ekosistem adalah hutan mangrove. Tanaman yang tidak dapat Anda temukan di mana pun adalah salah satu perlindungan pulau.

Yang membuat pulau ini sangat populer tentu saja keindahan alamnya. Namun, ada faktor pendukung lainnya, yakni mitos yang menyertainya. Ada mitos bahwa pulau ini dihuni oleh makhluk halus dalam jumlah besar. Hal ini pula yang membuat pulau di kabupaten Barru ini menjadi lokasi syuting film horor. Cerita yang dimunculkan juga berasal dari sebuah mitos, yaitu keagungan tempat tersebut.

Alamat dan rute menuju area Pulau Dungan

Alamat Pulau DunganKredit gambar: Google Maps Fitry Chelsea

Pantai di tengah laut ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Barru, Makassar. Alamat pulau ini tepat berada di desa Cilellang dan telah dikelola dengan baik oleh masyarakat sekitar. Oleh karena itu, perjalanan menuju objek wisata ini juga cukup mudah dan aman. Dari kota Makassar, Anda hanya membutuhkan waktu tempuh kendaraan darat sekitar 4 jam. Rute ke utara dengan pemandu di wilayah Palanro.

Jika Anda datang dari kota Pare Pare, dibutuhkan waktu sekitar 40 menit berkendara sekitar 27 km. Lokasi destinasi wisata ini sangat strategis, sehingga Anda bisa menjangkaunya dari berbagai arah dan sarana transportasi yang berbeda. Wisatawan cukup mencari lokasi Tanjung Indah kemudian memarkir kendaraan pribadinya di spot-spot yang tersedia. Kemudian tinggal menyebrang dengan perahu dari pengelola selama kurang lebih 30 menit.

Biaya perjalanan ke Pulau Dungan, Barru

Pulau Dungan SegarKredit gambar: Google Maps Sri Astuti Kusnadi

Pantai-pantai di pulau ini cukup menarik sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung. Apalagi setelah tempat ini dijadikan set untuk film layar lebar, jumlah pengunjungnya meningkat. Jika Anda berada di kawasan Barru atau Pare Pare, tentunya Anda harus menyempatkan diri untuk berlibur di pulau eksotis ini. Bagi pecinta camping, Anda juga bisa mendirikan tenda dan menikmati indahnya malam di pulau yang indah.

Beberapa destinasi wisata yang sudah dikelola memiliki harga tiket tetap, sehingga ada pemasukan untuk pemeliharaan situs. Anda hanya perlu membayar 50.000 rupee untuk biaya perahu sana dan kembali. Setelah itu, tidak ada harga tiket yang harus dibayar kecuali Anda berkemah hingga larut malam. Harga ini rata-rata untuk semua turis domestik dan mancanegara, jadi cukup ekonomis bukan?

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Pulau Dungan

Aktivitas di Pulau DunganKredit gambar: Google Maps Fitry Chelsea

Ombak di pantai ini sangat tenang sehingga cocok untuk berenang atau snorkeling. Anda dapat menikmati kekayaan alam bawah laut dari dekat, namun tetap dalam batas aman. Pengelola memberikan batasan berenang agar tidak terlalu jauh dan beresiko tenggelam atau tersesat. Selain itu, untuk snorkeling, Anda bisa menyewa peralatan snorkeling seperti pelampung dan snorkel, meski tidak perlu menggunakan tabung oksigen.

Setelah puas berenang dan melihat kekayaan bawah laut, Anda bisa membersihkan diri dengan air tawar. Pengelola pulau ini telah menganugerahkan destinasi ini dengan air tawar yang melimpah, sehingga tubuh bisa segar kembali. Dengan cara ini Anda dapat dengan nyaman kembali ke liburan Anda. Selain itu, ada juga spot memancing bagi pecinta aktivitas ini. Lokasinya cukup aman, sehingga bisa dilakukan dengan tenang tanpa takut jatuh.

Menikmati luas pulau sekitar 9 hektar tidak cukup hanya dengan jalan-jalan atau jalan-jalan saja. Anda bisa menggunakan banana boat untuk berkeliling bersama teman selama kurang lebih 1 jam. Anda dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk berkeliling pulau dan menikmati laut serta pegunungan yang hijau. Disebutkan sebelumnya bahwa ada banyak pohon rindang, jadi Anda bisa bersantai dengan memasang hammock di antara pepohonan.

Akomodasi di sekitar Pulau Dungan

Akomodasi di Pulau DunganKredit gambar: Google Maps Zakaria M. Sungkusara

Sulawesi Selatan memiliki rumah adat Bugis yang sangat eksotis dan menarik. Anda bisa menikmati sensasi menginap di rumah adat sebagai tempat peristirahatan. Pengelola pulau ini menawarkan rumah untuk disewakan dengan harga mulai dari 250.000 hingga 1,5 juta rupiah. Harga ini tergantung dari ukuran rumah yang Anda pilih, jadi Anda bisa bergaul dengan teman atau kerabat jika Anda menginap dengan rombongan besar.

Bagi penggemar camping tentunya bisa mendirikan tenda di area yang tersedia. Anda bisa membawa tenda sendiri dan kemudian bermalam ditemani kehidupan malam di pulau yang indah dan selalu asri ini. Harga yang harus dibayar adalah 50.000 rupee sebagai biaya sewa atau lisensi. Pastikan untuk memilih tempat yang aman untuk mendirikan tenda, seperti di pantai yang tidak terlalu dekat dengan pantai atau rumpun tanaman.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Dungan

Fasilitas Pulau DunganKredit gambar: Google Maps hendra poerwita

Di pantai tentunya banyak aktivitas yang dilakukan dan perjalanan yang ditempuh cukup jauh, sehingga cukup melelahkan. Pengelola menyediakan gazebo di beberapa tempat di tepi pantai, sehingga bisa digunakan untuk berteduh atau beristirahat. Anda bisa menikmatinya bersama pasangan liburan untuk sekedar bersantai karena gratis. Ini adalah fasilitas yang menarik karena gazebonya cukup besar, nyaman dan membuat pengunjung betah.

Ada tali yang dipasang di tengah laut agar pengunjung tidak berenang terlalu jauh. Ini merupakan antisipasi yang sangat tepat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi air tawarnya juga banyak untuk mandi sehabis berenang atau snorkling di air laut, air laut membuat badan lengket sehingga kurang nyaman saat harus beraktivitas lagi. Oleh karena itu, fasilitas tunggal ini sangat penting untuk disediakan secara melimpah.

Tempat wisata ini sudah dialiri listrik, jadi Anda tidak perlu khawatir selama liburan hingga larut malam. Hal ini tentu menjadi perhatian bagi para pecinta camping, karena khawatir dengan minimnya penerangan di area pantai. Aliran listrik yang terus menerus ini juga karena pulau ini buka 24 jam sehari, sehingga Anda juga sangat aman berlibur di sini. Wisatawan yang menginap di rumah adat juga memiliki listrik yang memadai.

Pulau yang terletak di perbatasan Kabupaten Barru dan Kota Pare Pare ini banyak dikunjungi wisatawan. Karena destinasinya sangat menarik, harganya sangat terjangkau, dan nilai mistisnya banyak berkembang. Ketiganya membentuk kombinasi sempurna untuk tempat yang sangat indah ini. Anda bisa mendapatkannya dalam paket lengkap dalam waktu singkat, menjadikannya pengalaman yang tak terlupakan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button