Pulau Sangalaki, pulau yang sangat indah di Berau, Kalimantan Timur - WisataHits
wisatahits

Pulau Sangalaki, pulau yang sangat indah di Berau, Kalimantan Timur

Pulau Sangalaki adalah salah satunya sebuah pulau kecil dan indah di Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur. Destinasi wisata Bajari yang memiliki ppemandangan alamnya sangat menakjubkan.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 700.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Sangalaki, Kab. Berau, Kalimantan Timur; Kasus: Cek lokasi

Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar di Indonesia yang memiliki banyak keindahan alam. Meski begitu, Kalimantan memiliki ratusan bahkan ribuan pulau kecil yang memiliki pesona tersendiri.

Tepatnya di Kalimantan Timur terdapat sebuah pulau kecil yang begitu indah dan banyak dibicarakan oleh orang-orang yang pernah mengunjunginya. Pulau tersebut adalah Sangalaki. Dengan panorama alam yang memanjakan mata, tak heran jika pulau ini dijuluki sebagai tempat liburan favorit.

Pulau Sangalaki merupakan salah satu tempat wisata yang menyuguhkan panorama alamnya yang begitu mempesona. Banyak sekali objek wisata di pulau ini yang membuat pengunjung terpukau dengan keindahannya. Berikut ulasan menarik jika Anda memutuskan untuk berlibur ke pulau yang masih menjadi bagian dari Kalimantan Timur ini.

Atraksi Pulau Sangalaki

Atraksi Pulau SangalakiKredit gambar: Google Maps Ghossan

Banyak yang bilang Pulau Sangalaki adalah surga kecil yang tersembunyi di Indonesia. Pulau ini merupakan salah satu tempat wisata bahari yang sangat menakjubkan. Daya tarik yang terdapat di pulau ini tidak jauh dari perairan yang menghiasi pulau ini. Berikut adalah alasan mengapa Anda harus mengunjungi tempat ini selama liburan Anda.

1. Memiliki biota laut yang unik

Biota laut pulau ini menjadi salah satu daya tarik yang membuat para wisatawan memujanya. Karena biota laut yang terdapat disini sudah sangat terkenal sampai ke manca negara. Bahkan, banyak penyelam internasional yang ingin menyelam untuk melihat biota laut.

Saat menyelam di perairan Pulau Sangalaki, tentunya Anda dapat dengan mudah menemukan pari manta yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Kesan pertama yang bisa dirasakan para penyelam saat melihat ikan ini adalah kekaguman. Karena pari ini memiliki ukuran yang sangat besar, yaitu bisa mencapai 7 meter lebarnya.

Ketika Anda bertemu mereka, ikan berenang seperti mereka menari di laut untuk menghibur Anda. Anda dapat dengan mudah menemukannya terutama di malam hari. Alasan kenapa hewan ini hanya bisa hidup di pulau ini karena planktonnya cukup melimpah terutama pada malam hari.

2. Pemandangan bawah laut yang sangat indah

Tidak hanya Pari Manta yang bisa Anda temukan saat menyelam di Pulau Sangalaki. Anda bisa melihat dasar laut yang dihiasi dengan terumbu karang yang sangat indah. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai bentuk dan warna terumbu karang, bahkan dengan ikan kecil yang lewat.

Banyak tempat menyelam yang bisa anda manfaatkan untuk menikmati panorama alam pulau yang masih menjadi bagian dari Kepulauan Derawan ini. Dimulai dengan Pintu Masuk Kanal, Kota Penyu, Parade Manta, Bukit Belut, sampai Itu rockies Anda bisa menjelajah dengan bebas.

Aktivitas menyelam pasti akan lebih berkesan jika Anda melakukan aktivitas ini bersama keluarga. Anda bisa membawa peralatan menyelam sendiri atau menyewanya di tempat yang tersedia.

3. Tempat tinggal penyu

Penyu merupakan hewan yang jarang ditemui masyarakat dalam wisata bahari. Berbeda dengan Pulau Sangalaki yang memiliki ratusan penyu hijau. Penyu datang ke pulau ini untuk bertelur. Akan sangat istimewa bila Anda menemukan hewan bercangkang keras ini di darat untuk bertelur.

Umumnya, Anda akan dengan mudah menemukan penyu hijau berenang bebas di perairan sekitar pulau. Namun, Anda juga dapat melihatnya hidup di penangkaran di sana. Penangkaran bertanggung jawab untuk merawat tukik agar tidak dimakan oleh predator dan kemudian dilepaskan pada malam hari ke laut.

4. Pantainya sangat menakjubkan

Pantai merupakan daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Pulau Sangalaki. Pantai di sini memiliki pasir putih kekuningan yang sangat halus. Uniknya, pantai ini jika diperhatikan baik-baik, memiliki medan yang landai. Hamparan pasirnya memanjang hingga 15 meter.

Dari pantai, Anda bisa mengamati indahnya laut biru kehijauan yang mewarnai perairan pulau eksotis ini. Selain itu, saat sore hari, matahari terbenam akan lebih indah dari pantai.

Alamat dan rute menuju Pulau Lokasi Sangalaki

Alamat Pulau SangalakiKredit gambar: Twitter Lukman 1222

Pulau yang berada di kawasan Kepulauan Derawan ini terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Jika ingin menghabiskan liburan di pulau seluas 15,9 hektar ini, Anda cukup berangkat dari Berau yang memiliki lapangan terbang.

Kemudian melakukan perjalanan ke Tanjung Batu yang memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan darat. Jadi pujilah kapal cepat tersedia khusus untuk pelancong yang terbiasa menjelajahi Kepulauan Derawan. Pilih tujuan Anda di Pulau Sangalaki dan nikmati perjalanan laut selama 45 menit untuk mencapai tujuan Anda.

Biaya Perjalanan ke Pulau Sangalaki

Biaya Tour Pulau SangalakiKredit gambar: Google Maps Cornelius Agustinus

Sedangkan untuk biaya perjalanan ke Pulau Sangalaki tentunya berbeda-beda tergantung dari daerah asalnya. Jika Anda berada di luar Kalimantan, tentunya biaya yang dikeluarkan sedikit lebih tinggi. Disarankan untuk selalu mengecek promo maskapai untuk harga murah.

Dari Berau Anda harus membayar sekitar Rp 700.000,00 untuk menyewa bepergian di Tanjungbatu. Sedangkan biaya sewa kapal cepat ke tujuan Rp 2.50.000,00 untuk 5 orang dan dapat digunakan untuk menjelajah seluruh pulau yang ada di Kepulauan Derawan selama 3 hari.

Aktivitas Menarik untuk Dilakukan di Pulau Sangalaki

Aktivitas di Pulau SangalakiKredit gambar: Google Maps Konstantinos 1980

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan di Pulau Sangalaki. Coba lakukan beberapa aktivitas berikut ini jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan.

1. Berenang dan menyelam

Berenang dan menyelam adalah aktivitas yang wajib Anda lakukan di pulau ini. Saat berenang di perairan sekitar, yang pasti bisa Anda rasakan adalah kesejukan airnya. Kemudian menyelam untuk melihat kehidupan laut yang sangat menggemaskan. Jangan lupa untuk mencari ikan pari dan penyu saat snorkeling.

2. Mengamati penyu

Menambah pengetahuan tentang penyu adalah pilihan yang menarik untuk dilakukan selama berada di Pulau Sangalaki. Datang langsung ke pusat konservasi untuk menemukan informasi menarik tentang penyu hijau yang berlimpah di pulau ini.

3. Wisata kuliner

Setelah aktivitas menikmati keindahan kawasan pulau, isi perut Anda di restoran yang terbuka untuk wisatawan. Banyak sekali menu seafood yang bisa kamu temukan disini. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menu khas dari daerah Kalimantan Timur.

4. Ambil gambar

Mengabadikan momen dengan berfoto merupakan hal yang sayang untuk dilewatkan di sini. Dengan latar belakang yang sangat indah, Anda dapat berbagi waktu liburan Anda dengan teman-teman di media sosial.

Akomodasi murah di sekitar Pulau Sangalaki

Akomodasi di Pulau SangalakiKredit gambar: Google Maps Bagas Wira Wiri

Jika ingin menikmati liburan selama 3 hari, disarankan untuk menyewa salah satu hostel yang tersedia di sekitar pulau dengan memesan secara online terlebih dahulu. Berikut adalah daftar penginapan yang bisa dijadikan tempat menginap untuk bermalam.

1. Resor Selam Derawan

Hostel ini menjadi favorit para morning traveler yang ingin memanfaatkan liburannya untuk menjelajahi Pulau Sangalaki dan sekitarnya. Dengan kamar yang sangat bersih dan fasilitas yang lengkap, Anda akan semakin betah. Tarif per kamar mulai dari Rp 660.000,-.

2. Memancing Eco-Villa

Salah satu hostel yang mengandalkan pelayanan terbaik adalah di Memancing Eco Villa. Anda akan mendapatkan keuntungan dari banyak layanan mulai dari sarapan hingga hiburan dan fasilitas untuk orang-orang berkebutuhan khusus. Tarif menginap di lokasi ini mulai dari Rp 725.000,-.

3. Sari Pondok Derawan

Sari Cottage adalah tempat menginap termurah di Kepulauan Derawan. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, mulai dari Wi-Fi hingga AC dan layanan wisata. Budget yang harus kamu keluarkan untuk menginap disini mulai dari Rp 120.000,-.

4. Penginapan Selam Derawan

Jika Anda ingin menyewa kamar dengan suasana Bali, Anda bisa mencobanya di sini Penginapan Menyelam Derawan. Namun, tarifnya cukup mahal mulai Rp 900.000.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Sangalaki

Fasilitas Pulau SangalakiKredit gambar: Google Maps tanah batiwakkal

Fasilitas yang bisa Anda gunakan di Pulau Sangalaki cukup beragam. Ada begitu banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan dalam lebih dari satu hari, jadi disarankan untuk menyewa Pondok disediakan oleh manajer.

Juga, jika Anda ingin mengisi perut Anda, luangkan waktu untuk pergi ke restoran dan bar yang telah menetap di dekatnya Pondok. Menunya sangat beragam dari olahan makanan lautmasakan tradisional, di menu barat dan Asia.

Jika ingin menikmati panorama bawah laut, sangat disarankan untuk membawa peralatan dari rumah. Namun, jika Anda tidak memilikinya, sewa saja dari toko persewaan peralatan selam.

Itulah beberapa ulasan mengenai objek wisata Pulau Sangalaki di Kalimantan Timur. Tentunya pulau tersebut harus menjadi salah satu destinasi wisata yang ingin Anda singgahi untuk berlibur. Dengan panorama alam yang begitu indah, menghabiskan liburan di pulau ini bisa menjadi momen yang tak terlupakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button