Pulau Burung Indragiri Hilir - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Burung Indragiri Hilir – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – pulau burung salah satu pulau terindah di Indragiri Hilir menarik untuk dijelajahi. pulau yang indah negeri seribu parit di indonesia barat menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.

Biaya kunjungan: -, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Burung, Kab. Indragiri Hilir, Riau; Kasus: Cek lokasi

Kabupaten Indragiri Hilir terletak di bagian timur provinsi Riau atau di pesisir timur pulau Sumatera. Pulau ini resmi terbentuk pada 14 Juli 1965. Karena letak Kabupaten Indragiri Hilir di pesisir pantai Pulau Sumatera, tempat ini termasuk dalam kategori wilayah pesisir. Garis pantai ini memiliki panjang 339,5 km.

Dilihat dari posisi dan letaknya yang strategis, Kabupaten Indragiri HIlir memiliki ekspektasi yang cukup tinggi terhadap pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah, karena letaknya yang dekat dengan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi seperti Karimun dan Batam, serta diposisikan pada tempat yang dapat diakses baik dari luar maupun dalam. negara.

Kabupaten Indragiri Hilir merupakan daerah rawa dan pantai pasang surut dengan sungai-sungai yang tersebar hampir di setiap kecamatan. Selain memiliki selat, kanal, dan sungai, juga terdapat banyak parit untuk mengatur aliran air saat air surut, sehingga daerah ini dikenal luas dengan sebutan “Parit Negri Mille”.

Atraksi Pulau Burung

Atraksi Pulau BurungKredit gambar: Google Maps Mhd. Fikri Al Hafizi

Indragiri Hilir letaknya sangat strategis, karena berhadapan langsung dengan negara tetangga Indonesia seperti Malaysia dan Singapura. Apalagi tempat ini juga memiliki daya tarik wisata yang berpotensi menarik banyak wisatawan. Berikut daya tarik yang dimiliki tempat ini.

1. Kunjungan bersejarah

Pada akhir abad ke-19, hiduplah seorang penasehat kerajaan dari Indragiri bernama Syech Abdurrachman Siddiq, yang meninggal pada tahun 1939 dan dimakamkan di Hidayat, tidak jauh dari Sapat.

Selain wisata religi, tempat ini juga menampilkan atraksi berupa budaya suku. Atraksi ini merupakan pemandangan yang menakjubkan untuk melihat kerumunan orang dengan gesit menggunakan sepotong papan untuk meluncur serta mengumpulkan kerang untuk dijual di pasar dan sebagian untuk konsumsi pribadi.

2. Bukit bunga dan air terjun 86

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter karena air terjun 86 terletak di kilometer 86 Jalan Raya Trans-Sumatera Timur. Anda dapat mencapai tempat ini hingga 14 km melalui jalan yang tidak beraspal dengan menggunakan jeep atau sepeda motor. Di desa yang kemudian disebut selensen, Anda bisa melihat banyak rumah adat Melayu atau Pesanggrahan.

Tempat wisata bukit bunga ini memiliki udara yang sejuk dan sering diselimuti kabut tebal pada pagi hari saat puncaknya dan merupakan tempat camping. Anda bisa melihat pemandangan alam yang indah saat berada di atas bukit. Untuk sampai ke puncak, ada jalan yang berkelok-kelok dan terjal. Cocok untuk Anda pecinta alam.

3. Bukit Api

Bukit Api ini memiliki panjang 60 meter. Jika Anda melihat ke arah timur laut, Anda dapat melihat panorama pulau-pulau kecil yang masih menjadi bagian dari kabupaten Kepulauan Riau. Di hutan berbukit ini, masih banyak ditemukan pohon Nibung. Pohon ini merupakan sejenis palem liar yang kini sudah langka.

Di kaki bukit ini terdapat gua yang dihuni oleh ratusan bahkan ribuan kelelawar liar. Penduduk setempat memberinya nama Goa Api Panjang. Gua ini tidak dapat dimasuki oleh beberapa orang sekaligus, gua ini hanya dapat dimasuki oleh satu tubuh manusia, merangkak atau berbaring.

4. Bukit Sari Intan dan Bukit Segunung

Kedua bukit ini terletak di kecamatan Pulau Burung, Kepulauan Riau, Indonesia. Kondisi bukit ini tidak jauh berbeda dengan Bukit Api. Bukit Sari Intan dan Bukit Segunung punya keunikan karena di bukit ini masih banyak pantangan yang harus dipatuhi. Selain itu, wisatawan yang beruntung akan menemukan kepingan berlian di sini.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau burung

Alamat Pulau BurungKredit Gambar: Instagram Mhd Reza Ardillah

Untuk menuju pulau ini tidak bisa melalui jalur darat melainkan hanya melalui jalur laut, anda bisa menuju pulau ini melalui Kota Batam, kemudian anda bisa menggunakan speedboat atau naik kapal ferry melalui Laut Cina Selatan. Selama perjalanan akan disuguhkan pemandangan laut yang indah dan luas agar anda tidak bosan saat berwisata

Anda bisa mengunjungi pulau ini tanpa tiket masuk yang biasanya gratis. Karena di pulau burung Indragiri Hilir tidak ada yang menjual tiket masuk ke pulau ini. Anda juga bisa mengunjungi pulau ini tanpa harus khawatir dengan jam buka dan tutup. Karena tidak ada batasan waktu untuk datang ke pulau ini.

Untuk menuju pulau ini, Anda hanya perlu membayar transportasi jika menggunakan speedboat atau perahu. Untuk biaya transportasi, itu tergantung pada kesepakatan Anda dengan operator. Tanpa tiket masuk, Anda sudah bisa menikmati keindahan pulau ini.

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Pulau Burung

Aktivitas menarik di Pulau BurungKredit gambar: Instagram Pulau Burung, Riau

1. Kunjungi berbagai jembatan

Bagi Anda yang tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika Anda tiba di pulau ini, Anda dapat melihat dan mengunjungi jembatan di sana. Karena tempat ini menyandang julukan “Negeri Seribu Jembatan”. Ada banyak jembatan unik yang didukung oleh keindahan alam sekitarnya.

2. Bermain di pantai

Di ujung utara Kabupaten Indragiri Hilir, di muara Sungai Danai yang tenang dan damai adalah Pantai Sesai. Untuk sampai ke tempat ini, Anda bisa menempuh waktu 20 menit jika menempuh perjalanan dari ibu kota kecamatan Pulau Burung dengan speedboat.

Jika Anda menuju tempat ini dari Tanjung Batu (Kepulauan Riau), perjalanan hanya memakan waktu 15 menit. Pantai yang indah ini membuat wisatawan yang datang ke sini betah berlama-lama.

3. Cobalah Hidangan Perkebunan

Berbagai macam masakan dari perkebunan di tempat ini rasanya sangat enak dan juga memiliki harga yang terjangkau. Karena tempat ini dikelilingi oleh perkebunan yang luas. Oleh karena itu, di sini sangat terkenal dengan makanan yang berasal dari hasil perkebunan. Yang pasti kebersihan dan keamanan pangannya terjamin.

Di sini Anda akan menemukan berbagai jenis kios yang menjual hidangan yang berasal dari hasil perkebunan. Ada banyak stand yang bisa direkomendasikan untuk Anda. Karena makanan disana rasanya enak

4. Ambil gambar

Karena keindahan dan keindahan Pulau Burung Indragiri Hilir, Anda bisa berfoto sepuasnya di sini. Anda dapat mengambil foto di sini hanya untuk koleksi atau untuk dipajang di media sosial. Karena ada banyak spot foto instagrammable cantik yang bisa menunjang foto kamu jadi lebih keren.

Ada banyak tempat foto latar belakang yang bagus di sini. Jika Anda datang ke pulau ini, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen indah dan indah di sini. Maka tak heran jika banyak wisatawan di sini berfoto-foto hingga puas sebelum pulang.

Akomodasi murah terdekat dengan Pulau Burung

Akomodasi di Pulau Burung Indragiri HilirKredit Gambar: Google Maps Cucu Cokelat

1. Wisma Arafah

Hostel ini memiliki harga yang cukup murah namun nyaman untuk menginap sementara Anda. Hostel ini terletak di JL. Yos Sudarso Pulau Indragiri Hilir, Kepulauan Riau, Indonesia. Di hostel ini hanya ada 10 kamar karena hostel ini bukan hostel mewah

Fasilitas hostel ini juga tidak terlalu lengkap mengingat harga untuk bermalam disini cukup murah yaitu hanya 60.000 hingga 100.000 rupiah saja.

2. Penginapan Bobby

Hostel ini termasuk akomodasi yang cukup nyaman dan menyenangkan. Hostel ini terletak di JL. Gajahmada, Tagararaja, Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Hostel ini buka 24 jam sehari. Dan juga hostel ini memiliki tarif 160.000 hingga 320.000 rupee saja. Mengingat tempat ini juga sangat bagus.

3. Arahman 1 dan Arahman 2

Hostel ini terletak di JL. Diponegoro n° 8A Kelurahan Tembilahan Kota dan juga di JL. Suntung Ardi No. 4A Kel Tembilang Kota. Kedua hostel ini memiliki tarif antara 140.000 hingga 390.000 rupee.

Kedua hotel ini, meski namanya mirip, memiliki jumlah kamar yang berbeda. Ada 20 kamar dan 32 kamar.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Burung Indragiri Hilir

Fasilitas Pulau Burung Indragiri HilirKredit gambar: Google Maps Paseng TV

Pulau ini juga dikenal sebagai pulau yang memiliki alur. Naiki kanal dengan perahu berbandul atau perahu untuk menikmati keindahan alam pulau. Di tempat ini, Anda bisa melihat perkebunan nanas, tambak udang, tambak ikan, dan perkebunan kelapa sambil mencoba berbagai macam makanan khas pulau ini.

Disini juga terdapat fasilitas penunjang seperti masjid, rumah makan, gazebo dan juga banyak terdapat perkebunan. Masjid di pulau ini memiliki banyak fasilitas seperti perpustakaan, ruangan ber-AC, serta sound system dan multimedia yang menampungnya.

Itu tadi objek wisata, fasilitas, alamat dan petunjuk arah, harga tiket masuk untuk dijadikan acuan saat ingin berkunjung ke Pulau Burung Indragiri Hilir. Selain banyak hidangan lezat dan spot foto menarik, tempatnya juga relatif sepi. Dengan demikian, nantinya wisatawan bisa betah untuk berlibur panjang di sana.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button