Presentasi oleh dosen dan alumni ITB di SMKN 1 Balikpapan yang bergairah dengan dunia digital - WisataHits
Jawa Barat

Presentasi oleh dosen dan alumni ITB di SMKN 1 Balikpapan yang bergairah dengan dunia digital

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Pada Selasa (18/10/2022), diselenggarakan workshop bertajuk 1000 Digital Creator Content di SMKN 1 Balikpapan yang diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK di Kota Balikpapan.

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengajak siswa SMA dan SMA se-Kaltim untuk mendalami dan mendukung promosi pariwisata di Kaltim.

Melalui pemaparan alumni ITB yang juga menjabat sebagai anggota Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian.

Selain itu, Denny Darko adalah Youtuber, Illusionist & Motivator dan Wakil Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB Dr. Termasuk Intan R Mutiaz.

Baca Juga: 7 Aplikasi Edit Video Terbaik di Laptop 2022 Bisa Mendadak Jadi YouTuber Paling Cocok untuk Pemula

Hetifah mengaku senang dengan antusiasme mahasiswa dari Kota Iman untuk mengembangkan keterampilannya di dunia digital dan tentunya untuk mendukung promosi pariwisata di Kaltim.

“Selama ini minat anak muda Balikpapan terhadap konten digital sangat tinggi,” kata Hetifah.

Selain itu, pemindahan ibu kota negara (IKN Nusantara) ke wilayah Kalimantan Timur juga menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan oleh anak muda Balikpapan.

Tentunya dengan konsep IKN Nusantara sebagai smart city, juga dibutuhkan tenaga (SDM) yang mumpuni dalam hal digitalisasi.

“Artinya pasti butuh banyak talenta untuk nantinya mendukung konsep smart city di IKN Nusantara. Balikpapan akan menjadi kota yang paling diuntungkan,” lanjut anggota DPRD Kaltim itu.

Ia berharap para kreator konten lokal berikutnya yang lahir melalui program ini juga dapat memberikan kontribusi positif bagi pariwisata dan industri kreatif di Balikpapan dan Kaltim pada umumnya.

Baca Juga: Sudah Dijawab Siapa Nama Asli Deddy Corbuzier, Ini Profil Pesulap Yang Berhasil Menjadi YouTuber

Sementara itu, tambah dr. Intan R. Mutiaz menambahkan, ITB juga akan menawarkan program pendampingan bagi mahasiswa yang berminat mengembangkan potensinya.

“Jadi nanti ada semacam pendampingan dan praktik langsung bagi mahasiswa ini untuk membuat konten, misalnya desa wisata,” kata Intan.

Naira Putri, siswa SMAN 5 Balikpapan yang juga mengikuti kegiatan tersebut, sangat senang mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Sebelumnya ia sangat tertarik untuk bergabung dengan FSRD ITB. Dengan kegiatan tersebut, ia semakin yakin bahwa FSRD ITB adalah cita-citanya setelah menyelesaikan studinya di tahun mendatang.

Saya sangat menikmati acaranya, seru juga ada Denny Darko yang juga alumni ITB dan Bu Hetifah juga.

Saya belajar bagaimana membangun personal branding dan kemudian bagaimana menjadi pembuat konten.

“Saya juga mendapat informasi bahwa target pasar saat ini sedang menuju digitalisasi,” jelas Naira.

“Industri digital content creator akan menjadi sesuatu yang akan diserbu, apalagi kita menjadi ibu kota di Kaltim,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button