Prakiraan tren pariwisata di akhir tahun - WisataHits
Jawa Tengah

Prakiraan tren pariwisata di akhir tahun

Jakarta (ANTARA) – Akhir tahun merupakan momen yang paling ditunggu para pemudik untuk menyambut Natal dan Tahun Baru dengan libur nasional. Masyarakat pun mulai mempersiapkan rencana perjalanan liburan akhir tahun bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Ryan Kartawidjaja, Vice President of Commercial and Marketing Pegipegi, mengatakan dalam siaran resmi pada hari Senin: “Kami melihat tingkat antusiasme yang relatif tinggi untuk berwisata menjelang akhir tahun 2022. Akibatnya, para pelancong perlu merencanakan akhir perjalanan mereka. tahun perjalanan lebih awal sehingga mereka dapat menemukan opsi perjalanan yang lebih terjangkau dan terjangkau. “dapatkan harga yang lebih murah.”

Pemesanan lebih cepat dapat menghemat 10-35 persen

Harga akomodasi dan transportasi menjelang liburan akhir tahun akan lebih mahal dari waktu normal. Ini memungkinkan Anda untuk memesan lebih cepat, sehingga biaya dapat dikurangi.

Berdasarkan pengolahan data Pegipegi terhadap median harga hotel di 19 wilayah populer di Indonesia, Pegipegi menangkap rata-rata kenaikan harga hotel dan kapan musim ramai 15 persen cenderung lebih mahal daripada periode musim sepi.

Yogyakarta merupakan kawasan yang saat ini menunjukkan kenaikan harga yang cukup signifikan di semua kategori hotel berbintang musim ramai, itu 36 persen. Sementara itu, Jakarta menjadi kawasan yang populer dengan kenaikan tarif terendah dari kategori hotel berbintang, naik 9 persen.

Sedangkan tiket transportasi seperti pesawat untuk liburan akhir tahun diperkirakan naik sekitar 10%-20%.

Tren kenaikan harga akomodasi menjelang liburan akhir tahun sebelum pandemi biasanya dimulai pada bulan Desember.

Namun, kenaikan harga pascapandemi diperkirakan akan tertunda pada pertengahan atau akhir November. Sementara itu, tren kenaikan tarif angkutan udara dimulai pada akhir November dan diperkirakan akan terus berlanjut hingga akhir tahun 2022.

“Pada periode Oktober hingga November, harga akomodasi dan tiket transportasi belum naik, jadi ini saat yang tepat untuk melakukan pemesanan. Traveler bisa memanfaatkan promo pesan lebih awal disajikan Agen Perjalanan Online (OTA) untuk mendapatkan harga akomodasi dan tiket transportasi yang lebih murah,” kata Ryan.

Pelancong yang memesan lebih awal dapat menghemat 15 hingga 35 persen untuk akomodasi dan 10 hingga 20 persen untuk transportasi.

Prediksi destinasi liburan populer di akhir tahun

Destinasi perjalanan domestik dan internasional mana yang diperkirakan akan populer sebelum tahun 2023? Untuk pemesanan semalam, OTA ini melihat peningkatan pemesanan semalam hingga 28x dibandingkan dengan kuartal ketiga. 10 kota dengan transaksi semalam terbesar adalah Malang, Bandung, Yogyakarta, Jakarta, Bali, Semarang, Surabaya, Bogor, Solo, dan Banjarmasin.

Pemudik yang melakukan perjalanan udara diharapkan menuju destinasi populer seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Makassar, Bali, Batam, Pekanbaru, Yogyakarta, dan Palembang.

Siapa dengan kereta api, bus u Bepergian untuk liburan akhir tahun diharapkan berwisata ke Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bekasi, Tangerang, Malang, Bogor, Solo, Purwokerto, Surakarta dan Tegal.

Sementara Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Jepang, dan Australia menjadi prakiraan destinasi wisata mancanegara yang banyak dicita-citakan wisatawan.

Ryan mengatakan, pihaknya menargetkan peningkatan trafik pencarian akomodasi hingga 3 hingga 5 kali lipat selama dinamika liburan akhir tahun. Untuk moda transportasi seperti penerbangan, Pegipegi mengalami peningkatan 2-3 kali lipat dalam trafik pencarian jadwal dan penerbangan dibandingkan Agustus dan September.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Prediksi tren travelling akhir tahun dan tips liburan jelang 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button