Kisah Tugu Jogja Dibangun Pendiri Keraton Yogyakarta | Monumen - WisataHits
Jawa Tengah

Kisah Tugu Jogja Dibangun Pendiri Keraton Yogyakarta | Monumen

Tugu Jogja dibangun pada tahun 1755 oleh pendiri Keraton Yogyakarta. Berikut cerita lengkapnya.

Tugu Jogja dibangun pada tahun 1755 oleh pendiri Keraton Yogyakarta. Berikut cerita lengkapnya.

Berwisata ke Yogyakarta belum lengkap tanpa mengunjungi salah satu objek wisata bangunan yang menjadi salah satu penanda batas utara kota Jogja. Mitos dan sejarah yang menyertai tugu ini menjadikannya salah satu keistimewaan kota jogja.

Kisah Tugu Jogja karya Abner Sarlis Tindi. Tugu Jogja didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755, setahun setelah berdirinya Keraton Yogyakarta. Bangunan tugu berbentuk bujur sangkar dan diukir di setiap sisinya seperti semacam prasasti yang menunjukkan siapa yang terlibat.

Lanjut membaca:
detikcom »

Aksi di Tugu Jogja, apoteker menolak menjual antibiotik tanpa resep dokterApoteker di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang tergabung dalam Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) sepakat untuk tidak menjual antibiotik tanpa resep dokter.

Berikut jadwal KRL Jogja-Solo hari ini Minggu 20 November 2022, ada penambahan kereta di hari MingguKereta Api Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo serta jalur balik Solo Jogja sangat diminati oleh masyarakat kota Yogyakarta dan Solo. Ini jadwalnya

Berikut Jadwal KRL Solo-Jogja Hari Ini Minggu 20 November 2022, Berikut Penambahan Kereta Selama Akhir PekanBerikut informasi jadwal lengkap KRL Solo-Jogja dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tugu Yogyakarta pada Minggu 20 November 2022 ini.

Jadwal KRL Solo-Jogja Hari Ini 20 November 2022 Berangkat dari PalurJadwal KRL Solo Jogja Hari ini 20 November 2022 berangkat dari jadwal KRL Jogja Solo Palur

Jadwal KRL Solo-Jogja 20 November 2022, Keberangkatan & Keberangkatan Dari 2 Stasiun di SurakartaJadwal KRL Solo-Jogja Jawa Tengah 20 November 2022, Keberangkatan & Keberangkatan Dari 2 Stasiun di Surakarta jadwal krlsolojogja krlsolojogja

Akomodasi di Jogja yang murah dan modern: harga, lokasi, daya tarikBagi Anda yang ingin liburan hemat di Jogja, kota pelajar ini juga menawarkan berbagai pilihan akomodasi yang cocok sebagai tempat bersantai. Nggak murahan, malu-malu.. Sama sama Bandung

Tugu Jogja (Foto: Andhika Prasetia/detikcom) Jakarta – Berwisata ke Yogyakarta belum lengkap tanpa mengunjungi salah satu tempat wisata yang menjadi salah satu landmark Tugu Jogja. POS SOLO. Jabar 20/11/2022 – 07:21 Ciamis – Safari Politik Anies Baswedan semakin marak dilakukan.

Tugu ini berdiri di tengah perempatan Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Margo Utomo, Jalan AM Sangaji dan Jalan Diponegoro. Awalnya tugu ini bernama Tugu Golong Gilig. (Jogja/Harian Istimewa) pos solo. Namun, saat ini lebih dikenal dengan nama Tugu Pal Putih. Jawa Timur 20/11/2022 – 07:10 Sebuah kapal disulap menjadi kapal terapung dengan nuansa kapal pesiar, tak ayal sensasi destinasi baru ini menjadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara di pulau nasional 20 /11/2022 – 07:03 Jadi Pembicaraan Diduga Menghina Iriana Jokowi, Polri Ungkap Identitas Ibu Negara yang Diduga Menjijikkan Iriana Jokowi, Ternyata Artis Komik Lain 20/11/2022 – 06:47 Jakarta – Viral video seorang nenek ditendang oleh sekelompok anak sekolah di jalan berbukit. Karena berbahan dasar penggunaan cat lacquer putih yang sudah digunakan sejak lama. Dalam aksi tersebut, para apoteker di DIY bersepakat untuk menolak permintaan konsumen akan antibiotik tanpa resep dokter. merupakan penanda batas utara kota Yogyakarta. Di Hari Nasional 20/11/2022 – 05:20 Aksi Berbahaya Warga Terobos Konvoi Presiden, Kini Terkuak Pengakuan Wahyuni, Sosok Perempuan Bali Nekat Terobos Paspampres Berjabat Tangan dengan Goyang Nasional Jokowi 20 /11/2022 – 05:04 Penemuan jenazah keluarganya bikin heboh. Adapun pernyataan tukang sampah di kompleks Citra Garden melanggar kebiasaan keluarga yang terbunuh, ternyata 20/11/2022 Jawa Tengah 20/11/2022 – 05:40 Gempa bermagnitudo 5, 3 terjadi di Pangandaran , Jawa Barat, gempa ini menyebar dan dirasakan warga di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Mitos dan sejarah yang menyertai tugu ini menjadikannya salah satu keistimewaan kota jogja. Jika bakteri sudah resisten, tubuh tidak dapat memberikan antibiotik yang sama dan harus diganti dengan antibiotik lain. Di Hari Nasional 20/11/2022 – 05:20 Aksi Berbahaya Warga Terobos Konvoi Presiden, Kini Terkuak Pengakuan Wahyuni, Sosok Perempuan Bali Nekat Terobos Paspampres Berjabat Tangan dengan Goyang Nasional Jokowi 20 /11/2022 – 05:04 Penemuan jenazah keluarganya bikin heboh. Adapun pernyataan tukang sampah di kompleks Citra Garden melanggar kebiasaan keluarga yang terbunuh, ternyata 20/11/2022 Jawa Tengah 20/11/2022 – 05:40 Gempa bermagnitudo 5, 3 terjadi di Pangandaran , Jawa Barat, gempa ini menyebar dan dirasakan warga di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Baca Juga: Berikut Penjelasan Lengkap Sejarah Tugu Jogja Beserta Nilai Simbolis dan Mitosnya. Kisah Tugu Jogja Kutipan dari buku Putra Pasifik Mengejar Impian karya Abner Sarlis Tindi.000 “Kami mencoba mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kasus-kasus resistensi di Indonesia, khususnya di bidang perbaikan rumah. Tugu Jogja didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755, setahun setelah berdirinya Keraton Yogyakarta. Keberadaan tugu Jogja memiliki nilai simbolis sebagai ukuran kiblat Sultan untuk bertapa menghadap Gunung Merapi. Dia menambahkan bahwa ada konsensus umum di antara organisasi profesional kesehatan dan komitmen terhadap penggunaan antibiotik secara rasional berdasarkan diagnosis dan dosis yang tepat.

Oleh karena itu, pembangunan tugu ini mengikuti arah garis imajiner antara Gunung Merapi, Tugu, Keraton dan Laut Selatan. Bangunan tugu saat pertama kali dibangun. “Kami para apoteker juga sudah sepakat untuk tidak memberikan antibiotik tanpa resep dokter. Tiang tersebut berbentuk silinder (gilig) yang mengerucut ke arah atas sedangkan puncaknya berbentuk bulat (solong) dengan tinggi 25 meter dan disebut Golong Gilig yang menggambarkan Manunggaling Kawula Gusti (penyatuan rakyat dan penguasa). Keberadaan Tugu Jogja saat itu dimaksudkan untuk memperkokoh semangat persatuan melawan penjajah, demikian menurut situs resmi pariwisata Kota Yogyakarta. Ikuti petunjuk dan aturan pakai, minum sampai habis,” ujarnya. Baca juga: Mokbang sampai Hanbok, Ini 10 Kosakata Bahasa Korea yang Masuk KBBI. Namun pada 10 Juni 1867, terjadi gempa bumi yang meluluhlantakkan Yogyakarta. dan menyebabkan bangunan peringatan itu runtuh.

Rusaknya tugu berarti keadaan peralihan pentingnya persatuan dalam pembangunan tugu tidak tercermin. Dikutip dari website Si Bakul Jogja, pada tahun 1889 bangunan tugu ini direnovasi oleh pemerintah Belanda. Bangunan tugu berbentuk bujur sangkar dan diukir di setiap sisinya seperti semacam prasasti yang menunjukkan siapa yang terlibat. Puncak tugu tidak lagi berbentuk bulat dan tinggi bangunan tugu juga lebih rendah hingga 10 meter dari tinggi tugu sebelumnya, tinggi tugu adalah 15 meter. Sejak saat itu Tugu Golong Gilig berganti nama menjadi De Witt Paal atau Tugu Pal Putih Renovasi bangunan tugu peringatan tersebut merupakan strategi pemerintah Belanda untuk memperlemah persatuan antara rakyat dan raja.

Namun taktik ini langsung disadari oleh masyarakat Jogja dan gagal. Tak lama kemudian, tugu peringatan Pal Putih diresmikan oleh Sri Sultan HB VII pada 3 Oktober 1889. Keunikannya berupa simbol antara lain kering (hasta karya), panah, daun waru, daun bidara, bentuk praba, bintang berujung enam, rangkaian titik, tetesan air berbentuk wajik. Selain itu, bentuk ujung Tugu Jogja adalah spiral. Tonton videonya " Wisatawan mengabaikan keamanan dan nyaris tertabrak saat berfoto di Tugu Jogja " .

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button