Potrobayan River Camp, sensasi berkemah di sungai - WisataHits
Yogyakarta

Potrobayan River Camp, sensasi berkemah di sungai

Solusi penat karena kerja bukanlah mundur, Anda tahu, tetapi ambil liburan singkat dan temukan tempat yang menyatu dengan alam. Camping misalnya, banyak juga camping ground di Jogja yang belum pernah kamu coba. Seperti Camp Sungai Potrobayan, inilah campsite terbaru di Kota Gudeg yang akan dibangun memenuhi.

Potrobayan River Camp menawarkan perkemahan tepi sungai yang tidak dimiliki banyak lokasi lain. Meski tidak berkemah, Anda juga bisa piknik di sini. Penasaran dengan lokasi, harga sewa dan tips camping? Yuk, simak berikut ini!

1. Lokasi Camp Sungai Potrobayan

Potrobayan River Camp, sensasi berkemah di sungaiPerkemahan Sungai Potrobayan (instagram.com/luciansantosoo)

Secara administratif, Potrobayan River Camp terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dari pusat kota bisa dikatakan cukup jauh yaitu sekitar 20 km atau jika menggunakan kendaraan bermotor dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit.

Sungai Potrobayan merupakan pertemuan antara Sungai Opak dan Sungai Oyo. Jadi jangan heran jika Anda juga akan melihat banyak orang memancing karena aliran sungainya yang tenang dan jernih.

alamat: Potrobayan, Srihardono, Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Jam buka Kamp Sungai Potrobayan

Potrobayan River Camp, sensasi berkemah di sungaiDesa Wisata Potrobayan (instagram.com/lalahmaa)

Potrobayan River Camp tidak hanya menawarkan sewa lahan untuk camping, tapi juga untuk piknik binatang buas. Nah, jika hanya sekedar lewat tanpa menginap, ada jam operasional yang harus dipatuhi pengunjung. Dapat dikunjungi setiap hari, Potrobayan River Camp dapat dikunjungi mulai pukul 05.00-18.00 WIB.

Sedangkan jika pulang atau tidak pulang lebih dari jam tersebut sudah termasuk jamnya Berkemah. Bagi mereka yang berencana menginap, jam untuk Mendaftar yaitu dari jam 1 siang dan Uang tunai maksimal pukul 11.00 WIB.

Dalam jangka waktu yang lama ini, dimulai dengan menonton matahari terbit untuk mengabadikan matahari terbenam Anda juga bisa!

Baca Juga: 9 Wisata Air Terjun di Jogja yang Keren dan Bikin betah

3. Biaya Camping di Potrobayan River Camp

Potrobayan River Camp, sensasi berkemah di sungaiKamp Sungai Potrobayan (instagram.com/evausf)

Dilihat dari tempat yang estetis dengan biaya operasional yang murah, tak heran jika bumi perkemahan di Jogja ini menarik banyak orang. Tidak ada biaya camping di Potrobayan River Camp, namun Anda harus membayar biaya perawatan sebesar Rp 10.000 per orang dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Sangat murah mengingat anda mendapatkan fasilitas lengkap seperti toilet, mushola dan free charge handphone selama anda menginap. Sayangnya, hingga artikel ini ditulis, belum ada warung atau kantin yang menjual makanan berat. Hanya ada pedagang keliling yang menawarkan Cilok dengan telur gulung sebagai penopang perut.

Sedangkan bagi anda yang baru sembuh, biaya parkirnya Rp 3.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Jangan lupa siapkan donasi terbaik Anda untuk uang perawatan, yang bisa Anda berikan kepada petugas parkir atau lemparkan ke dalam kotak yang telah disediakan.

4. Aturan Camping di Potrobayan River Camp

Potrobayan River Camp, sensasi berkemah di sungaiBerkemah di Potrobayan (instagram.com/ganyadisurya)

Ini seperti Anda seorang tamu dan Potrobayan River Camp adalah rumah teman, Anda tidak bisa melakukan apa-apa di sana. Ada aturan bagi yang ingin berkemah di sini yang harus dipatuhi.

  • Harus sopan dan santun
  • harus membawa tempat sampah sendiri dan dilarang membuang sampah sembarangan
  • Sampah harus dibawa ke pos satpam bila Uang tunai
  • Tidak ada suara atau kebisingan setelah jam 11 malam
  • Parkir kendaraan di depan pos jaga dan dilarang masuk ke perkemahan dengan kendaraan
  • Tidak ada keributan dalam bentuk apa pun
  • Dilarang melakukan maksiat
  • Dilarang meminum minuman beralkohol
  • Dilarang membuat api unggun di halaman.

5. Tips Camping di Potrobayan River Camp

Potrobayan River Camp, sensasi berkemah di sungaiBerkemah di Potrobayan (instagram.com/vgalis)

Meski dijalankan oleh para profesional, Anda tetap perlu berhati-hati dan mempersiapkan berbagai hal sebelum piknik atau camping di sini. Yang pertama dan wajib adalah mengamati cuaca setidaknya selama tiga hari, karena jika sering hujan, limpasan air dan risiko berkemah atau bermain secara otomatis akan meningkat.

Kenakan pakaian yang nyaman, sopan, dan hangat jika Anda benar-benar berencana untuk pergi berkemah. Jangan lupa juga untuk membawa obat nyamuk, agar ketenangan dan ketentraman Anda tidak terganggu oleh hewan yang satu itu.

Sedangkan untuk perlengkapan camping bisa dibawa sendiri atau disewa dari pengelola. Tidak mahal, tenda kapasitas dua orang bisa disewa seharga Rp25.000 per hari dan kapasitas enam orang terbesar Rp50.000. Anda juga bisa menyewa peralatan makan, alas tidur, meja dan kursi mini untuk menyewa jasa mendirikan tenda.

Kamp Sungai Potrobayan menyediakan jalan setapak obat yang langsung menyatu dengan alam. Baik bersama keluarga atau teman, yang terpenting di sini adalah menjaga kebersihan dan mengikuti aturan. Jadi kapan kamu akan berkemah di tepi sungai?

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Seru di Obelix Village Jogja, Banyak Wahana Menarik!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button