Puluhan ribu kendaraan memasuki Yogyakarta jelang malam pergantian tahun - WisataHits
Yogyakarta

Puluhan ribu kendaraan memasuki Yogyakarta jelang malam pergantian tahun

TEMPO.CO, Yogyakarta – Puluhan ribu kendaraan terlihat memasuki Daerah Istimewa Yogyakarta jelang pergantian tahun. Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menemukan, untuk kendaraan roda empat atau lebih, hampir 30.000 kendaraan masuk DIY setiap hari.

Hal itu berdasarkan pantauan monitor CCTV Media Center Polda DIY di gerbang perbatasan utama yakni Candi, Kabupaten Sleman, Temon, Kabupaten Kulonprogo, dan di gerbang perbatasan Prambanan, Kabupaten Sleman.

“Setelah pantau monitor CCTV pada Minggu (25/12) masuk 28.000 kendaraan, pada Senin (26 Desember) kendaraan yang masuk DIY sedikit menurun menjadi sekitar 27.000 kendaraan,” kata Kapolres Polda DIY, Suwondo Nainggolan, Selasa 27 Desember 2022. .

Turunnya jumlah kendaraan roda empat atau lebih yang masuk awal pekan ini dikabarkan karena masyarakat masih masuk kerja pada jam yang sama.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang masuk pasar perbaikan rumah pada 23-24 Desember sebanyak 42.336 kendaraan roda dua dan 17.024 kendaraan roda empat atau lebih.

Gelombang kedatangan yang tinggi ke komunitas ini disebut Suwondo karena Daerah Istimewa Yogyakarta masih menjadi tujuan wisata yang populer.

“Dalam situasi seperti ini, arus lalu lintas di kawasan perbaikan rumah sangat memprihatinkan,” ujarnya.

Suwondo juga berkesempatan melakukan pengawasan tanpa pengawalan di jalur menuju kawasan wisata Kaliurang Sleman Yogyakarta yang beberapa hari ini sangat ramai. Ia berusaha mendatangi posko Gereja Katolik Maria Asumta sekitar 45 menit dari Mapolda DIY di kawasan Condongcatur, Depok, Sleman.

“Petugas harus mengantisipasi peningkatan kepadatan lalu lintas dengan cepat setiap saat dan memberikan arahan, misalnya kepada masyarakat dan wisatawan,” katanya.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto mengatakan, fokusnya adalah meminimalisasi kemacetan kendaraan di beberapa titik kritis untuk memperlancar arus.

“Di perkotaan, masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam pemantauan kepadatan jalan yang dilakukan oleh video surveillance Kota Yogyakarta,” ujarnya.

WICAKSONO SWASTA

Baca Juga: 8 Ruas Tol Baru Dibuka Selama Libur Nataru, Catat Lokasinya

Apakah Anda ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram GoOto

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button