Potret Ibu Iriana mengajak para pemimpin G20 untuk melihat kearifan lokal Indonesia - WisataHits
wisatahits

Potret Ibu Iriana mengajak para pemimpin G20 untuk melihat kearifan lokal Indonesia

Ibu Iriana Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan para pemimpin negara G20 dan lembaga internasional yang menyertainya sebagai bagian dari rangkaian kegiatan KTT G20 di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort pada Selasa, 15 November 2022.

Ibu Iriana yang mengenakan pakaian Indonesia yang dipadukan dengan tenun Bali, menyapa dan berjabat tangan dengan para pendamping saat mereka memasuki ruang kedatangan.

(Kiri ke Kanan) Suami Presiden Komisi Eropa Heiko von der Leyen, istri Perdana Menteri Spanyol Mar'a Bego–a G—mez Fern‡ndez, Ibu Negara Tiongkok Peng Liyuan, Ibu Negara Indonesia Iriana Joko Widodo, Ibu Negara dari Korea Selatan(kiri ke kanan) Suami Presiden Komisi Eropa Heiko von der Leyen, istri Perdana Menteri Spanyol Mar’a Bego–a G—mez Fern‡ndez, Ibu Negara Tiongkok Peng Liyuan, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon-hee Ibu Negara Turki Emine Erdogan dan istri Perdana Menteri Jepang Yuko Kishida berfoto bersama di sela-sela acara G20 Wife Summit di Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa (15/11/2022). Pusat Media G20 Indonesia/Zabur Karuru/wsj/22.

Satu persatu para pengawal tiba di ruang kedatangan sekitar pukul 09.00 WITA, diawali dengan pendampingan Presiden Spanyol Madam Maria Begona Gomez Fernandez, pendamping Presiden Turki Madam Emine Erdogan, pendamping Perdana Menteri Jepang Madam Yuko Kishida , pendamping Presiden Komisi Eropa Heiko von der Leyen, Pendamping Heiko von der Leyen Presiden Republik Korea Mrs Kim Keon-hee, kepada pendamping Presiden Republik Rakyat China Mrs Peng Liyuan.

Setelah disambut dan bersalaman dengan Ibu Iriana, para pendamping menuju ke ruang tunggu yang telah disediakan untuk mereka.

Di ruang tunggu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ibu Angela Herliani Tanoesoedibjo dan Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Ibu Siti Nugraha Mauludiah mendampingi para pendamping menyaksikan demo kerajinan daun lontar , proses pembuatan batik dan proses tenun.

“Selamat datang di Indonesia. Saya senang menyambut kehadiran anda di pulau Bali”,

ujar Ibu Iriana saat mengawali sambutannya di acara tersebut.

Ibu Iriana mengatakan dalam pertemuan ini, para pendamping akan diajak untuk melihat dan berbagi sejumlah kearifan lokal yang dimiliki Indonesia, mulai dari kerajinan tangan hingga makanan khas Indonesia.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo mendemonstrasikan budaya Indonesia kepada para delegasi pada KTT G20 Indonesia, di Nusa Dua, Bali, Selasa (15 November 2022).  Pusat Media G20 Indonesia/Zabur Karuru/nym/hd/22.Ibu Negara Iriana Joko Widodo menunjukkan kebudayaan Indonesia kepada para delegasi dalam KTT G20 Indonesia, di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). G20 Indonesia Media Center/Zabur Karuru/nym/hd/22.

Ibu Iriana juga menjelaskan salah satu alat musik tradisional yang ditampilkan untuk menyambut kedatangan para pendamping ke lokasi.

“Alat yang disebut gamelan ini adalah alat bambu yang ramah lingkungan.

Alunan harmoni suara ini dapat mendekatkan kita dengan alam dan menghasilkan harmoni.

Kerukunan ini adalah kehidupan masyarakat Indonesia yang rukun dan toleran di tengah perbedaan.”

kata Ibu Iriana.

Ibu Iriana juga berharap para sahabat bisa bersenang-senang di Bali sehingga bisa memperpanjang kunjungannya ke Indonesia.

“Aku yakin kamu akan jatuh cinta dengan Indonesia, Bali,”

kata Bu Iriana.

Selanjutnya Ibu Iriana mengajak para pendamping untuk mengikuti berbagai kegiatan budaya dari beberapa pelosok tanah air yang berlangsung di halaman belakang Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort.

Diantaranya adalah Mama Noken, musik gamelan, musik Rindik Bali, musik Gondang Batak, tari Merak, tari Tor-tor, anak-anak bermain ular tangga.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan busana Nusantara di Spouse ProgramFoto: Kemenparekraf

Selain itu, para hadirin juga diajak oleh Ibu Iriana untuk melihat pameran produk tenun dan sejumlah produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari berbagai daerah di Indonesia.

Pertemuan kemudian ditutup dengan makan siang bersama Ibu Iriana didampingi oleh para pemimpin negara G20 dan lembaga internasional.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button