Pospenas IX 2022 di Solo, 2.867 Santri Siap Lomba Mulai Olahraga Hingga Standup Comedy - WisataHits
Jawa Tengah

Pospenas IX 2022 di Solo, 2.867 Santri Siap Lomba Mulai Olahraga Hingga Standup Comedy

Solo, Gatra.com – Sebanyak 2.867 santri dari 34 provinsi Indonesia akan mengikuti Pekan Olahraga dan Seni (Pospenas) IX Nasional Antar Polko tahun 2022 di Solo. Acara ini akan berlangsung selama lima hari dari tanggal 23 hingga 27 November 2022.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Waryono Abdul Ghafur mengatakan, kegiatan tersebut harus menjadi titik temu dan peningkatan prestasi santri. Kegiatan ini juga dapat mengembangkan bakat atletik siswa.

“Insya Allah mereka bisa sehat dan memiliki kerohanian yang kuat. Pospenas juga menjadi tempat pertemuan. Selain itu, mahasiswa pada dasarnya perlu memiliki jaringan yang luas. Tidak hanya dari pesantren, tapi juga perlu bertemu dengan santri lain di nusantara,” ujarnya.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Siswa akan berkompetisi dalam berbagai cabang olahraga termasuk sepak bola, tenis meja, tolak peluru, lompat jauh, skating individu, dan estafet.

“Selain itu juga akan ada lomba seni seperti stand up comedy, short film video, hadrah, orasi, kaligrafi dan pencak silat,” jelasnya.

Ia berharap kegiatan ini tidak hanya memupuk bakat dan kreativitas mahasiswa, tetapi juga membuktikan eksistensinya.

“Kami ingin mahasiswa memiliki prestasi di luar hafalan Alquran yang bisa dilihat oleh masyarakat luas,” ujarnya.

Menurut Ketua Panitia Pospenas IX 2022 Nur Abadi, kegiatan ini direncanakan berlangsung di beberapa lokasi. Diantaranya adalah GOR UNS, Lapangan Banyuanyar, Lapangan Kottabarat, Lapangan Sriwedari, Loji Gandrung, Kompleks Balaikota dan Candi Mangkunegaran.

“Seharusnya Pospenas ini dilaksanakan pada 2021, namun karena masih pandemi, maka diundur ke tahun ini,” ujarnya.

Opening ceremony Pospenas IX dijadwalkan berlangsung malam ini dan pertandingan dijadwalkan dimulai pada Kamis (24/11). Rangkaian acara Pospenas dimulai pada Senin malam dengan kirab obor dari objek wisata Api Abadi Mranggen menuju Solo.

Obor kemudian dibawa ke Stadion Sriwedari Solo dan diserahkan kepada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Gibran kemudian berlari ke Balai Kota dengan membawa obor.

Di halte bus, Gibran pun menyalakan kuali yang telah disiapkan. “Semoga acara berjalan dengan lancar. Seperti Munas Muktamar Muhammadiyah dan Hipmi, kami berharap acara ini dapat mempercepat pemulihan ekonomi kota Solo,” kata Gibran.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button