Ponorogo membangun monumen Reog yang sangat besar, lebih besar dari GWK Bali - WisataHits
Jawa Timur

Ponorogo membangun monumen Reog yang sangat besar, lebih besar dari GWK Bali

Liputan6.com, Surabaya – Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko akan membangun patung Reog terbesar dan tertinggi di Indonesia, melampaui Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali. Dia menyatakan ini sebagai warisannya kepada masyarakat sebelum akhir masa jabatannya.

Sugiri mengatakan tugu tersebut akan menjadi kota wisata pendidikan dan budaya yang bisa menjadi referensi bagi wisatawan.

“Jadi di sana saya punya tugu pop, yang di bawahnya kita rencanakan menjadi museum peradaban, masa Ponorogo lahir, sampai ekonomi, pendidikan, budaya, pertanian ada semuanya tersusun dalam sastra, ada literasi, jadi orang-orang Reog tidak dilihat sebagai budaya, tapi itulah pendidikan,” katanya, tertulis, Senin (17/10/2022).

Sebagai orang yang lahir di Ponorogo, Sugiri langsung meletakkan batu pertama untuk Tugu Reog yang tingginya 126 meter dan dikatakan lebih tinggi dari GWK serta memiliki view 360 derajat.

“Garuda Wisnu Kencana tingginya 121 meter, kita 126 meter di atas bukit kapur, yang kemudian akan dekat Sarangan, jadi kita akan mengambil bukit kapur di ujung barat laut Ponorogo sehingga menjadi gerbang wisata dari arah Sarangan. , nanti kita kerja sama dengan Magetan,” jelas Sugiri.

Dengan tugu tertinggi seluas 29 hektar, Sugiri yakin Ponorogo akan naik kelas dan mampu meningkatkan perekonomian warganya tanpa meninggalkan budaya asli daerahnya.

“Dengan begitu, UMKM akan tumbuh secara organik, lalu orang akan datang, pasti ada pengeluaran, akan ada pengeluaran, akan ada uang yang dikeluarkan di sana,” ujarnya.

“Kemudian Ponorogo akan pergi ke kota wisata, tentu saya akan memulai wisata budaya dan santri. Kami hitung matang-matang,” imbuh pria yang menjabat Bupati Ponorogo sejak 2021 itu.

Seorang pria memanjat patung di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Kabupaten Badung, Bali.

Source: surabaya.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button