Polisi akan mulai menyaring gereja-gereja di Depok sebelum Natal 2022 - WisataHits
Jawa Timur

Polisi akan mulai menyaring gereja-gereja di Depok sebelum Natal 2022

TEMPO.CO, jakarta – Kapolres Metro Depok Ajun Komisaris Besar Imran Edwin Siregar mengatakan pihaknya sudah mulai mendatangi sejumlah gereja jelang perayaan Natal Tahun 2022. Menurutnya, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

“Kami sedang meninjau gereja-gereja untuk memastikan agar pelayanan dapat berjalan dengan lancar dan aman sesuai dengan instruksi Kapolda,” ujarnya saat bertugas, Rabu 21 Desember 2022.

Imran tidak merinci lokasi dan jumlah gereja yang dikunjunginya. Ia berharap tidak ada insiden kriminalitas selama liburan Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2023. Dengan demikian, masyarakat dapat merayakan aktivitasnya dengan aman dan nyaman.

Pada perayaan Nataru 2023, dia mengatakan Polres Metro Depok akan mengerahkan 592 personel. Petugas diberangkatkan ke gereja dan Pos Pengamanan Nataru.

Kemudian, lanjut Imran, pengamanan juga diperkuat dengan penambahan petugas dari TNI, Banser, Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) dan Pusat Komunikasi (Senkom).

“Kami memasukkan banyak dari itu, seribu atau lebih nanti semuanya,” katanya. “Besok insya Allah kami akan panggil siaga untuk menjaga Nataru.”

Baca Juga: Kapolda Metro: Masyarakat Akan Rayakan Natal dan Tahun Baru Dengan Lebih Bersemangat

Polisi mengharapkan teror dan tindakan intoleransi
Sebelumnya, Polda Metro Jaya menggelar rapat koordinasi pelaksanaan Operasi Lilin Jaya 2022. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan pertemuan tersebut membahas potensi tindak pidana yang mungkin terjadi pada perayaan Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2023.

“Aksi terkait teror dan intoleransi, curas (pencurian dan kekerasan) serta beberapa prediksi bencana alam yang harus kita perhitungkan,” jelasnya dalam sambutannya Polda MetrojayaJakarta, Senin 19 Desember 2022.

Rakor tersebut dihadiri sejumlah pejabat Pemprov DKI, Kodam Jaya, dan Kapolres. Kemudian ada sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, pengelola hiburan di Jakarta dan pihak lain seperti Angkasa Pura II.

Operasi Lilin Jaya 2022 akan berlangsung selama 11 hari, terhitung sejak 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 selama perayaan berlangsung. Naruto 2023. Operasi ini telah berlangsung sejak pengeboman gereja saat Natal tahun 2000 silam.

Baca Juga: Gelar Rakor, Polda Metro Antisipasi Potensi Teror Bencana Alam Selama Nataru 2023

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button