Amankan Natal, polisi sterilkan gereja-gereja di kota Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Amankan Natal, polisi sterilkan gereja-gereja di kota Bogor

Bogordaily.net – Demi menjaga keamanan selama Ibadah Natal bagi umat Kristiani, Polres Bogor Kota melakukan a

Kapolres Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, bersama PJU dan anggota tim JIBOM dan Satuan Samapta Polres Bogor Kota, melakukan pemeriksaan dan sterilisasi katedral yang digunakan untuk misa Natal dan Tahun Baru.

“Hari ini Polres Bogor Kota telah melakukan operasi penyalaan lilin selama tiga hari, dan hingga 80 gereja akan menjadi posko pengawasan atau pengamanan kami,” kata Kapolres Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

Susatyo Purnomo Condro memediasi sekitar 36 gereja yang digunakan untuk beribadah, kelompoknya selalu siaga dan penuh kewaspadaan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bagi seluruh umat yang akan melaksanakan ibadah.

“Kami sedang melakukan sterilisasi bersama tim Jibom untuk memastikan semuanya aman, termasuk memastikan semua gereja yang melakukan kebaktian memiliki petugas yang melakukan pengamanan,” ujarnya menjelaskan kegiatan sterilisasi gereja di Kota Bogor.

Seperti diberitakan sebelumnya, jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, polisi Kota Bogor melakukan penertiban pada Rabu 21.

Rakor tersebut dipimpin oleh Kapolda Kota Bogor Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, Dandim 0606 Kota Bogor, Kolonel Inf Ali Akhwan dan Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto.

Kapolres Bogor Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro mengatakan, operasi yang rutin dilakukan setiap tahun tidak boleh sekadar rutin, mengingat ada variabelnya. Dinamika yang dihadapi setiap tahun akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pemulihan ekonomi, menurut Kapolresta, menjadi kata kunci agar ke depan semua pihak di Kota Bogor bekerja keras dan memupuk sinergi, karena perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 dan 2023 akan lebih semarak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ditambah ancaman lain yang tidak bisa dianggap remeh.

Atraksi wisata menjadi titik pantau disamping potensi kriminalitas, geng motor dan tawuran, sehingga pola yang akan digunakan PAM pada tahun 2022 akan berbeda dengan tahun lalu.

Susatyo menjelaskan, dukungan perangkat daerah dan sistem pemerintahan terkecil seperti RT dan RW diperlukan untuk mencegah terjadinya tindak pidana, terutama yang meresahkan masyarakat.

“Agar suasana berjalan lancar di penghujung tahun ini, diperlukan dukungan dari masyarakat,” ujarnya.

Sterilisasi gereja di Kota Bogor dilakukan di 80 gereja

Sementara itu, Kepala Ops. Polres Bogor, Kompol Prasetyo Purbo Nurcahyo mengumumkan pencanangan Operasi Lilin Lodaya 2022 sebagai bagian dari pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di hadapan seluruh hadirin.

Pengoperasian Lodaya Lilin 2022 sebenarnya dimulai pada 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, namun perlu dilakukan khusus untuk wilayah Jawa Barat mulai 21 Desember 2022 karena sebentar lagi akan datang musim liburan panjang.

Untuk menjaga keamanan di wilayah hukum Kota Bogor, total personel gabungan yang terlibat meliputi 1.203 petugas dari kepolisian, TNI dan Pemerintah Kota Bogor.

Selain itu, Polres Bogor Kota akan mendirikan 1 posko terpadu, 6 posko PAM di 6 kecamatan, 10 posko pengamanan wisata dan 12 posko persinggahan patroli. Berdasarkan data dari Polres Bogor Kota, ada 80 kantor gereja di Kota Bogor yang melaksanakan. (Ibn Galansa)

Editor: Rialdi

Tonton video lainnya dan kunjungi YouTube BogordailyTV

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button