Plt. Bupati Bogor sebut Cijeruk sebagai sentra benih durian - WisataHits
Jawa Barat

Plt. Bupati Bogor sebut Cijeruk sebagai sentra benih durian

PORTAL JABAR, CAB. BOGOR – Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan didampingi Ketua Pemerintahan TP-PKK Bogor Halimatusadiyah Iwan kembali melakukan kegiatan rutin Bogor Mobile atau Saba Desa di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Selasa (30/8/2022).

Dalam kesempatan ini, Ivan turun langsung menyapa masyarakat dan melihat langsung hasil program pembangunan di wilayah kecamatan Cijeruk. Ia menegaskan, kawasan Kecamatan Cijeruk akan dijadikan sebagai sentra benih durian di Kabupaten Bogor.

“Potensi budidaya durian yang sangat besar di Kecamatan Cijeruk bisa dijadikan sentra durian seperti di Medan. Jadi kalau wisatawan datang ke Kabupaten Bogor yang ingin mencicipi durian bisa diajak ke Cijeruk,” ujarnya.

Menurut Iwan, bukan hanya potensi budidaya durian, pertanian lain seperti nanas juga memiliki potensi besar. Rencananya juga akan dibangun rest area di Cijeruk, sehingga kawasan Cijeruk ini berpotensi menjadi sentra wisata kuliner durian.

“Oleh karena itu, perlu pembinaan maksimal bagi petani Cijeruk menuju petani modern dan petani milenial, agar mereka memiliki keterampilan yang baik tidak hanya dalam proses bertani tetapi dari pengemasan hingga pemasaran yang baik,” katanya.

Camat Cijeruk Bangun Septa Siswa mengatakan, kawasan Cijeruk memiliki produk pertanian unggulan dan menjadi primadona, yakni durian. Beberapa daerah lain tidak sedikit yang mendatangkan bibit buah durian ke Kecamatan Cijeruk.

“Jika daerah lain menanam benih dari kami, mengapa kami tidak mencoba menanamnya? Saya bahkan meminta setiap warga untuk menanam setidaknya satu pohon durian. Alhamdulillah kami sudah menuai buah dan juga bijinya,” ujarnya.

Perwakilan Kelompok Tani Muda Berkah di Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, Endang Supriatna mengatakan, bibit durian sudah ditanam di Desa Palasari sejak tahun 1980-an.

Seiring berjalannya waktu, kata Endang, budidaya bibit durian akan semakin berkembang dan menjadi mata pencaharian masyarakat Kecamatan Cijeruk. Menurutnya, saat ini budidaya bibit durian sudah umum tidak hanya di Desa Palasari tetapi bahkan di beberapa desa di Kecamatan Cijeruk.

“Alhamdulillah banyak pihak luar yang belajar dari kami, salah satunya dari Majalengka. Pada kesempatan yang baik ini kami mohon dukungan dari Plt. Bupati Bogor untuk dapat mendukung pertanian kita. Baik dalam bentuk penjualan maupun pemasaran,” ujarnya.

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Plt. Bupati Bogor di daerah kita, semoga ini bisa menginspirasi semangat kita para petani untuk menghasilkan produk pertanian yang optimal Cijeruk, Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Diketahui bahwa beberapa Plt. Bupati Bogor dalam kegiatan boling ini yaitu mengunjungi Kelompok Tani Muda Berkah di desa Palasari, secara simbolis menyerahkan STB (set-top box) kepada warga kecamatan Cijeruk dan meninjau langsung rencana pembangunan resto desa Palasari areal dan penanaman bibit durian hitam dan alpukat. .

Dalam kesempatan itu, Iwan juga melakukan observasi langsung terhadap salah satu pelaku UMKM atau pengrajin sepatu dan sandal tiara di Desa Cipelang dan pelaku UMKM atau pengrajin manisan pala di Desa Warungmenteng.

Kemudian dilanjutkan dengan observasi langsung ke gedung olahraga desa Cibalung, penyerahan bibit tanaman dan kambing kepada kelompok tani dan vaksinasi hewan ternak, dan diakhiri dengan penyerahan simbolis bantuan sosial rumah tidak layak huni (Rutilahu) dan bantuan UMKM di desa Cijeruk. (Diskominfo Kabupaten Bogor/UPI)

Source: jabarprov.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button