Biak Numfor, keajaiban negeri dongeng yang eksotis di Papua - WisataHits
Jawa Barat

Biak Numfor, keajaiban negeri dongeng yang eksotis di Papua

TEMPO.CO, jakarta – Daerah Biak Numfor adalah sepotong surga di Papua. Pemandangan bawah lautnya seperti lukisan yang mempesona, persis seperti Raja Ampat di Papua Barat. Bahkan, Biak Numfor viral disebut negeri dongeng karena alamnya menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Sebagian orang belum mengetahui banyak tentang kawasan di Teluk Cendrawasih ini. Kabupaten di provinsi Papua ini berada tepat di seberang Samudera Pasifik dan di sebelah selatan adalah daratan Papua.

Posisi pariwisata Biak Numfor sangat strategis karena terhubung dengan negara-negara lain di kawasan Pasifik, Australia dan Filipina. Karena itu, Biak Numfor berkembang di berbagai bidang industri pariwisata. Tak heran, tempat ini tak hanya ramai dikunjungi wisatawan lokal tetapi juga wisatawan mancanegara. Di bawah ini adalah rekomendasi tempat-tempat yang wajib dikunjungi wisatawan.

Destinasi wisata di Biak Numfor

1. Danau Biru Samares

Terletak di Danau Samares Sepse, Kecamatan Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua Barat. Anda dapat berkendara sekitar 1 hingga 2 jam dari Kota Biak. Sesampai disana, kita langsung disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah, dimulai dengan rerimbunan pepohonan yang menyapa jernihnya birunya perairan Telaga Biru Sumares. Anda juga akan dimanjakan dengan keindahan alam bawah laut saat snorkeling, diving atau berenang dan merasakan kesegaran air lautnya.

2. Pulau Tiga Raja

Terletak di Desa Adoki, Kecamatan Yendidori, Kabupaten Biak Numfor. Seperti namanya, Pulau Raja Tiga memiliki 3 gugusan pulau cantik yang memiliki jalur berbeda untuk dilalui. Wisatawan bisa mengunjungi nusantara secara langsung dengan menyeberangi air laut yang jernih menggunakan perahu. Ketika Anda tiba di pulau Anda dihadapkan dengan pemandangan hutan dan pepohonan hijau. Selain itu, Anda juga dapat menikmati pemandangan bawah laut dengan ikan, terumbu karang dan berbagai habitat laut yang indah lainnya.

Suasana laut dan pantai di Pulau Biak, Biak Numfor, Papua, 16 November 2015. Hampir semua pantai di sana memiliki pasir putih yang sangat indah dengan keanekaragaman hayati laut dan air yang jernih. Keindahan ini juga dimiliki oleh hampir semua pulau di sekitar Pulau Biak. ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

3. Gua Binsari

Terletak di Sumberker, Kecamatan Samofa, Pulau Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua Barat. Mengunjungi Gua Binsari memungkinkan wisatawan untuk melihat reruntuhan peninggalan sejarah Jepang secara langsung. Anda bisa menemukan helm tentara, sisa amunisi, tulang belulang tentara Jepang dan masih banyak lagi. Pengunjung dibuat untuk mengingat kembali kenangan masa-masa bersejarah disertai dengan pemandangan indah Gua Binsari ditambah dengan sinar matahari yang terlihat indah saat masuk melalui celah-celah stalaktit gua.

4. Taman Burung dan Taman Anggrek Biak

Saat memasuki Taman Burung dan Taman Anggrek Biak, Anda dapat melihat banyak jenis burung dan berbagai jenis anggrek. Beberapa jenis burung yang bisa ditemukan di sini adalah kasuari, mambruk, nuri, cendrawasih, kakatua hitam dan masih banyak jenis burung lainnya. Bagi pecinta anggrek, tempat wisata di Biak Numfor ini mungkin bisa disebut sebagai surga anggrek karena memiliki berbagai koleksi cantik seperti anggrek bulan, anggrek hitam, anggrek kerajaan, dan anggrek ruffled. Taman burung dan taman penangkaran anggrek ini terletak di Jl. Raya Bosnik, Ruar, Kecamatan Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua Barat.

5. Pantai Bosnik

Terletak di Jalan Raya Bosnik, Yenusi, Kecamatan Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua Barat. Jika ingin menikmati suasana liburan pantai, inilah destinasi yang tepat. Pantai Bosnik atau biasa disebut dengan Pantai Segara Indah menawarkan panorama birunya hamparan laut berpadu dengan deburan ombak yang indah. Di pantai Bosnia ini, wisatawan tidak hanya bisa disuguhi pemandangan yang indah, tapi juga snorkeling atau diving, atau sekedar menikmati keindahan pantai dengan meminum air kelapa muda yang segar.

JENIATI ARTAULI TAMPUBOLONE

Baca juga: Biak Numfor bersiap menjadi pintu gerbang pariwisata Papua

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button