Ebeg Performance, Perguruan Tinggi Pius Cilacap Raih Pentas Budaya - WisataHits
Jawa Barat

Ebeg Performance, Perguruan Tinggi Pius Cilacap Raih Pentas Budaya

Cilacap – Gonews.id: Universitas Pius Cilacap menjadi juara pertama pagelaran budaya pada Event Asti Dharma Camp di Kota Pariwisata, Bogor, Jawa Barat. Asti Dharma Camp merupakan perkumpulan guru dan staf sekolah dari seluruh Jawa di bawah Yayasan Asti Dharma yaitu dari Jakarta, Bogor, Tegal, Pemalang, Cilacap, Parakan, Wonosobo dan Purworejo dan beranggotakan 650 orang. Acara tersebut sebagai wujud syukur atas HUT ke-65 Yayasan Asti Dharma dan mengangkat tema “Bekerja Bersama”.

Koordinator Yayasan Asti Dharma Area Cilacap, Sr. M. Wilfrida, PBHK mengatakan, kegiatan tersebut berlangsung pada Sabtu, 22 Oktober 2022, dimana Ebeg (Tari Kuda Lumping) karena seni khas budaya Banyumasan untuk pertunjukannya adalah terpilih.

“Ebeg disutradarai oleh guru dan staf dari Perguruan Pius Cilacap, yang diawali dengan paduan suara menyanyikan lagu Keripik Mendoan. Harapannya keunikan budaya Banyumas akan semakin dikenal oleh masyarakat di luar Banyumas,” kata Wilfrida.

Keunikan Banyumas, lanjut Wilfrida, tidak hanya pada cara kerjanya, ternyata ada sisi lain yang jika dihayati mengarah pada visi dan misi yayasan.

“Perpaduan lagu Keripik Mendoan dan tari Ebeg ternyata mencerminkan masyarakat budaya Banyumasan yang egaliter. Alhamdulillah dapat meraih juara pertama dengan perolehan piala, sertifikat dan uang pembinaan. Tapi yang terpenting kita tunjukkan solidaritas dan kreativitas,” tutup Wilfrida.

Sementara itu, Kepala SMP Pius Cilacap Thomas Sutasman mengatakan: Cilacap terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat, yang dipengaruhi oleh budaya Mataraman dan Sunda, yang luwes dan penuh empati.

“Selain itu, Cilacap berada di wilayah pesisir yang banyak nelayan yang mengarungi lautan dan dilindungi oleh Pulau Nusakambangan, sehingga mereka garang berperang. Hal lain yang menjadi sikap batin masyarakat budaya Banyumasan adalah Kablaka apa adanya, tanpa terselubung, keterbukaan, sebagai penopang integritas,” kata Thomas, Rabu (26/10/2022).

Pameran karya ilmiah dan permainan oleh guru juga diadakan di Asti Dharma Camp untuk menggali visi dan misi. Untuk pentas budaya, Perguruan Pius Cilacap mempekerjakan 20 guru paduan suara, 8 penari Ebeg dan 7 musisi. Latihan untuk fase 2 minggu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button